Kumpulan Soal & Jawaban Sistem Informasi Akuntansi


LATIHAN SOAL


1. Apa perbedaan antara sistem, subsistem, dan supra sistem?
Sistem adalah suatu seri atau rangkaian bagian-bagian yang saling berhubungan dan bergantung sedemikian rupa sehingga interaksi dan saling pengaruh dari satu bagian akan mempengaruhi keseluruhan untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan subsistem adalah komponen yang koheren dan agak independen dari sistem yang lebih besar.Subsistem merupakan komponen atau bagian dari suatu system, subsistem ini bisa phisik ataupun abstrak. Dan supra sistem adalah sistem yang mempunyai hubungan lebih luas dari sistem. Jika suatu sistem menjadi bagian dari sistem lain yang lebih besar, maka sistem yang lebih besar tersebut dikenal dengan sebutan supersistem.
2.    Sebutkan komponen utama sistem operasi
       a.       Managemen Proses.
       b.       Managemen Memori Utama.
       c.       Managemen Berkas.
       d.      Managemen Sistem input / output
       e.       Managemen Penyimpanan Sekunder.
       f.       Sistem Proteksi.
       g.      Jaringan.
       h.      Command-Interpreter System.
3.   Sebutkan  bidang – bidang akuntansi yang kamu ketahui ?
       a.       Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)
       b.      Pemeriksaan Akuntansi (Auditing)
       c.       Akuntansi Manajemen (Management Accounting)
      d.      Akuntansi Biaya (Cost Accounting)
      e.       Akuntansi Perpajakan
      f.       Peranggaran (Budgeting)
      g.      Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting)
      h.      Sistem Akuntansi (Accounting System) 
4.  Apa pengertian dari SIA dan jelaskan peran SIA dalam Rantai nilai
a.       Sistem Informasi Akuntansi merupakan sistem informasi fungsional yang mendasari sistem informasi fungsional yang lainnya seperti sistem informasi keuangan, sistem informasi pemasaran, sistem informasi produksi dan sistem informasi sumber daya manusia. Sistem-sistem informasi lain membutuhkan data keuangan dari sistem informasi akuntansi.
b.      Peran SIA dalam Rantai Nilai (VALUE CHAIN)
Pada umumnya organisasi bertujuan menyediakan nilai untuk pelanggan. Hal tersebut membutuhkan pelaksanaan berbagai kegiatan yang berbeda-beda, dan dapat dikonseptualisasikan dalam bentuk rantai nilai (value chain). Rantai nilai organisasi terdiri dari lima aktivitas utama (primary activities) yang secara langsung memberikan nilai kepada para pelanggannya, yaitu:
a.       Inbound logistics
Terdiri dari penerimaan, penyimpanan, dan distribusi bahan-bahan masukan yang digunakan oleh organisasi untuk menghasilkan produk dan jasa yang dijualnya.
b.      Operasi (operations)
adalah aktivitas-aktivitas yang mengubah masukan menjadi jasa atau produk yang sudah jadi.
c.       Outbond logistics
adalah aktivitas-aktivitas yang melibatkan distribusi produk yang sudah jadi ke para pelanggan.
d.      Pemasaran dan penjualan
mengarah pada aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan membantu para pelanggan untuk membeli jasa atau produk yang dihasilkan organisasi.
e.       Pelayanan (service)
memberikan dukungan pelayanan purna jual kepada para pelanggan.
Setiap sistem informasi akuntansi akan melaksanakan lima fungsi utamanya yaitu :
a.       Mengumpulkan dan menyimpan data dari semua aktivitas dan transaksi perusahaan
b.      Memproses data menjadi informasi yang berguna pihak manajemen.
c.       Memanajemen data-data yang ada kedalam kelompok-kelompok yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.
d.      Mengendalikan kontrol data yang cukup sehingga aset dari suatu organisasi atau perusahaan terjaga.
e.       Penghasil informasi yang menyediakan informasi yang cukup bagi pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, mengeksekusi perencanaan dan mengkontrol aktivitas.
