Tugas Diskusi dan Online (Bab 15-Bab 19) Komunikasi Bisnis
DISKUSI BAB 15
- Dalam wawancara kerja,
adakalanya pewawancara terdiri atas seorang saja, namun dapat juga terdiri
atas suatu tim (beberapa orang). Menurut anda, apa kebaikan dan kelemahan
dari masing-masing pewawancara tersebut. Jelaskan !
Jawab :
Pewawancara satu
seorang :
·
Kebaikan
- Pewawancara
mudah untuk menilai sikap pelamar kerja.
- Pewawancara
tidak bingung dalam memberi pertanyaan kepada pelamar kerja, karena pewawancara
hanya terdapat satu orang saja.
·
Kelemahan
- Biasanya
data yang diperoleh tidak sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh perusahaan.
- Pewawancara
dalam melakukan sesi pertanyaan berkemungkinan terjadi kesalahan.
Pewawancara dengan beberapa orang :
·
Kebaikan
- Pewawancara
tidak terlalu kesulitan dalam melakukan sesi pertanyaan.
- Pelamar
kerja tidak akan bisa berbohong kepada pewawancara, karena disitu terdapat
beberapa pewawancara.
·
Kelemahan
- Pelamar
kerja akan merasa takut karena adanya beberapa pewawancara.
- Biaya
yang dikeluarkan perusahaan terlalu besar jika di bandingkan dengan satu
pewawancara saja.
- Apabila anda ditanya tentang
beberapa gaji yang anda inginkan untuk posisi atau jabatan pekerjaan
tertentu di suatu perusahaan, bagaimana strategi jawaban anda ?
Jawab :
Dalam menjawab
pertanyaan beberapa gaji yang anda inginkan untuk posisi atau jabatan pekerjaan
tertentu di suatu perusahaan, strategi yang saya gunakan, mungkin dengan cara,
menjawab berapa nominal yang saya kehendaki dengan melihat jabatan pekerjaan
apa yang saya emban. Agar antara kedua belah pihak tidak ada yang merasa
dirugikan dalam wawancara tersebut.
- Menurut anda, apakah dalam
wawancara kerja terdapat pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya menjebak
pelamar kerja. Jelaskan !
Jawab :
Wawancara kerja itu
sendiri adalah sebagian kegiatan penting dalam proses mencari pekerjaan, selain
resume dan surat lamaran pekerjaan.
Dalam wawancara kerja,
kepada pelamar pekerjaan, tentunya hal yang sangat penting untuk dilakukan agar
apa yang dibutuhkan perusahaan sesuai
dengan yang dicari, maka dari itu pewawancara dalam melakukan pertanyaan
kepada pelamar kerja, harus bersifat menjebak, karena dengan
pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya menjebak pelamar kerja akan ketahuan apakah
orang ini baik apa bukan, agar apa yang
dikehendaki perusahaan tepat dan tidak rugi dalam mencari pekerja baru.
ONLINE BAB 15
- Wawancara kerja harus
dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Cobalah klik alamat website berikut
ini : http://www.best-interview-strategies.com/pre-interview.html.
berdasarkan artikel tersebut, apa saja sebaiknya yang disiapkan oleh para
pencari kerja sebelum wawancara kerja ?
Jawab :
Dalam artikel diatas
yang perlu disiapkan, para pencari kerja sebelum wawancara kerja adalah :
·
Mempersiapkan diri
dengan baik, tidak boleh merasa takut.
·
Datang tidak boleh
terlambat, (30 menit sebelum dimulai wawancara).
·
Kita harus menjawab
dengan baik tidak boleh berbohong.
·
Mengucapkan terima
kasih kepada pewawancara apabila sudah selasai diwawancarai.
- Kunjungilah alamat website
berikut ini : http://www.best-interview-strategies.com/post-interview.html.
berdasarkan artikel tersebut apa yang sebaiknya dilakukan para pencari
kerja setelah melakukan wawancara kerja ?
Jawab :
Yang perlu dilakukan
setelah wawancara kerja berakhir, yaitu berikanlah ucapan terima kasih kepada
para pewawancara meskipun anda merasa kemungkinan anda diterima bekerja
diperusahaan tersebut. Hal itu perlu dilakukan untuk menunjukkan penghargaan
anda atas waktu yang telah mereka sediakan untuk wawancara.
- Anda ingin mengantisipasi
dalam wawancara kerja, cobalah klik alamat website ini : http://www.best-interview-strategies.com/questions.html.
berdasarkan artikel tersebut, bagaimana strategi menjawab pertanyaan dalam
wawancara kerja ?
Jawab :
Dalam menjawab
pertanyaaan wawancara kerja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :
- Jawablah
pertanyaan dari pewawancara dengan jelas dan jujur.
- Dalam
menjawab pertanyaan dari pewawancara, janganlah dengan nada yang kasar/keras.
- Tidak
boleh berbohong dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pewawancara.
- Jangan
gugup dalam menjawab pertanyaan dari pewawancara.
- Wawancara kerja dapat
dilakukan dengan berbagai cara. Cobalah klik artikel berikut ini : http://en.wikipedia.org/wiki/job_interview.
berdasarkan artikel tersebut, ada beberapa jenis wawancara kerja ?
Jawab :
Dalam artikel diatas
ada dua jenis wawancara yaitu :
1)
Wawancara panel (tim)
yaitu suatu jenis wawancara kerja dimana para pewawancara terdiri dari 2(dua)
orang atau lebih. Biasanya wawancara jenis ini dilakukan jika perusahaan
memendang bahwa pelamar sudah hampir memenuhi syarat untuk diterima kerja.
