Sistem Informasi Pemasaran PT Antam, Tbk


SITEM INFORMASI PEMASARAN
PADA PT ANTAM, Tbk



1.    Sekilas Tentang PT Antam Tbk
Antam (Aneka Tambang) merupakan perusahaan pertambangan yang terdiversifikasi dan terintegrasi secara vertikal yang berorientasi ekspor. Melalui wilayah operasi yang tersebar di seluruh Indonesia yang kaya akan bahan mineral. Kegiatan Antam mencakup eksplorasi, penambangan, pengolahan serta pemasaran dari sumber daya mineral yang dimiliki. Antam memiliki konsumen jangka panjang yang loyal di Eropa dan Asia. Mengingat luasnya lahan konsesi pertambangan dan besarnya jumlah cadangan dan sumber daya yang dimiliki, Antam membentuk beberapa usaha patungan dengan mitra internasional untuk dapat memanfaatkan cadangan yang ada menjadi tambang yang menghasilkan keuntungan.
Antam (Persero) Tbk, merupakan BUMN dengan kepemilikan saham 65%  pemerintah dan 35% publik. Antam berusaha dalam bidang pertambangan berbagai jenis bahan galian, serta menjalankan usaha di bidang industri, perdagangan, pengangkutan dan jasa yang berkaitan dengan pertambangan berbagai jenis bahan galian tersebut. Saat ini pembelian atau penjualan logam mulia hanya dapat dilakukan langsung di kantor UBPP Logam Mulia dan tidak dapat dilakukan di Kantor Pusat PT ANTAM (Persero) Tbk, Jl. Letjen TB Simatupang No. 1, Jakarta. Pembelian atau penjualan juga tidak dapat dilakukan secara online atau melalui pengiriman.
2.    Mengenal Sistem Informasi Pemasaran Yang Digunakan PT Antam, Tbk
1.      Proses Bisnis Lintas Fungsi di PT. Aneka Tambang, Tbk
Bentuk nyata penerapan e-business dari PT Aneka Tambang, tbk (Antam), dapat dilihat di www.antam.com. Pada Website tersebut dapat diperoleh berbagai informasi mengenai perusahaan tambang ini. Selain itu, informasi terbaru perusahaan juga dapat diperoleh melalui Annual Report atau Laporan Tahunan. Sebagai perusahaan yang bersifat terbuka, Antam memiliki susunan struktur organisasi yang komplek, memiliki susunan direksi yang terdiri dari direktur utama dan beberapa direktur seperti direktu keuangan, direktur operasi, direktur pengembangan, direktur sumber daya manusia, dan direktur umum dan corporate social responsibility (CSR). Selain itu, untuk mendukung operasinya, perusahaan ini juga didukung oleh berbagai divisi dan unit bisnis serta anak perusahaan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dewan komisaris bersama-sama dengan komite audit, komite nominasi,remunerasi dan pengembangan SDM, komite manejemen resiko, komite Goor Corporate Social Responsibility, Lingkungan, dan Pasca tambang pun berperan untuk mengawasi perusahaan ini. Kompleknya bidang industri dan banyaknya divisi di Antam ini telah terfasilitasi oleh perusahaan dengan cara penerapan teknologi informasi yang mengembangkan sistem lintas fungsi perusahaan. Antam menggunakan sofware tertentu yang memungkinkan antar bagian perusahaan terhubung satu sama lain sehingga penyebaran informasi dapat terjadi dengan mudah. Seluruh bagian yang terlibat dalam hal ini memiliki peran masing-masing dan saling membutuhkan. Proses penemuan lahan tambang baru oleh Antam dimulai dari adanya dorongan bahwa tambang emas akan habis masa pakainya. Oleh karena itu, Antam perlu melakukan eksplorasi dan eksploitasi untuk menemukan lahan tambang potensial yang baru. Kemudian tim research and development akan segera melaksanakan tugasnya. Tim ini terdiri dari Project Development Group dan Technology Development. Unit produksi berperan untuk melaksanakan proses produksi untuk memenuhi persyaratan pelanggan dengan kompetensi dan jumlah SDM yang sesuai guna memaksimalkan shareholders dan stakeholders value, meningkatkan kesejahteraan karyawan dan berpartisipasi di dalam upaya menyejahterakan daerah sekitar operasi perusahaan. Dalam bidang pemasaran didukung oleh Marketing dan Customer Support. Tim Marketing dan Customer Support tentu melakukan market test, market research, dan proses untuk mendapatkan timbal balik dari konsumen.