5.                  Jelaskan alasan mengapa seseorang perlu belajar sistem informasi akuntansi!
Financial Accounting standards board mendefinisikan akuntansi sebagai sistem informasi. Didalam standar akuntansi keuangan tersebut juga disebutkan bahwa tujuan utama akuntansi adalah untuk menyediakan informasi yang berguna bagi para pengambil keputusan. SIA dipelajari agar memberikan sebuah pemahaman yang kuat atas tiga konsep dasar berikut:
a.       Pemakaian informasi di dalam pengambilan keputusan
b.      Sifat, desain, pemakaian, dan implementasi SIA
c.       Pelaporan informasi keuangan
6.                  Sebutkan beberapa kriteria informasi akuntansi agar dikatakan berkualitas?
a.       Memiliki manfaat yang dapat diterima oleh pengguna informasi akuntansi
b.      Dapat dimengerti oleh pemakai informasi akuntansi berdasarkan pemahaman pemakai informasi akuntansi
c.       Relevan
d.      Dapat diuji kebenarannya
e.       Independen (tidak memihak)
f.       Menggunakan data yang akurat
g.      Dapat digunakan untuk mempredikasi data keuangan pada tahun-tahun berikutnya
h.      Dapat memberikan informasi yang merupakan gambaran umum mengenai penolakan atau penerimaan suatu perencanaan terkait aktivitas perusahaan terhadap terhadap keuangan perusahaan
i.        informasi akuntansi diperlukan tepat waktu agar perusahaan dapat mencegah atau melakukan suatu kebijakan dalam pengambilan keputusan
j.        apat dibandingkan atau konsisten
7.                  Coba sebutkan beberapa tujuan umum sistem akuntansi?
a.       Untuk menyediakan informasi bagi pengelolaan kegiatan usaha baru
b.      Untuk meningkatkan informasi yang dihasilkan oleh sistem yang sudah ada, baik mengenai mutu, ketepatan penyajian, maupun struktur informasinya
c.       Untuk memperbaiki pengendalian akuntansi dan pengecekkan intern, yaitu untuk memperbaiki tingkat keandalan (reability) informasi akuntansi, dan untuk menyediakan catatan lengkap mengenai pertanggungjawaban dan perlindungan kekayaan perusahaan
d.      Untuk mengurangi biaya klerikal dalam penyelenggaraan catatan akuntansi.”
8.                  Tolong tuliskan beberapa pihak eksternal dan internal yang memerlukan informasi   akuntansi?
a.       Pihak Eksternal
*      Investor
*      Kreditur
*      Pemerintah
*      Badan Pengawas Pasar Modal
*      Ekonom, praktisi, analis
b.      Pihak Interen
*      Manajemen Perusahaan
*      Karyawan
9.                  Sebutkan kegunaan informasi Akuntansi
a.       Secara umum
1.      Mengambil keputusan dengan tepat
2.      Alat pertanggungjawaban
3.      Mengetahui perkembangan perusahaan
b.      Secara khusus
1.      Memberikan informasi keuangan yang dapat di percaya mengenai informasi aktiva, kewajiban dan modal suatu perusaha
2.      Memberikan informasi yang dapat di percaya mengenai perusahaan dari aktiva bersih
10.              Jelaskan 7 karakteristik informasi yang bermanfaat bagi pembuatan keputusan!
1.      Usefulness (berguna). Sistem harus menghasilkan suatu informasi yang berguna, artinya informasi yang dihasilkan harus sesuai denga yang dibutuhkan dan tepat waktu sehingga berguna bagi pengambilan keputusan.
2.      Economy (ekonomi). Seluruh komponen dari sistem harus bersifat ekonomis, artinya sistem harus mampu memberikan manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran yang dikeluarkan untukpengadaan sistem tersebut.
3.      Reliability (andal). Produk dari suatu sistem harus bias diandalkan dan informasiyang dihasilkan mempunyai tingkat ketelitian yang tinggi,sehingga keputusan yang dihasilkan benar-benar keputusan yangtepat sesuai dengan apa yang dihasikan sistem
4.      Customers Service (pelayanan konsumen). Sistem harus mampu memberikan pelayanan yang baik danefisien kepada pelanggan sehingga mampu memberikan kepuasanakan meningkatkan nilai perusahaan dan mampu  memberikan kontribusi positif terhadap kenaikan laba.
5.      Capacity (kapasitas). Kapasitas suatu sistem harus memadai untuk menghadapi operasi pada kapasitas penuh (full capacity) seperti halnya pada saat operasi berjalan normal.
6.      Simplicity (sederhana). Sistem harus sederhana sehingga semua struktur dan operasinya dapat dimengerti, serta semua prosedurnya dapat diikuti dengan mudah dan tidak akan membingungkan pemiliknya.
