Prinsip-prinsip Manajemen Menurut Rusdiana dan Moch. Irfan

Konsep manajemen sebenarnya seusia dengan kehidupan kita. Hal itu disebabkan pada dasarnya manusia dalam kehidupan sehari-harinya tidak bisa terlepas dari prinsip-prinsip manajemen, baik secara langsung maupun tidak langsung, baik disadari maupun tidak disadari. Manajemen pada prinsipnya adalah cara mengatur kegiatan agar berjalan dengan baik dalam mencapai tujuan secara optimal sesuai dengan yang diinginkan.

Agar proses manajemen dapat berhasil dengan baik, harus ada prinsip-prinsip yang perlu dipenuhi. Menurut Rusdiana dan Moch. Irfan (2014:113), prinsip manajemen yang harus dipenuhi, yaitu :
  1. Ada pembagian kerja; artinya jika suatu pekerjaan dibagi sesuai dengan bakat dan kemampuan anggota organisasi, akan lebih berhasil jika dibandingkan dengan tidak adanya pembagian kerja.
  2. Kekeuasaan dan pertanggungjawaban. Dalam sebuah organisasi harus ada kejelasan tentang kekuasaan dan pertanggungjawaban antara masing-masing staf dalam organisasi.
  3. Disiplin. Semua lini dalam organisasi harus disiplin dengan menaati peraturan yang ditetapkan.
  4. Kesatuan komando diperlukan untuk menjaga kesimpangsiuran perintah dalam organisasi karena organisasi mempunyai tujuan yang sama.
  5. Kesatuan arah diperlukan untuk menghindari setiap anggota memiliki tujuan masing-masing. Perintah hanya datang dari satu orang.
  6. Tujuan organisasi sesuai dengan tujuan anggotanya, antara tujuan organisasi dan tujuan anggotanya harus sejalan karena apabila terdapat perbedaan tujuan, organisasi akan mengalami kesulitan. Pemberian upah/gaji harus didasarkan pada kebutuhan anggota organisasi dan keluarganya secara adil.
  7. Sentralisasi, memberikan suatu gambaran bahwa dalam suatu organisasi diperlukan suatu pemusatan tanggungjawab untuk menghindari bawahan tidak dibebani dengan tanggungjawab yang lebih besar.
  8. Jenjang jabatan, urutan-urutan hubungan antara suatu kegiatan dan kegiatan yang lain harus saling bersambung. Kejelasan hubungan ini diperlukan untuk menentukan ke arah seseorang harus bertanggungjawab dan arah jenjang seseorang kelak dipromosikan.
  9. Keteraturan diperlukan agar tidak terjadi kelambatan dalam proses manajemen
  10. Keadilan diperlukan dalam segala aspek agar semua komunikasi yang lancar di antara anggota merasa puas dan bekerja dengan penuh semangat.
  11. Kestabilan dalam organisasi, para anggota harus merasa kedudukannya stabil dalam organisasi.
  12. Tanpa inisiatif akan menjurus pada hal-hal yang bersifat rutin dan organisasi akan mengalami kerugian
  13. Semangat korps, adanya komunikasi yang lancar di antara pimpinan dan bawahan akan menambah semangat kerja bawahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal & Jawaban Sistem Informasi Akuntansi

Tugas Diskusi dan Online (Bab 15-Bab 19) Komunikasi Bisnis

3 Peran Manajemen Menurut Henry Mintzberg