2)
Wawancara telpon yaitu
wawancara yang dilakukan lewat pesawat telepon. Tidak jarang sejumlah
perusahaan besar saat ini menerapkan taktik wawancara melalui telpon sebelum
mengundang para pencari kerja untuk wawancara tatap muka diperusahaan mereka.
- Sebuah majalah career online
menyajikan sebuah artikel yang menarik tentang wawancara kerja. Oleh
karena itu, cobalah anda kunjungi alamat website yang beralamatkan : http://www.careermag.com/newsartsinterviewing.html.
Bacalah satu atau lebih artikel tersebut kemudian bahaslah didalam kelas
dengan permainan peran.
Jawab :
Dari alamat website di
atas, membahas tentang sebuah artikel tentang wawancara kerja. Dari salah satu
artikel diatas, saya akan membahas salah satu artikel tentang wawancara
tersebut, yaitu :
Dalam sebuah majalah
career online, terdapat artikel wawancara kerja yang menarik. Artikel ini
membahas tentang proses wawancara kerja yang dilakukan oleh pewawancara kerja
dengan pelamar kerja, dalam wawancara kerja ini pewawancara dengan pelamar
kerja melakukan tanya jawab yang sangat menarik agar proses wawancara, tidak
menjadikan pelamar kerja takut dan lebih tepat untuk mendapatkan pekerja yang baik,
yaitu proses wawancara menggunakan online.
- Kunjungilah alamat website
berikut ini : http://www.cyberlifrstyle.com.
Selanjutnya pilihlah salah satu contoh wawancara tersebut dan lakukanlah
analisis.
Jawab :
Dari alamat website
diatas, ada beberapa contoh wawancara, dan saya memilih salah satu contoh
wawancara dengan pedagang.
Analisis wawancara
dengan pedagang : Dalam wawancara ini, pewawancara bertanya kepada pedagang
sembako yang katanya harga sembako mulai mahal apabila menjelang bulan Ramadhan
dan sikap pembeli tentunya ada yang marah-marah dan juga ada yang diam saja
dengan keadaan seperti ini, lalu puncak dari naiknya harga sembako ini sampai
lebaran tiba.
DISKUSI
BAB 16
1) Menurut Anda, apakah penggunaan alat bantu
dengan teknologi canggih berpengaruh dalam penyampaian pesan-pesan bisnis dalam
suatu forum penyampaian pesan-pesan bisnis? Jelaskan alasan Anda!
Jawab :
Iya, menurut saya berpengaruh. Karena semakin canggih teknologi yang
dipakai maka kualitas dan fasilitasnya juga lebih baik dibandingkan dengan
teknologi yang sudah lama. Sehingga penyampaian pesan-pesan bisnis pun dapat
disampaikan dan diterima dengan lebih baik.
2) Bahasa tubuh atau body language sering kali dilakukan
oleh para presenter atau pembicara dalam berbagai forum presentasi bisnis.
Menurut Anda, apakah penggunaan bahasa tubuh tersebut dapat menjadi daya
penarik atau mengganggu penyampaian pesan-pesan bisnis? Jelaskan secara
singkat!
Jawab :
Menurut saya penggunaan bahasa tubuh lebih kuat menjadi daya penarik.
Karena dengan bahasa tubuh yang digunakan presenter, mungkin dapat mengurangi
rasa jenuh audiens terhadap presentasi yang dijalanka sehingga audiens dapat
memberi perhatian lebih terhadap presentasi bisnis tersebut.
3) Menurut beberapa pakar komunikasi, peninjauan
lokasi sebelum melakukan presentasi bisnis diperlukan walaupun sekilas. Menurut
Anda, apa yang terjadi seandainya seorang manajer tidak memahami dengan baik
tempat untuk presentasi bisnis?
Jawab :
Dapat mengganggu kelancaran presentasi bisnis tersebut.
4) Latihan dalam presentasi bisnis sangatlah
dianjurkan. Menurut Anda, mengapa hal itu perlu dilakukan?
Jawab :
Agar dapar meningkatkan kemampuan dalam melakukan presentasi bisnis.
ONLINE BAB 16
1) Dalam kaitannya dengan presentasi bisnis,
klik alamat website berikut. http://presentationsoft.about.com/od/powerpointinbusiness/tp/bus_pres_tips.htm. Berdasarkan artikel tersebut,
bagaimana melakukan presentasi bisnis yang baik?
Jawab :
1.
Gunakan Kunci Frase Tentang Topik Anda
Presenter berpengalaman
menggunakan frase kunci dan hanya mencakup informasi penting. Pilih hanya tiga
atau empat poin tentang topik Anda dan membuat mereka secara konsisten di seluruh
pengiriman. Menyederhanakan dan membatasi jumlah kata pada setiap layar.
Cobalah untuk tidak menggunakan lebih dari tiga peluru per slide. Ruang
sekitarnya akan membuat lebih mudah untuk dibaca.
2.
Penting slidelayout
Membuat slide yang mudah diikuti. Masukan judul di atas slide. Frase harus membaca kiri ke kanan dan atas ke bawah. Menyimpan informasi penting di dekat bagian atas slide. Seringkali bagian bawah slide tidak dapat dilihat dari baris belakang kaena banyaknya jumlah audiens.
Membuat slide yang mudah diikuti. Masukan judul di atas slide. Frase harus membaca kiri ke kanan dan atas ke bawah. Menyimpan informasi penting di dekat bagian atas slide. Seringkali bagian bawah slide tidak dapat dilihat dari baris belakang kaena banyaknya jumlah audiens.
3.