7.      Flexibility (luwes).Sistem harus bersifat fleksibel atau luwes dalam menampung dan menghadapi semua perubahan yang terjadi didalam maupun diluar organisasi sehingga menghasilkan informasi perencanaan dan pengendalian.
11.              Sebut dan jelaskan komponen-komponen sistem informasi akuntansi!
1.      Manusia adalah pelaku yang menjalankan sistem
2.      Transaksi merupakan objek dari sistem informasi akuntansi sebagai masukan, lalu diproses sehingga menghasilkan informasi
3.      Prosedur adalah langkah-langkah yang harus ditempuh dalam melakukan transaksi atau kegiatan perusahaan.
4.      Dokumen yaitu berupa formulir yang digunakan sebagai sarana pencatatan pada saat transaksi
5.      Peralatan adalah suatu alat atau sarana yang digunakan dalam melakukan pencatatan pada sistem informasi yang bersangkutan.
12.              Apa manfaat computer dalam Sistem Informasi akuntansi
a.       Program komputer untuk akuntansi memudahkan pencatatan transaksi untuk operator
b.      Untuk menjalankan program dan melakukan pemasukan data orang/operator yang diotorisasi untuk itu diberi kode khusus agar dapat membuka file akuntansi dan melakuakan pencatatan transaksi tertentu
c.       Setiap langkah dalam siklus akuntansi (penjurnalan, pengakuan dan penyusunan daftar saldo) dilakukan dengan mengikuti intruksi yang langsung dapat dilihat pada layar monitor, intruksi tersebut ditampikan dalam bentuk menu yang menyajikan daftar yang dapat dipilih sesuai yang dikehendaki.
13.              Sebutkan dan Jelaskan Siklus akuntansi ?
1.      Transaksi
Merupakan Kejadian atau situasi yang mempengaruhi posisi keuangan perusahaan sehingga harus dicatat
2.      Pencatatan
Mencatat semua peristiwa atau kejadian ekonomi yang terjadi
3.      Penggolongan
Merupakan tahap dimana pencatatan atas transaksii yang ada dalam satu periode digolongkan berdasarkan jenis –jenisnya menjadi urut supaya mudah dalam penyajian datanya, dan hal itu biasa disebut dengan pencatatan buku besar.
4.      Tahap Pengikhtisaran
Merupakan tahap perhitungan saldo dari masing-masing pekiraan yang terdapat pada buku besar perusahaan. Pada tahapan ini terdiri dari beberapa kegiatan yaitu:
a.       Pembuatan neraca saldo (trial ballance)
b.      Pembuatan Neraca Lajur dan Jurnal Penyesuaian
c.       Penyusuna Laporan Keuangan
d.      Pembuatan Jurnal Penutup
e.       Membuat Neraca Saldo Penutup
f.       Pembuatan Jurnal
14.              Jelaskan definisi dari Database (basis data)
Database adalah sekumpulan data yang sudah disusun sedemikan rupa dengan ketentuan atau aturan tertentu yang saling berelasi sehingga memudahkan pengguna dalam mengelolanya juga memudahkan memperoleh informasi. Selain itu adapula yang mendefinisikan database sebagai kumpulan file, tabel, atau arsip yang saling terhubung yang disimpan dalam media elektronik
15.              Jelaskan perbedaan antara data dan informasi!
Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih bersifat mentah, sehingga memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.
Sedangkan, Informasi adalah hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.
Tabel Perbedaan dari Data dan Informasi
DATA
INFORMASI
Bersifat mentah
Hasil olahan yang lebih berguna
Untuk pengolahan lebih lanjut
Untuk acuan mengambil keputusan
Belum jelas isinya dan belum sempurna
Sumber pemahaman yang telah sempurna


16.                 Sebutkan langkah langkah analisis sistem?
a.       Identify, yaitu mengidentifikasikan masalah
b.      Understand, yaitu memahami kerja dari sistem yang ada
c.       Analyze, menganalisis sistem
d.      Report, yaitu membuat laporan hasil analisis.