Skema Proses Pengembangan Produk Baru
Pada PT Antam, Tbk

Sebagai sebuah perusahaan terbuka, banyak pihak yang terlibat dalam pelaksanaan bisnis Antam ini. Tim manajemen Antam telah menyusun sebuah arsitektur aplikasi perusahaan yang menggambarkan mengenai kerangka kerja konseptual yang menghubungkan antara proses dan interface dari aplikasi ebusiness.Kerangka kerja konseptual ini secara sederhana menggambarkan hubungan antara pemasok (suppliers) dan pelanggan melalui manajemen rantai pasok (Supply Chain Management), Enterprise Resources Planing, dan Customer Relationship Management. Kerangka ini juga menjelaskan hubungan antara pekerja dan mitra kerja melalui Partner Relationship Management, Knowledge Management.

Skema Arsitektur Aplikasi
PT Antam, Tbk



                                                                                                                                  
2.      Customer Relationship Management (CRM) di PT Aneka Tambang, Tbk.
CRM adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dari suatu perusahaan untuk memungkinkan perusahaan dapat secara efektif mengelola hubungan dengan para pelanggan. Aplikasi CRM ini, di Antam dikenal dengan nama Marketing dan Customer Support. Divisi ini bertugas untuk menjaga pelanggan dengan menggunakan berbagai sarana interaksi baik lewat telepon, email, masukan di situs, pemasaran dan sebagainya. Pelanggan Antam merupakan pelanggan global sehingga dalam Websitenya digunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional untuk memudahkan pelanggan dari berbagai negara untuk saling berinteraksi. Namun, di Website tersebut juga tersedia layanan Bahasa Indonesia untuk pelanggan dalam negeri. Di Website tersebut, informasi mengenai Antam dapat diakses tanpa batas dan mudah. Terdapat beberapa komponen yang mendukung pelaksanaan di CRM di Antam.

Skema Komponen-komponen untuk penerapan
Customer Relationship Management (CRM) pada PT Antam, Tbk


Komponen-komponen yang ada pada gambar diatas dapat dijelaskan di bawah ini secara singkat :
a.       Contact and Account Management.
Untuk dapat menghubungi dan/atau mendapatkan informasi mengenai Antam maka dapat dilakukan dengan cara berlangganan News Alert mailing list,telepon, email, facsimile. Informasi ini dapat dengan mudah ditemukan di Website.
b.      Sales
Penjualan produk emas Antam tidak dapat dilakukan langsung melalui Website www.antam.com. Namun jika tertarik untuk membeli produk emas, maka pembelian dapat dilakukan dengan cara klik www.logammulia.com Logam Mulia merupakan salah satu Unit Bisnis dari PT Antam (Persero) Tbk, adalah satu-satunya pemurnian emas dan perak di Indonesia.
c.       Marketing and Fulfillment
Dengan sifat komoditas Antam yang berbasis kontrak jangka panjang, maka strategi pemasaran Antam bertumpu pada kualitas komoditas yang diproduksi, pengiriman yang tepat waktu dan cepat tanggap untuk menjaga kepuasan konsumen. Untuk memastikan strategi pemasaran ini berjalan dengan baik, khusus untuk pemasaran komoditas bijih nikel, feronikel dan bauksit, Antam memiliki Satuan Kerja Marketing and Customer Support (MCS). Antam juga memiliki Kantor Perwakilan di Tokyo, Jepang, guna mendukung kelancaran komunikasi dan pengiriman produk dengan konsumen di wilayah Asia. Untuk wilayah Eropa, Antam memiliki perwakilan untuk membantu aspek pengiriman ke konsumen. Komoditas emas dan perak Antam dijual melalui UBPP Logam Mulia langsung ke konsumen dalam negeri mengingat penjualan emas dan perak tersebut lebih banyak dilakukan secara retail dan lebih likuid. Antam juga mengekspor emas ke Singapura. Aspek pemasaran komoditas emas, perak danjasa pengolahan logam mulia dilakukan dengan mengikuti berbagai pameran yang diselenggarakan di Indonesia. Pemasaran komoditas emas dan perak juga dilakukan dengan memproduksi koin dinar dan dirham, koin penghargaan korporat serta produkproduk terkait prosesi pernikahan. Pembayaran untuk produk Antam biasanya dilakukan dengan letter of credit atau transfer dana secara langsung sebelum pengiriman. Bijih nikel dan bauksit dikirimkan dengan term FOB, sementara feronikel dengan term CIF. Pemasaran di Antam selain dilakukan melalui Website juga dengan cara memanfaatkan media cetak seperti baliho. Pemasaran dengan menggunakan Website ini juga sangat membantu perusahaan.
d.      Customer Service, and Support
Pada Website Antam, layanan pelanggan hanya difasilitasi dengan tiga cara: email, telepon, dan fax. Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Antam dapat berlanggananan ke News Alerts. Selain itu, jika ingin ke kantor Antam, maka pelanggan dapat berkunjung ke kantor Antam baik yang ada di Jakarta maupun Surabaya. Karena sifat barangnya yang rentan, maka pembelian atau penjualan juga tidak dapat dilakukan secara online atau melalui pengiriman.
e.       Reteintion and Loyalty Program
Program retensi dan loyalitas yang diterapkan di PT Aneka Tambang, tbk ini dengan cara menjalin dan mengelola hubungan jangka panjang dengan para pelanggannya.
3.      Enterprise Resource Planning di PT Aneka Tambang, Tbk
Sebuah proses lintas bisnis di Antam didorong oleh modul perangkat lunak yang terintegrasi yang mendukung proses bisnis dasar perusahaan. Enterprise Resource Planning (ERP) di Antam dilakukan dengan mendasarkan konsep kerangka kerja.