Batasi Tanda Baca dan Hindari Semua Huruf Kapital
Tanda baca sia-sia dapat
mengacaukan slide dan penggunaan semua caps membuat pernyataan lebih sulit
untuk dibaca dan seperti BERTERIAK pada audiens Anda .
4.
Hindari Fanci Font
Pilih font yang sederhana dan mudah dibaca seperti Arial , Times New Roman atau Verdana. Hindari jenis naskah font karena mereka sulit untuk dibaca di layar. Gunakan , paling tidak, dua font yang berbeda - mungkin satu untuk judul dan satu lagi untuk konten. Jauhkan semua font yang cukup besar ( minimal 24 pt dan lebih 30 pt ) sehingga orang-orang di belakang ruangan akan dapat dengan mudah membaca apa yang ada di layar.
Pilih font yang sederhana dan mudah dibaca seperti Arial , Times New Roman atau Verdana. Hindari jenis naskah font karena mereka sulit untuk dibaca di layar. Gunakan , paling tidak, dua font yang berbeda - mungkin satu untuk judul dan satu lagi untuk konten. Jauhkan semua font yang cukup besar ( minimal 24 pt dan lebih 30 pt ) sehingga orang-orang di belakang ruangan akan dapat dengan mudah membaca apa yang ada di layar.
5.
Gunakan Warna Kontras Untuk Teks dan Latar Belakang
Teks gelap di latar belakang terang adalah yang terbaik, tapi menghindari latar belakang putih - nada turun dengan menggunakan krem atau warna cahaya lain yang akan jelas pada mata. Latar belakang gelap yang efektif untuk memamerkan warna perusahaan atau jika Anda hanya ingin mempesona kerumunan. Dalam hal ini, pastikan untuk membuat teks warna terang untuk membaca mudah .
Latar belakang berpola atau bertekstur dapat mengurangi pembacaan teks .
Jauhkan skema warna Anda konsisten di seluruh presentasi Anda.
Teks gelap di latar belakang terang adalah yang terbaik, tapi menghindari latar belakang putih - nada turun dengan menggunakan krem atau warna cahaya lain yang akan jelas pada mata. Latar belakang gelap yang efektif untuk memamerkan warna perusahaan atau jika Anda hanya ingin mempesona kerumunan. Dalam hal ini, pastikan untuk membuat teks warna terang untuk membaca mudah .
Latar belakang berpola atau bertekstur dapat mengurangi pembacaan teks .
Jauhkan skema warna Anda konsisten di seluruh presentasi Anda.
6.
Gunakan Desain Slide Efektif
Bila menggunakan tema desain ( PowerPoint 2007 ) atau desain template ( versi sebelumnya dari PowerPoint ), pilih salah satu yang sesuai untuk penonton. Sebuah tata letak sederhana adalah yang terbaik jika Anda sedang melakukan presentasi untuk klien bisnis. Pilih salah satu yang penuh warna dan berisi berbagai bentuk jika presentasi Anda ditujukan untuk anak-anak .
Bila menggunakan tema desain ( PowerPoint 2007 ) atau desain template ( versi sebelumnya dari PowerPoint ), pilih salah satu yang sesuai untuk penonton. Sebuah tata letak sederhana adalah yang terbaik jika Anda sedang melakukan presentasi untuk klien bisnis. Pilih salah satu yang penuh warna dan berisi berbagai bentuk jika presentasi Anda ditujukan untuk anak-anak .
·
Desain Tema dalam PowerPoint 2011
·
Desain Tema dalam PowerPoint 2007
·
Desain Template di PowerPoint
7.
Batasi Jumlah Slides
Menjaga jumlah slide untuk minimum, memastikan bahwa presentasi tidak akan menjadi terlalu panjang dan ditarik keluar. Ini juga menghindari masalah terus-menerus berubah slide selama presentasi yang dapat menjadi gangguan untuk audiens. Rata-rata, satu slide per menit adalah benar.
Menjaga jumlah slide untuk minimum, memastikan bahwa presentasi tidak akan menjadi terlalu panjang dan ditarik keluar. Ini juga menghindari masalah terus-menerus berubah slide selama presentasi yang dapat menjadi gangguan untuk audiens. Rata-rata, satu slide per menit adalah benar.
8.
Gunakan Foto, Grafik dan Grafik
Menggabungkan foto , diagram dan grafik dan bahkan embedding video digital dengan teks, akan menambah variasi dan menjaga audiens Anda tertarik dalam presentasi. Hindari memiliki teks saja slide .
Menggabungkan foto , diagram dan grafik dan bahkan embedding video digital dengan teks, akan menambah variasi dan menjaga audiens Anda tertarik dalam presentasi. Hindari memiliki teks saja slide .
·
Menggunakan Gambar di PowerPoint
·
Grafik Excel dalam PowerPoint
9.
Hindari Penggunaan berlebihan Transisi Slide dan
Animasi
Sementara transisi dan animasi dapat meningkatkan minat audiens Anda dalam presentasi , terlalu banyak hal yang baik dapat mengalihkan perhatian mereka dari apa yang Anda katakan . Ingat , slide show ini dimaksudkan untuk menjadi alat bantu visual , bukan fokus dari presentasi . Jauhkan animasi konsisten dalam presentasi dengan menggunakan skema animasi dan menerapkan transisi yang sama di seluruh presentasi .
Sementara transisi dan animasi dapat meningkatkan minat audiens Anda dalam presentasi , terlalu banyak hal yang baik dapat mengalihkan perhatian mereka dari apa yang Anda katakan . Ingat , slide show ini dimaksudkan untuk menjadi alat bantu visual , bukan fokus dari presentasi . Jauhkan animasi konsisten dalam presentasi dengan menggunakan skema animasi dan menerapkan transisi yang sama di seluruh presentasi .