17.              Jelaskan tiga jenis keputusan yang dibuat oleh manajemen!
a.       Keputusan tidak terstruktur (non programmed decision)
Adalah keputusan yang sifatnya adalah tidak terjadi berulang-ulang dan tidak selalu terjadi. Keputusan ini dilakukan oleh manajemen tingkat atas (top manajer).
b.      Keputusan setengah terstruktur (semi programmed decision)
Adalah keputusan yang dapat deprogram. Keputusan tersebut masih membutuhkan pertimbangan-pertimbangan dari si pengambil keputusan. Keputusan seperti ini sifatnya rumit dan membutuhkan perhitungan-perhitungan secara analisis yang rinci.
c.       Keputusan terstruktur (programmed decision)
Adalah keputusan yang dibuat menurut kebiasaan, aturan, atau prosedur. Keputusan-keputusan yang duhasilkan sifatnya rutin dan berulang-ulang.
18.                  Jelaskan beberapa jenis sistem informasi yang biasa nya digunakan oleh manajemen untuk menghasilkan informasi guna mendukung proses pembuatan keputusan! 
a.       System Informasi Menurut Level Organisasi
Berdasarkan level organisasi, system informasi dikelompokkan menjadi :
1.      Sistem informasi departemen,
System informasi departemen adalah system informasi yang hanya di gunakan dalam sebuah depatermen .
2.      System informasi perusahaan
System informasi perusahaan merupa kan system informasi yang  tidak terletak pada masing masing departemen, melain kan berupa sebuah system terpadu yang dapat  di pakai oleh sejumlah entitas·
3.      System informasi antarorganisasi
System informasi antarorganisasi merupakan jenis system informasi yang menghubung kan dua organisasi atau lebih.
b.      System Informasi Area Fungsional
System informasi fungsional adalah system informasi yang di tuju kan untuk member kan informasi     bagi kelompok orang yang berda pada bagian tertentu dalam perusahaan. Beberapa system informasi fungsional yang umum adalah sebagai berikut:
1.      System informasi akutansi ( accounting information system )
System informasi yang menyediakan informasi yang dipakai oleh fungsi akuntansi (departemen/bagian Akuntansi) yang Mencakup semua transaksi yang berhubungan dengan keuangan dalam perusahaan .
2.      System informasi ke uanggan ( finance information system)
Sistem informasi  yang menyediakan informasi pada fungsi keuangan yang menyangkut keuangan perusahaan.
3.      System  manufaktur ( manufacturing/production information system)
Sistem infirmasi yang bekerja sama dengan SI lain untuk mendukung manajemen perusahaan (perencanaan maupun pengendalian) dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan produk atau jasa yang dihasilkan.
c.       Sistem Informasi Berdasarkan Dukungan Yang Tersedia
Berdasarkan dukungan yang diberikan kepada pemakai, sistem informasi yang digunakan pada semua area fungsional dalam organisasi dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
1.      Sistem Pemrosesan Transaksi (transaction processing system atau TPS)
Merupakan jenis Sistem Informasi yang pertama kali diimplementasikan .Fokus utamanya adalah pada data transaksi yang digunakan untuk menghimpun, menyimpan, dan memproses data transaksi
2.      Sistem Informasi Manajemen (management information system atau MIS)
Sistem Informasi Manajemen ini Menyajikan informasi yang digunakan untuk mendukung operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi
19.              Apa yang dimaksud dengan e-Business dan sebutkan faktor-faktor keberhasilan e-Business!
a.       e – Business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer
b.      ada 2 faktor penting dalam menetapkan keberhasilan untuk masuk ke dalam e-bisnis yaitu:
1.      Tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan.
2.      kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu : Validitas, Integritas, dan Privasi
20.              Jelaskan manfaat dan pertimbangan penggunaan komputer dalam pengembangan SIA?
a.       Pertimbangannya
1.      Pertimbangan utama adalah pertimbangan cost dan benefit
2.      Penggunaan komputer merupakan sebuah investasi besar bagi sebuah perusahaan dan alokasi waktu, tenaga dan sumber daya yang tidak sedikit
3.      Permasalahan muncul ketika cost yang berbentuk sebagai biaya sukar diukur dalam ukuran kuantitatif
4.      Perusahaan harus tahu benar manfaat digunakannya komputer aladah data data yang benar diperlukan dalam rangka menghasilkan informasi untuk kepentingan perusahaan
b.      Manfaatnya
1.      Program komputer untuk akuntansi memudahkan pencatatan transaksi untuk operator
2.      Untuk menjalankan program dan melakukan pemasukan data orang/operator yang diotorisasi untuk itu diberi kode khusus agar dapat membuka file akuntansi dan melakuakan pencatatan transaksi tertentu
3.      Setiap langkah dalam siklus akuntansi (penjurnalan, pengakuan dan penyusunan daftar saldo) dilakukan dengan mengikuti intruksi yang langsung dapat dilihat pada layar monitor, intruksi tersebut ditampikan dalam bentuk menu yang menyajikan daftar yang dapat dipilih sesuai yang dikehendaki.