Gambar Enterprise Resource Planning
PT Aneka Tambang, Tbk

4.      Supply Chain Management (SCM) di PT Aneka Tambang, Tbk
Terdapat sebuah Divisi Supply Chain Management (SCM) di PT Aneka Tambang, tbk. Antam menggunakan sistem E-Procurement dalam rangka meningkatkan hubungan baik dengan para mitra kerja penyedia barang dan jasa sejak tahun 2009. Sistem ini merupakan bentuk implementasi dari Pedoman Pengelolaan Rantai Pasokan (Supply Chain Management) Antam, dan telah terintegrasi ke dalam situs sub menu E-Procurement. Melalui sistem ini, para mitra kerja penyedia barang dan jasa dapat memperoleh informasi mengenai petunjuk penggunaan aplikasi ESCM (Electronic Supply Chain Management) Antam dan melihat pengumuman tender selama tahun berjalan beserta perkembangan statusnya. Antam berkomitmen memilih mitra kerja penyedia barang dan jasa di lingkungan Antam dengan prinsip-prinsip praktek usaha yang sah, efisien, dan wajar, juga secara transparan, objektif, dan jujur, sesuai dengan dokumen pengadaan dan kebijakan manajemen pengelolaan rantai pasokan yang berlaku. Antam juga membuat keputusan pembelian berdasarkan faktor-faktor seperti kualitas barang/ jasa, harga, waktu pengiriman, dan integritas. Komitmen ini dapat diketahui oleh para mitra kerja penyedia barang dan jasa melalui aplikasi ESCM pada situs. Para mitra kerja penyedia barang dan jasa harus mematuhi fakta integritas mitra kerja Antam, dengan membuat pernyataan/janji tentang komitmen untuk melaksanakan segala tugas dan tanggung jawab sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tidak akan melakukan praktek Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme dengan karyawan Antam atau sesama mitra kerja dalam proses pengadaan barang dan jasa di lingkungan Antam (Annual Report, 2010). Konsep penerapan sistem ini dapat di lihat pada gambar di bawah ini :

Gambar Penerapan Supply Chain Management (SCM)
PT Aneka Tambang, Tbk


5.      Enterprise Application Integration (EAI) di PT Aneka Tambang, Tbk
EAI di Antam telah dilakukan oleh sebuah divisi khusus yang bernama Information and Communication Technology dimana divisi ini secara menyeluruh membantu menyimpan seluruh data dalam data base baik itu data yang berasal dari dewan direksi, manajemen, pelanggan, mitra kerja, unit produksi, distribusi dan sebagainya. Pengumpulan data base tersebut dilakukan dengan memanfaatkan email, telepon, facsimile, datang langsung. Jika ada sebuah pesanan datang baik melalui email, telepon, facsimile atau datang langsung (1), maka informasi ini selanjutnya di kirimkan ke bagian pelayanan konsumen yang selanjutnya di distribusikan ke berbagai aplikasi dan databases (2). Jika informasi pemesanan telah divalidasi, data yang relevan selanjutnya dikirim ke bagian pemesanan (3). Selanjutnya adalah proses pengembalian pemenuhan dan pengiriman informasi ke sistem pemesanan (4) dan call center yang membutuhkan informasi mengenai pesanan yang sedang berjalan (5)
Siklus penerapan sistem ini dapat di lihat seperti tertera pada gambar di bawa ini :
Gambar Enterprise Application Integration (EAI)
PT Aneka Tambang, Tbk