10. Pastikan Presentasi Anda
Bisa Jalankan Pada Setiap Komputer
Gunakan PowerPoint untuk CD Pack and Go ( PowerPoint 2000 dan sebelumnya) fitur ( PowerPoint 2007 dan 2003 ) atau ketika membakar presentasi Anda ke CD. Selain presentasi Anda, salinan Microsoft PowerPoint Viewer ditambahkan ke CD untuk menjalankan presentasi PowerPoint pada komputer yang tidak memiliki PowerPoint diinstal.
Gunakan PowerPoint untuk CD Pack and Go ( PowerPoint 2000 dan sebelumnya) fitur ( PowerPoint 2007 dan 2003 ) atau ketika membakar presentasi Anda ke CD. Selain presentasi Anda, salinan Microsoft PowerPoint Viewer ditambahkan ke CD untuk menjalankan presentasi PowerPoint pada komputer yang tidak memiliki PowerPoint diinstal.
2) Presentasi bisnis dapat dikelompokkan ke
dalam dua jenis, klik alamt berikut ini: http://www.communication-skills-4confidence.com/buusiness-presentation.html. Berdasarkan artikel tersebut,
jelaskan dua jenis presentasi bisnis?
Jawab :
a.
Presentasi informatif : terdiri
dari penjelasan ringkas, laporan, atau instruksi.
Penjelasan ringkas (briefing) biasanya bersifat umum atau informal.
Penjelasan ringkas internal melibatkan pembicara dan khalayak dalam organisasi
yang sama.
b.
Presentasi instruksional
melibatkan pelatihan dan/atau orientasi pegawai baru, pembaharuan pelatihan
semua pegawai atau penjelasan prosedur atau metode baru
3) Kunjungi alamat website berikut ini: http://www.theeggman.com/writings/keystep1.html. Berdasarkan artikel tersebut,
bagaimana melakukan presentasi bisnis secara efektif?
Jawab :
Perencanaan adalah
langkah yang paling penting dalam membuat presentasi sukses apapun. Perencanaan
membantu memutuskan pada isi dan urutan di mana informasi akan disajikan.
Apakah menggunakan PowerPoint, OpenOffice Impress atau perangkat lunak presentasi
lainnya, gunakan langkah-langkah berikut sebagai panduan dalam merencanakan
presentasi :
a. Tentukan Tujuan
Presentasi
- Apakah presentasi ini tentang produk untuk klien ?
- Apakah presentasi bisnis tentang angka penjualan terbaru ?
- Apakah itu tentang ide baru Anda memperkenalkan ?
- Apakah presentasi ini tentang produk untuk klien ?
- Apakah presentasi bisnis tentang angka penjualan terbaru ?
- Apakah itu tentang ide baru Anda memperkenalkan ?
b. Tentukan Pemirsa
Presentasi ini
- staf Anda
- calon klien baru
- sekelompok anak-anak kecil
- konvensi untuk orang-orang di baris yang sama pekerjaan, misalnya; sekelompok Dokter
- staf Anda
- calon klien baru
- sekelompok anak-anak kecil
- konvensi untuk orang-orang di baris yang sama pekerjaan, misalnya; sekelompok Dokter
c. Mengumpulkan Informasi
Anda
Ingat prinsip KISS ( Keep It Simple Konyol ) ketika merancang presentasi Anda . Fokus pada tiga atau empat poin utama saja.Tahu segala sesuatu tentang topik sehingga siap untuk pertanyaan setelah presentasi.
Ingat prinsip KISS ( Keep It Simple Konyol ) ketika merancang presentasi Anda . Fokus pada tiga atau empat poin utama saja.Tahu segala sesuatu tentang topik sehingga siap untuk pertanyaan setelah presentasi.
d. Sketsa Out Slides on
Paper
Pastikan slide
menekankan poin utama yang akan dibuat dalam presentasi .
Cobalah untuk hanya memiliki satu gagasan utama pada setiap slide. Daftar tidak lebih dari empat poin per slide.
Cobalah untuk hanya memiliki satu gagasan utama pada setiap slide. Daftar tidak lebih dari empat poin per slide.
e.
Tentukan Orde Of Slides Anda
Meskipun hal ini dapat diubah kemudian , memiliki gambaran kasar tentang urutan poin topik Anda , akan membantu Anda merencanakan urutan slide Anda .
Meskipun hal ini dapat diubah kemudian , memiliki gambaran kasar tentang urutan poin topik Anda , akan membantu Anda merencanakan urutan slide Anda .
f.
Buat Presentasi
Ketika membuat slide , konsisten dalam pilihan Anda warna latar belakang , font , transisi , dan animasi .
Ketika membuat slide , konsisten dalam pilihan Anda warna latar belakang , font , transisi , dan animasi .
DISKUSI
BAB 17
- Dalam suatu proses negosiasi
terkadang terjadi perbedaan yang tajam diantara kedua belah pihak. Apabila
masing-masing pihak tidak dapat mengendalikan emosinya, maka bukan
mustahilakan terjadi jalan buntu atau deadlock. Menurut anda, bagaimana
cara mengatasi kebuntuan suatu proses negosiasi? Jelaskan secara singkat!
Jawab :
Negosiasi adalah
menemukan kesepakatan kedua belah pihak secara adil dan dapat memenuhi harapan
atau keinginan kedua belah pihak. Maka dari itu dalam melakukan negosiasi
terkadang terjadi perbedaan pendapat, lalu untuk mengatasi kebuntuan proses
negosiasi tersebut hal-hal yang harus diperhatikan adalah :
·
Persiapan yang cermat
·
Presentasi dan evaluasi
yang jelas mengenai posisi kedua belah pihak
·
Ketrampilan,
pengalaman, motivasi, pikiran yang terbuka
·
Pendekatan yang logis
untuk menciptakan hubungan yang baik antara kedua belah pihak.