21.              Bagaimana pengaruh e-Business dalam perusahaan?
Ada beberapa pengaruh e-business dalam perusahaan :
a.       Pembeli dan dalam konteks Inbound Logistic. Dunia internet dapat meningkatkanaktifitas pembeli dengan cara mempermudah perusahaan dalam mengidentifikasicalon pemasok dan membandingkan harganya. Data mengenai pembelian yangdilakukan disub unit organisasi yang berbeda sekarang ini dapat disentralisasikan,sehingga dapat memungkinkan organisasi untuk menetapkan pembelian totaldiseluruh dunia atas berbagai produknya.
b.      Operasi internal perusahaan, sumber daya manusia, dan infrastuktur perusahaan.Teknologi komunikasi tingkat lanjut dapat secara signifikan dapat meningkatkaneffisiensi operasi internal perusahaan. Peningkatan akses keinformasi dapat secarasignifikan meningkatkan perencanaan perusahaan. Pada sumber daya manusia,aktifitas ini dapat mendukung untuk effisiensi dan efektifitas dalam semua aktifitasutama.
c.       Outbound Logistic. Merupakan akses yang tepat waktu dan akurat atas informasi rincitentang pengiriman barang yang memungkinkan penjual mengurangi biaya tranportasimelalui cara pengiriman gabungan kepara pelanggannya yang lokasinya berdekatansatu dengan yang lainnya. Jika informasi yang lebih tepat waktu tentang penjualan,maka dapat membantu pabrik mengoptimalkan jumlah persediaan yang ditanggung.
d.      Penjualan dan Pemasaran. Organisasi/perusahaan dapat menciptakan katalogelektronik diwebsite mereka untuk mengotomatisasikan proses input pesanan penjualan. Kehandalan ini tidak hanya memungkinkan para pelanggan menyampaikan pesanan saat mereka menginginkannya saja, tetapi juga dapat secara signifikanmengurangi jumlah staff dengan cara meniadakan/menghilangkan telepon, surat-menyurat dan/atau pengiriman fax.
e.       Pelayanan dan dukungan Purnajual. Dalam e-business dapat secara signifikanmeningkatkan kualitas dukungan purnajual ke semua para pelanggannya
22.              Sebutkan model-model e-Business dan jelaskan!
a.       B2C (Business to Consumers): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan organisasi.
b.      B2B (Business to Business): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar organisasi)
c.       Consumer-to-consumer (C2C) dimana konsumen menjual produk secara langsung kepada konsumen lainnya. Biasanya individu mengiklankan produk, jasa, pengetahuan, maupun keahliannya disalah satu situs lelang atau classified ads.
d.      Consumer-to-business (C2B) meliputi individu yang menjual produk atau jasa kepada organisasi, serta individu yang mencari penjual, berinteraksi dengan penjual tersebut, dan melakukan transaksi.
e.       Non-business electronic commerce, terdiri atas institusi non bisnis seperti lembaga pendidikan, organisasi nirlaba, organisasi keagamaan, organisasi sosial, dan instansi pemerintah. Umumnya organisasi non bisnis menggunakan berbagai tipe e-commerce atau e-business untuk keperluan menekan biaya atau meningkatkan layanan pelanggan dan operasi.
f.       Intrabusiness (organizational) electronic commerce meliputi semua aktivitas internal organisasi yang biasanya dilakukan melalui internet dan meliputi pertukaran barang, jasa atau informasi.
23.              Apa yang dimaksud dengan proses bisnis?
Proses bisnis adalah suatu kegiatan yang saling terkait untuk menyelesaikan masalah tertentu guna mengubah input  menjadi ouput berupa barang atau pun jasa yang lebih bernilai. Sementara itu, Menurut Manganelli& Klein (1994), proses bisnis didefinisikan sebagai: “Interrelated series of activities that convert business input into business output” atau “Suatu keterkaitan kegiatan atau aktifitas yang mengubah input menjadi output”.