6.      Transaction Processing Systems di PT Aneka Tambang, Tbk
Harga jual emas dan perak pada umumnya didasarkan atas harga yang ditetapkan oleh London Bullion Market Association pada tanggal transaksi. Transaksi di Antam tidak hanya transaksi penjualan tambang saja, namun juga ada transaksi penjualan saham. Perusahaan mencatat transaksi saham diperoleh kembali dengan menggunakan metode biaya perolehan (cost method). Setiap individu, termasuk Direktur dan manajemen senior, tidak diperbolehkan untuk melakukan jual beli saham Perusahaan apabila mereka memiliki informasi yang dapat mempengaruhi harga saham Perusahaan. Persetujuan dari atasan masingmasing individu (minimal level manajemen senior) harus diperoleh sebelum terjadinya transaksi jual beli. Pendapatan dan posisi kas Perusahaan sebagian besar dalam mata uang dolar Amerika Serikat sedangkan sebagian besar biaya dalam mata uang Rupiah. Antam melakukan transaksi lindung nilai jika diperlukan untuk mengantisipasi perubahan nilai tukar kurs mata uang asing.
7.      Enterprise Collaboration Systems (ECS) di PT Aneka Tambang, Tbk
ECS di Antam dilakukan dengan menggunakan alat bantu elektronik berupa email, web publishing, dan facsimile. Satuan Kerja Corporate Secretary melalui unit Investor Relations bertanggungjawab untuk menciptakan pemahaman terhadap perusahaan secara transparan dan konsisten. Untuk memfasilitasi komunikasi yang intensif kepada pemegang saham, Antam menggunakan media elektronik seperti situs dan email (corsec@antam.com) untuk menyampaikan informasi yang relevan. Pemegang saham yang ingin mendapatkan informasi Antam secara berkala melalui email, dapat mendaftarkan identitas dan alamat email pada mailing list pemegang saham melalui situs Antam. Media komunikasi lain adalah news alert, program advertising, conference call, dan investment conference. Situs Antam merupakan media yang memfasilitasi akses terhadap informasi dan merupakan bentuk komunikasi elektronik perusahaan dengan para pemangku kepentingan. Antam terus mengembangkan fungsi situs sebagai sarana komunikasi yang efektif dengan memaksimalkan setiap fungsi. Antam berusaha menyajikan kebutuhan informasi bagi pemangku kepentingan yang mencakup informasi mengenai Antam, baik mengenai visi misi Antam, strategi, produk dan struktur manajemen, kegiatan perusahaan, kinerja keuangan, tata kelola, rilis media dan laporan, serta informasi bagi pemegang saham. Media yang melibatkan calendering, tasks and project management, workflow systems, knowledge management, serta document sharing yang dilakukan di berbagai situs. Corporate Secretary Antam memastikan bahwa informasi tersebut telah diungkapkan terlebih dahulu kepada regulator pasar modal dan secara resmi telah diungkap ke publik sebelum diungkapkan di situs. Pada situs, juga tersedia Laporan Tahunan, Laporan Aktivitas Kuartalan, Laporan Bulanan Produksi, pengumuman yang dipublikasikan di ASX, harga saham di ASX, dan berita lainnya seputar operasi Antam sesuai ketentuan ASX Listing Rule. Laporan Keuangan yang dipublikasikan secara kuartalan juga didukung oleh penjelasan dan catatan yang ditujukan untuk menyediakan informasi yang memadai kepada investor dalam melakukan penilaian terhadap Antam. Selain melalui situs Antam (www.antam.com), Antam juga melaporkan hal-hal penting selama tahun 2010 kepada ASX dan BEI untuk diungkapkan di situs ASX (www.asx.com.au) dan BEI (www.idx.co.id). Antam juga menyediakan halaman khusus pada situs Antam yang memuat informasi mengenai kerangka kerja corporate governance dan praktiknya. Halaman Corporate Governance ini dikelola dan dimutakhirkan secara berkala oleh Corporate Secretary (Annual Report, 2010).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal & Jawaban Sistem Informasi Akuntansi

Tugas Diskusi dan Online (Bab 15-Bab 19) Komunikasi Bisnis

3 Peran Manajemen Menurut Henry Mintzberg