- Proses negosiasi yang baik
adalah proses yang dapat menghasilkan suatu kesepakatan yang menguntungkan
kedua belah pihak yang terlibat . seandainya dalam proses negosiasi
tersebut ada salah satu pihak yang merasa dirugikan oleh pihak lain, apa
tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh pihak yang merasa dirugikan
tersebut?
Jawab :
Tindakan yang harus
dilakukan kepada pihak yang merasa dirugikan adalah:
·
Melakukan negosiasi
ulang kepada kedua belah pihak tersebut , untuk menghasilkan kesepakatan yang
tidak merugikan kedua belah pihak.
·
Tidak mengulangi lagi
bernegosiasi kepada orang tersebut.
·
Apabila perlu
diselesaikan lewat pihak yang berwajib.
·
Meminta benda atau apa
yang sudah diberikan, untuk setidaknya menutupi kerugian pihak ini.
- Proses negosiasi cenderung
berlarut-larut membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang harus ditanggung
juga mahal. Bukan tidak mustahil, proses negosiasi yang terjadi melelahkan
dan membosankan juga. Apa yang harus dilakukan agar proses negosiasi dapat
berjalan dengan baik dengan semangat dan motivasi yang tinggi, sehingga
dapat menghasilkan suatu keputusan yang dapat memuaskan kedua belah pihak
?
Jawab :
Yang harus dilakukan
agar proses negosiasi dapat berjalan dengan baik dan dapat memuaskan kedua belah pihak tanpa ada yang
dirugikan adalah :
·
Mencari fakta dari
pihak lain (lawan negosiasi)
·
Menaksir posisi lawan
negosiasi
·
Membuat perencanaan
yang baik
·
Memilih serta mengatur
tim negosiasi
ONLINE BAB 17
- Anda ingin tahu pengertian
tentang negosiasi, cobalah klik alamat website berikut ini: http://en.wikipedia.org/wiki/Negotiation.
berdasarkan artikel tersebut, apa kata kunci sebuah negosiasi?
Jawab :
Kata kunci sebuah
negosiasi adalah proses dimana paling sedikitnya ada dua pihak dengan persepsi,
kebutuhan, dan motivasi yang berbeda mencoba untuk bersepakatan tentang suatu
hal demi kepentingan bersama.
- Untuk mengetahui lebih jauh
tentang negosiasi, kunjungilah alamat website berikut ini: http://www.mindtools.com/CommSkill/NegotiationSkill.
Berdasarkan artikel tersebut, apa faktor yang mempengaruhi keberhasilan
sebuah negosiasi?
Jawab :
Faktor-faktor yang
mempengaruhi keberhasilan sebuah negosiasi adalah:
·
Faktor persiapan yang
cermat
·
Faktor keberanian,
Presentasi dan evaluasi yang jelas mengenai posisi kedua bela pihak
·
Faktor Ketrampilan,
pengalaman, motivasi, pikiran yang terbuka
·
Faktor hubungan,
Pendekatan yang logis untuk menciptakan hubungan yang baik antara kedua belah
pihak.
- kunjungilah alamat website
berikut ini: http://www.negotiation.com/articles/negotiation-types/. Berdasarkan artikel tersebut, jelaskan
beberapa jenis negosiasi tersebut!
Jawab :
berdasarkan artikel
tersebut, inilah jenis-jenis negosiasi, antara lain :
Ø Bargaining
(kalah/menang) : hanya satu pihak yang mencapai
tujuan.
Ø Lose (kalah/kalah) : kedua pihak menerima status quo.
Ø Compromised (kalah/kalah) : ada kepentingan yang dikorbankan
kedua pihak untuk efektivitas tujuan.
Ø Collaborating (menang-menang)
- Untuk memahami jenis-jenis
negosiasi dalam suatu organisasi, cobalah klik alamat website berikut ini:
http://www.laynetwork.com/TYPES-OF-NEGOTIATION-IN-ORGANIZATIONS.htmls/. berdasarkan artikel tersebut, jelaskan
jenis-jenis negosiasi tersebut!
Jawab :
berdasarkan artikel
tersebut, inilah jenis-jenis negosiasi, antara lain :
Ø Bargaining
(kalah/menang) : hanya satu pihak yang mencapai
tujuan.
Ø Lose (kalah/kalah) : kedua pihak menerima status quo.
Ø Compromised (kalah/kalah) : ada kepentingan yang dikorbankan
kedua pihak untuk efektivitas tujuan.
Ø Collaborating (menang-menang)
- Untuk memahami tahap-tahap
dalam bernegosiasi, cobalah klik alamat website berikut ini: http://www.g4sleader.Immattersonline.com/courses/HMM10%20Courseware/negotiating/preparing_tonegotiate.html. berdasarkan artikel tersebut, sebutkan
beberapa tahapan penting bernegosiasi dalam dunia bisnis?
Jawab :
·
Tahap persiapan
Tahapan
ini berkaitan dengan pengumpulan informasi dan penentuan tim negosiasi.
·
Tahap kontak pertama
Merupakan tahap
pertemuan secara langsung antara kedua belah pihak yang terlibat dalam proses
negosiasi.
·
Tahap konfrontasi
Merupakan tahap
saling berargumentasi terhadap segala sesuatu yang akan dinegosiasikan.
·
Tahap konsiliasi
Merupakan tahap
untuk saling melakukan proses tawar-menawar.
·
Tahap solusi
Merupakan tahap
dimana kedua belah pihak mulai saling menerima dan member..