24.              Apa yang dimaksud dengan model Data REA? Dan sebutkan jenis-jenis entitas
a.       Model Data REA adalah sebuah framework akuntansi untuk memodelkan resources, events, dan agents yang penting dalam suatu organisasi dan membuat garis hubungan/keterkaitan diantara ketiganya. Tidak seperti dalam sistem akuntansi tradisional, sistem REA membolehkan baik data akuntansi dan nonakuntansi untuk diidentifikasi, diambil, dan disimpan dalam database yang terpusat. Dengan database ini, tampilan/sudut-pandang pengguna bisa dibuat untuk memenuhi  kebutuhan para pengguna dalam organisasi tersebut
b.      Jenis-jenis Entitas
1.      Sumber daya yang di dapat dan di pergunakan oleh organisasi
Sumber daya adalah hal-hal yang memiliki nilai ekonomi bagi organisasi
2.      kegiatan atau aktivitas bisnis yang di lakukan oleh organisasi
Merupakan berbagai aktivitas bisnis yang informasinya ingin di kumpulkan perusahaan untuk tujuan perencanaan dan pengendalian.
3.      Pelaku yang terlibat dalam kegiatan tersebut
Pelaku adalah orang-orang dan organisasi yang terlibat dalam kegiatan yang informasinya ingin di dapatkan untuk tujuan perencanaan, pengendalian, dan evaluasi.
25.              Tolong jelaskan bentuk pokok SIA?
Bentuk pokok sistem informasi akuntansi :
a.       Mengumpulkan dan memproses data tentang kegiatan organisasi bisnis secara efisiensi dan efektif
b.      Menghasilkan informasi yang berguna untuk pembuatan keputusan
c.       Melakukan penguasaan yang memadai
26.              Tolong jelaskan prosedur pengelolaan data.
Prosedurnya :
a.       Merekam data transaksi pada sebuah dokumen
b.      Mencatat transaksi ke dalam jurnal yang merupakan catatan yang sifatnya kronologis tentang apa yang telah terjadi
c.       Membukukan (memposting) data dari jurnal ke dalam rekening buku besar yang meringkas data berdasarkan jenis rekening
27.              Apa yang dimaksud dengan EDI dan sebutkan keuntungan dari Electronic Data Interchange (EDI)
a.       EDI merupakan mekanisme pertukaran data oleh perusahaan yang dilakukan secara elektronik dimana sebuah format dokumen atau struktur data dalam bentuk UN/EDIFACT merupakan bagian dari dunia e-commerce yang digunakan sebagai format standar untuk pertukaran data secara elektronik antar organisasi/perusahaan.
b.      keuntungan dari Electronic Data Interchange (EDI)
1.      Penghematan Biaya
Penghematan ini didapatkan karena dengan EDI tidak akan ada biaya kertas, tidak ada biaya penyimpanan dokumen kertas dan tidak akan ada biaya pengiriman dokumen kertas.
2.      Kecepatan
Kecepatan ini didapatkan karena dengan EDI leadtime pengiriman dokumen hanya kurang dari 1 menit.
3.      Keakuratan
EDI akan mampu menghasilkan tingkat akurasi tinggi karena tidak ada entry data ulang. Selain itu sistem EDI sudah dilengkapi dengan ECC (Error Correction Control) yang akan mengidentifikasi kesalahan dengan cepat sehingga dapat segera diperbaiki.
4.      Keamanan
Penggunaan enkripsi dokumen membuat dokumen hampir tidak bisa dipalsukan.
5.      Integrasi
Integrasi antar sistem dapat dilakukan dengan perantara EDI. Setiap unit didalam organisasi akan terintegrasi dengan adanya EDI didalamnya sehingga proses menjadi lebih efisien.
28.              Tolong jelaskan apa yang dimaksut dengan dokumen transaksi serta jelaskan fungsi dan kegunaannya.
a.       Dokumen transaksi atau bukti transaksi atau bisa juga disebut bukti akuntansi adalah dokumen-dokumen dasar transaksi (baik yang dibuat sendiri maupun yang berasal dari pihak luar) yang digunakan sebagai sumber pencatatan atau penyusunan laporan keuangan oleh suatu unit usaha. Bentuk bukti transaksi keuangan dapat dibedakan menjadi dua yaitu:
1.      Bukti transaksi intern, yaitu bukti transaksi yang berasal dan dilakukan di dalam lingkungan perusahaan itu sendiri.