·
Tahap pasca negosiasi
Merupakan tahap
untuk melakukan konsolidasi bagi kedua belah pihak.
- Anda ingin mengetahui taktik
dalam bernegosiasi, kunjungilah alamat website berikut ini: http://ezinearticles.com/?Negotiation---Tactics,-tricks-And-Threatsid=431340. Berdasarkan artikel tersebut, jelaskan
secara singkat bagaimana taktik bernegosiasi?
Jawab :
Dalam bernegosiasi tentunya
ada taktik-taktik yang digunakan agar negosiasi berjalan dengan lancer, yaitu :
·
Taktik cara anda
Mencakup
bahwa anda tahu tujuan yang ingin di capai, anda bersikeras dan memaksa pihak
lawan agar percaya bahwa andalah yang benar, andalah yang berinisiatif dan
mempertahankannya, anda yang
mengendalikan proses negosiasi, dan anda terus menekan.
·
Taktik bekerja sama
Taktik ini
menegaskan bahwa anda mau mendengarkan pihak lawan dan mengetahui apa yang ada
benak mereka.
·
Taktik tidak bertindak
apa-apa
Merupakan sikap
keras kepala dalam bernegosiasi, tetap pada pendirian sebelumnya dan tidak mau
berubah.
·
Taktik melangkah ke
tujuan lain
Taktik ini
menuntut anda harus aktif menggeser sesuatu persoalan ke persoalan lain.
- Taktik yang tepat dalam
bernegosiasi dapat membantu keberhasilan bernegosiasi. Untuk memahami
lebih jauh dalam bernegosiasi, klik alamat website berikut ini: http://www.negotiationstactics. berdasarkan artikel tersebut, jelaskan
beberapa taktik bernegosiasi dalam dunia bisnis?
Jawab :
Menurut saya soal no. 7
ini, sama dengan soal no. 6 maka taktik bernegosiasi dalam dunia adalah:
·
Taktik cara anda
Mencakup bahwa
anda tahu tujuan yang ingin di capai, anda bersikeras dan memaksa pihak lawan
agar percaya bahwa andalah yang benar, andalah yang berinisiatif dan
mempertahankannya, anda yang
mengendalikan proses negosiasi, dan anda terus menekan.
·
Taktik bekerja sama
Taktik ini
menegaskan bahwa anda mau mendengarkan pihak lawan dan mengetahui apa yang ada
benak mereka.
·
Taktik tidak bertindak
apa-apa
Merupakan sikap
keras kepala dalam bernegosiasi, tetap pada pendirian sebelumnya dan tidak mau
berubah.
·
Taktik melangkah ke
tujuan lain
Taktik
ini menuntut anda harus aktif menggeser sesuatu persoalan ke persoalan lain.
- Anda ingin mengetahui tentang
kunci keberhasilan sebuah negosiasi, kunjungilah alamat website berikut
ini: http://www.calumcoburn.co.uk/articles/ten-lessons-one/. Berdasarkan artikel tersebut, apa yang
menjadi kunci keberhasilan dalam bernegosiasi dalam dunia bisnis?
Jawab :
Kunci-kunci yang mempengaruhi keberhasilan sebuah
negosiasi adalah:
·
Persiapan yang cermat
·
Presentasi dan evaluasi
yang jelas mengenai posisi kedua belah pihak
·
Ketrampilan,
pengalaman, motivasi, pikiran yang terbuka
·
Pendekatan yang logis
untuk menciptakan hubungan yang baik antara kedua belah pihak.
- Untuk mengetahui negosiasi
yang efektif, klik alamat website berikut ini: http://www.negotiationstraining.com.au/question/effective-negotiation/. berdasarkan artikel tersebut, bagaimana
bernegosiasi secara efektif?
Jawab :
Dari website diatas,
bernegosiasi secara efektif yaitu bernegosiasi antara kedua belah pihak tanpa ada yang merasa
dirugikan dan proses negosiasi tidak memerlukan waktu, tenaga, biaya yang
banyak.
- kunjungilah alamat website
berikut ini: http://blogs.hbr.org./tjan/2009/07/four-rules-for-effective-negot.html.
Berdasarkan artikel tersebut, ada empat aturan yang harus ditaati agar
negosiasi berjalan dengan efektif, jelaskan secara ringkas keempat aturan
negosiasi tersebut?
Jawab :
Agar proses negosiasi
dapat berjalan secara efektif, ada empat aturan yang yang harus ditaati, yaitu
:
·
Persiapan yang baik dan
cermat
·
Menggunakan kriteria
yang objektif dalam mengambil keputusan
·
Menghindari kesalahan
yang taktis
·
Jangan mengambil
keputusan sendiri, sebelum ada kesepakatan kedua belah pihak
BAHAN DISKUSI BAB 18
1) Dalam dunia praktis, pelaksanaan rapat bisnis
kadangkala tidak berjalan lancar, bahkan terkesan hanya membuang-buang waktu,
tenaga dan dana. Menurut Anda, mengapa hal itu terjadi? Jelaskan dengan lebih
rinci!
Jawab :
Mungkin karena topik yang dibahas keluar dari topik utama yang menjadi
tujuan pokok dalam rapat tersebut. Biasanya, audiens mengeluh bahwa pertemuan terlalu
lama, dijadwalkan tanpa waktu yang cukup untuk mempersiapkan dan berakhir tanpa
hasil yang jelas.
2) Ketika suatu perusahaan memutuskan bahwa
rapat bisnis akan diselenggarakan di sebuah hotel berbintang di kota Anda, apa
saja yang perlu dipertimbangkan terkait pelaksanaan rapat bisnis tersebut?
Jawab :
a. Urgensi (tingkat kepentingan)
b. Jumlah peserta
c. Ketersediaan factor finansial (dana)
pendukung
3) Rapat bisnis yang efektif tentu menjadi
harapan bagi siapa pun, khususnya bagi para pelaku bisnis. Menurut Anda, apa
saja yang perlu diperhatikan agar rapat bisnis berjalan efektif?
Jawab :
a. Kesiapan panitia penyelenggara
b. Narasumber (presenter)
c. Keaktifan para peserta rapat bisnis tersebut.
4) Menurut Anda, apa pertimbangan rapat bisnis
dalam memilih susunan tempat duduk (layout)?
Jawab :
Mengatur posisi tempat duduk (layout) yang nyaman dan memungkinkan
interaksi yang baik antara pimpinan dan peserta rapat bisnis. Pengaturan posisi
tempat duduk (layout) tersebut, dapat oleh jumlah peserta yang hadir.
ONLINE BAB 18
1) Perencanaan sangat diperlukan dalam berbagai
hal, termasuk kegiatan rapat bisnis. Apabila Anda ingin membuat rencana rapat
bisnis, silahkan kunjungi alamat website berikut : http://www.meetingwizard.org/meetings/how-to-plan-a-meeting.cfm. Berdasarkan artikel tersebut, apa
saja yang perlu dipertimbangkan dalam merencanakan sebuah rapat bisnis?
Jawab :
a.
Persiapan
Persiapan berarti memastikan
pertemuan Anda memiliki jelas , menyatakan tujuan , dan agenda . Peserta yang
dipilih dengan hati-hati , diundang dengan cara profesional dan diberi
informasi sebelumnya yang cukup . Persiapan juga berarti perhatian terhadap
detail termasuk : pemesanan kamar , katering , peralatan a / v , pengingat .
b. Fasilitas
Fasilitasi berarti bahwa
seseorang atau tim bertanggung jawab untuk membimbing pertemuan , rencana
pertemuan tersebut tercermin dalam agenda dan fasilitator (atau kursi) membuat
hal-hal pada waktu dan di trek .
c.
Inspirasi
Inspirasi mungkin adalah
aspek yang paling diabaikan dari pertemuan sehari-hari . Semua perhatian
terhadap detail dan proses dapat mendorong kesempatan untuk spontanitas dan
antusiasme samping . Membangun kegiatan yang melibatkan peserta , menggunakan
strategi untuk menghasilkan diskusi , atau alat bantu visual untuk menarik
perhatian .
d.
Hasil
Hasil berarti bahwa
setiap pertemuan harus diarahkan satu atau lebih hasil . Peserta harus merasa
bahwa sesuatu telah dicapai , dan mereka harus melihat semua pertemuan mereka
sebagai bagian dari strategi yang lebih besar untuk melibatkan mereka dalam
masa depan organisasi . Pencapaian pada satu pertemuan harus dirangkum dalam
berikutnya , dan seterusnya .
2) Pelaksanaan rapat bisnis yang efektif
dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kunjungi website beriku ini : http://www.meetingwizard.org/meetings/effective-meetings.cfm. Berdasarkan artikel tersebut,
bagaimana rapat bisnis yang efektif?
Jawab :
Sebelum Rapat
·
Tentukan tujuan pertemuan tersebut.
·
Mengembangkan agenda bekerjasama dengan peserta
kunci.
·
Distribusikan agenda dan mengedarkan bahan latar
belakang, dokumen panjang atau artikel sebelum pertemuan sehingga anggota akan
disiapkan dan merasa terlibat dan up-to -date.
·
Pilih waktu pertemuan yang tepat. Tentukan batas
waktu dan tetap berpegang pada itu, jika memungkinkan. Ingat, anggota memiliki
komitmen lain. Mereka akan lebih cenderung untuk menghadiri pertemuan jika Anda
membuat mereka produktif, diprediksi dan sesingkat mungkin.
·
Jika memungkinkan, mengatur ruangan sehingga
anggota saling berhadapan, yaitu , lingkaran atau setengah lingkaran. Untuk
kelompok besar, cobalah baris U-berbentuk.
·
Pilih lokasi yang cocok untuk ukuran grup Anda.
Kamar kecil dengan terlalu banyak orang mendapatkan pengap dan menciptakan ketegangan.
Kamar yang lebih besar lebih nyaman dan mendorong ekspresi individu.
·
Gunakan alat bantu visual untuk kepentingan ( misalnya
, poster , diagram , dll ). Posting agenda besar di depan yang anggotanya dapat
merujuk.
·
Vary tempat pertemuan jika mungkin untuk mengakomodasi
anggota yang berbeda. Pastikan semua orang tahu di mana dan kapan pertemuan
berikutnya akan diadakan.
Selama Rapat
·
Menyapa anggota dan membuat mereka merasa diterima,
bahkan anggota-an saat yang tepat.
·
Jika memungkinkan, melayani minuman ringan; mereka
adalah pembuka percakapan yang baik dan membuat anggota Anda merasa istimewa
dan nyaman.
·
Mulai tepat waktu. Diakhiri tepat waktu.
·
Meninjau agenda dan menentukan prioritas untuk
pertemuan tersebut.
·
Menempel agenda .
·
Mendorong diskusi kelompok untuk mendapatkan semua
sudut pandang dan ide-ide. Anda akan memiliki keputusan yang lebih berkualitas
serta anggota sangat termotivasi; mereka akan merasa bahwa menghadiri pertemuan
bernilai sementara mereka.
·
Mendorong umpan balik . Ide, kegiatan dan komitmen
terhadap organisasi meningkatkan ketika anggota melihat dampaknya terhadap proses
pengambilan keputusan .