2.      Bukti transaksi ekstern, yaitu bukti transaksi yang melibatkan pihak luar perusahaan.
b.      Fungsi dan kegunaann Dokumen Transaksi
1.      Alat komunikasi
2.      Bukti dari apa yang kita kerjakan / lakukan.
3.      Data pendukung apabila ada masalah.
4.      Data pendukung untuk sebuah proses
29.                  Tolong jelaskan dan sebutkan hal-hal atau tahap-tahap yang dilakukan dalam perencanaan dokumen.
Pertimbangan umum
a.       Pertimbangan bobot dan kualitas sesuai dengan pemakaian dokumen
b.      Formating dan ukuran standar untuk keperluan pengarsipan, penjilitan dan pengiriman
c.       Warna kertas yang berbeda untuk tembusan dokumen agar mudah pendistribusiannya
d.      Ringkasan tata cara pengisian dokumen
Bagian pembuka atas dokumen
a.       Nama dokumen di tempat paling atas dan dicetak tebal
b.      Cantumkan nomor urut dokumen
c.       Dokumen untuk pihak eksternal nama dan alamat perusahaan dicantumkan pada bagian atas dokumen
Bagian isi
a.       Informasi yang logis dikumpulkan menjadi satu
b.      Sediakan ruang yang cukup untuk merekam data barang yang dipesan
c.       Urutkan data sesuai urutan standar
Bagian bawah
Sediakan ruang yang cukup untuk mencantumkan disposisi tanda tangan atau persetujuan mencantumkan nilai total transaksi dan menjelaskan distribusi dokumen
30.              Tolong jelaskan apa yang dimaksud aplikasi siklus pendapatan berikan contohnya.
Siklus pendapatan memproduksi transaksi yang mencatat empat pristiwa ekonomi : permintaan barang dan jasa oleh pelanggan, pengiriman barang atau jasanya, permintaan pembayaran dan tanda terima pembayaran.
Contohnya:
Aplikasi entri pesanan
Aplikasi pengiriman
Aplikasi penyusunan rekening
Aplikasi tanda tangan terima kas
31.              Tolong sebutkan dan jelaskan jenis jenis kode rekening.
a.       Squential code (code urut) yaitu kode yang dibuat urut karena dokumen atau objek yang diberi kode akan dikontrol dan diawasi berdasarkan urutannya contoh: kode urut cek:
b.      Block code (kode blok) di sebut kode blok karena kode diklarifikasikan ke dalam beberapa blok dan setiap blok di gunakan untuk memberi kode sekelompok objek tertentu
Jenis kode rekening
a.       Kode grup dalam kode grup setiap angka mempresentasikan objek tertentu contoh 1 = aktiva, 11 = aktiva lancar.
b.      Kode kombinasi adalah kode yang dibuat dengan mengkombinasikan huruf dan angka contoh AL = 1= aktiva lancar
32.            32.   Ada 3 cara yang dilakukan untuk pendekatan dokumen dalam transaksi, tolong sebutkan !
1.      Sistem flowchart merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan
2.      Data Flow Diagram adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem
3.      Entity Relationship Diagram (ERD) merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi.
33.              Bagaimana cara pengambilan keputusan dalam SIA?
Ada lima langkah dalam proses pengambilan keputusan:
1.      Identifikasi dan Diagnosa masalah
2.      Pengumpulan dan Analisis data yang relevan
3.      Pengembangan dan Evaluasi alternative alternative
4.      Pemilihan Alternatif terbaik
5.      Implementasi keputusan dan Evaluasi terhadap hasil-hasil
34.              Bagaimana cara penjualan dan pemasaran e-Business?
Cara penjualan dan pemasaran e-business dapat didorong dengan aktivitas promosi online melalui internet. Cara ini dapat membantu untuk meningkatkan penjualan, karena semakin sering dipromosi maka makin besar kemungkinan untuk orang mengetahui apa yang ditawarkan dan sangat memungkinkan terjadinya penjualan. Ada beberapa media online yang dapat digunakan untuk penjualan dan pemasaran yaitu : iklan, forum online, facebook commerce, dan lain-lain.
35.              Apa yang dimaksud dengan pengendalian internal?
Pengendalian intern ialah suatu proses yang dipengaruhi oleh  dewan komisaris, manajemen, dan personil satuan usaha lainnya, yang  dirancang untuk mendapat keyakinan memadai tentang pencapaian tujuan  dalam hal-hal berikut: keandalan pelaporan keuangan, kesesuaian dengan  undang-undang, dan peraturan yang berlaku, efektifitas dan efisiensi
operasi.
36.              Sebutkan aktivitas  aktivitas dalam siklus pengeluaran!
a.       Memesan barang , persediaan, dan jasa
b.      Menerima dan menyimpan barang, persediaan, dan jasa
c.       Membayar untuk barang, persediaan, dan jasa
37.              Apa itu COSO, tolong di Jelaskan dan sebutkan 5 komponen dalam COSO
a.       Committee of Sponsoring Organization of The Treadway Commission (COSO) merupakan komite yang dibentuk oleh organisasi – organisasi profesi di Amerika, antara lain AICPA, Financial Executives Association, Institute of Management Accountants (IMA), Institute of Internal Auditors (IIA) and American Accounting Association (AAA). Pada tahun 1992, COSO mengeluarkan definisi tentang pengendalian internal. COSO mendefinisikan pengendalian internal sebagai suatu proses yang melibatkan dewan komisaris, manajemen, dan personil lainnya, yang dirancang untuk memberikan keyakinan yang memadai tentang pencapaian tujuan dengan kategori berikut, yaitu efektivitas dan efisiensi operasi, keandalan pelaporan keuangan, kepetuhan terhadap hukum dan ketentuan yang berlaku.
b.      Lima Komponen dalam COSO
1.      Control environment
Tindakan atau kebijakan  manajemen yang mencerminkan sikap manajemen puncak secara keseluruhan dalam pengendalian manajemen. Yang termasuk dalam control environment:
a.       Integrity and ethical values (integritas dan nilai etika)
b.      Commitment to competence (komitmen terhadap kompetensi)
c.       Board of Directors and audit committee (dewan komisaris dan komite audit)
d.      Management’s philosophy and operating style (filosofi manajemen dan gaya mengelola operasi)
e.       Organizational structure (struktur organisasi)
f.       Human resource policies and procedures (kebijakan sumber daya manusia dan prosedurnya)
2.      Risk assessment
Tindakan manajemen untuk mengidentifikasi, menganalisis risiko-risiko yang relevan dalam penyusunan laporan keuangan dan perusahaan secara umum. Yang termasuk dalam risk assessment:
a.       Company-wide objectives (tujuan perusahaan secara keseluruhan)
b.      Process-level objectives (tujuan di setiap tingkat proses)
c.       Risk identification and analysis (indentifikasi risiko dan analisisnya)
d.      Managing change (mengelola perubahan)
3.      Control activities
Tindakan-tindakan yang diambil manajemen dalam rangka pengendalian intern. Yang termasuk control activities:
a.       Policies and procedures (kebijakan dan prosedur)
b.      Security (application and network) –> (keamanan dalam hal aplikasi dan jaringan)
c.       Application change management (manajemen perubahan aplikasi)
d.      Business continuity or backups (kelangsungan bisnis)
e.       Outsourcing (memakai tenaga outsourcing)
4.      Information and communication
Tindakan untuk mencatat, memproses dan melaporkan transaksi yang sesuai untuk menjaga akuntablitas. Yang termasuk komponen ini adalah sebagai berikut.
a.       Quality of information (kualitas informasi)
b.      Effectiveness of communication (efektivitas komunikasi)
5.      Monitoring
Peniilaian terhadap mutu pengendalian internal secara berkelanjutan maupun periodik untuk memastikan pengendalian internal telah berjalan dan telah dilakukan penyesuian yang diperlukan sesuai kondisi yang ada. Yang termasuk di dalam komponen ini, yakni:
a.       On-going monitoring (pengawasan yang terus berlangsung)
b.      Separate evaluations (evaluasi yang terpisah)
c.       Reporting deficiencies (melaporkan kekurangan-kekurangan yang terjadi
38.              Sebutkan tiga dasar dalam konfigurasi LAN?
a.       Local Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal
b.      Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan
c.       Wide Area Network (WAN) / Jaringan area Skala Besar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Diskusi dan Online (Bab 15-Bab 19) Komunikasi Bisnis

3 Peran Manajemen Menurut Henry Mintzberg