·
Jauhkan pembicaraan terfokus pada topik . Jangan
ragu untuk meminta komentar hanya konstruktif dan non - berulang . Bijaksana
mengakhiri diskusi ketika mereka mendapatkan tempat atau menjadi destruktif
atau tidak produktif .
·
Jauhkan notulen rapat untuk referensi di masa
mendatang dalam kasus pertanyaan atau masalah muncul.
·
Sebagai seorang pemimpin , menjadi panutan dengan
mendengarkan , menunjukkan minat , penghargaan dan kepercayaan pada anggota.
Mengakui kesalahan.
·
Meringkas kesepakatan yang dicapai dan mengakhiri
pertemuan dengan catatan pemersatu atau positif . Misalnya, apakah anggota
secara sukarela pikiran hal-hal yang mereka merasa telah baik atau berhasil
atau mengulangi misi organisasi.
·
Mengatur tanggal, waktu dan tempat untuk pertemuan
berikutnya.
Setelah Rapat
·
Menulis dan mendistribusikan menit dalam 3 atau 4
hari. Tindakan cepat memperkuat pentingnya pertemuan dan mengurangi kesalahan
memori.
·
Diskusikan masalah selama pertemuan dengan petugas
lainnya ; datang dengan cara-cara perbaikan dapat dilakukan.
·
Tindak lanjut atas keputusan delegasi. Melihat
bahwa semua anggota memahami dan melaksanakan - tanggung jawab mereka.
·
Berikan pengakuan dan penghargaan kepada kemajuan
yang sangat baik dan tepat waktu.
·
Pasang urusan yang belum selesai dalam agenda untuk
pertemuan berikutnya.
·
Melakukan evaluasi berkala pertemuan. Perhatikan
setiap daerah yang dapat dianalisis dan ditingkatkan untuk pertemuan lebih
produktif
3) Untuk membuat sebuah notulen bisnis yang
baik, klik alamat website berikut ini : http://www.ehow.com/how3815_minutes-business-meeting.html. Berdasarkan artikel tersebut,
bagaimana membuat sebuah notulen bisnis?
Jawab :
a. mengambil Menit
Mendapatkan agenda pertemuan , menit dari pertemuan terakhir, dan dokumen latar belakang yang akan dibahas. Pertimbangkan untuk menggunakan tape recorder untuk memastikan akurasi.
Mendapatkan agenda pertemuan , menit dari pertemuan terakhir, dan dokumen latar belakang yang akan dibahas. Pertimbangkan untuk menggunakan tape recorder untuk memastikan akurasi.
b. Duduk di samping ketua
klarifikasi nyaman atau bantuan sebagai hasil pertemuan.
c. Menulis " Risalah pertemuan
( nama asosiasi yang tepat )".
d. Catat tanggal, waktu dan
tempat rapat.
e. Edarkan selembar kertas
bagi peserta untuk mendaftar. (Lembar ini juga dapat membantu mengidentifikasi
speaker dengan pengaturan tempat duduk kemudian dalam pertemuan tersebut). Jika pertemuan itu
adalah salah satu yang terbuka, tuliskan hanya nama-nama peserta yang memiliki
hak suara.
f. Catatan yang datang
terlambat atau meninggalkan awal sehingga orang-orang ini dapat diberitahu
tentang apa yang mereka tidak terjawab.
g. Tuliskan item dalam
urutan di mana mereka dibahas. Jika item 8 agenda dibahas sebelum pos 2,
menjaga jumlah item yang tua tapi menulis angka 8 di tempat kedua.
h. Catat gerakan dibuat dan
nama-nama orang-orang yang berasal mereka.
i.
Catat apakah gerakan yang diadopsi atau ditolak,
bagaimana suara diambil (melalui angkat tangan, suara atau metode lain) dan
apakah suara yang bulat. Untuk pertemuan kecil, menulis nama-nama peserta yang
menyetujui, menentang dan menjauhkan diri dari masing-masing gerakan.
j.
Fokus pada rekaman tindakan yang diambil oleh
kelompok . Jangan menuliskan rincian dari setiap diskusi.
k. Menyalin Menit.
l.
Menuliskan menit segera setelah pertemuan , bila
memori Anda acara masih segar.
m. Ikuti format yang
digunakan dalam beberapa menit sebelumnya.
n. Kata Pengantar resolusi
dengan " MEMUTUSKAN , BAHWA ... "
o. Pertimbangkan
melampirkan resolusi panjang , laporan atau bahan tambahan lainnya ke menit
sebagai lampiran.
p. Menulis " Dikirim
oleh " dan kemudian menandatangani nama Anda dan tanggal.
q. Tempatkan menit
kronologis dalam sebuah buku catatan .
4) Rapat bisnis yang baik perlu menjunjung etika
dalam melakukan rapat. Untuk mendalami etika dalam rapat bisnis, kunjungi
alamat website berikut ini : http://www.mftrou.com/business-meeting-etiquette.html. Berdasarkan artikel tersebut,
bagaimana etika rapat bisnis?
Jawab :
1 . Makan malam
Pertama menentukan seberapa resmi pertemuan Anda. Wajah memperingatkan peserta tentang persyaratan khusus, untuk dress code contoh, untuk memastikan orang memahami apa yang diharapkan dan dapat dipersiapkan dengan sesuai.
Pertama menentukan seberapa resmi pertemuan Anda. Wajah memperingatkan peserta tentang persyaratan khusus, untuk dress code contoh, untuk memastikan orang memahami apa yang diharapkan dan dapat dipersiapkan dengan sesuai.
2. Terlalu banyak
koki ... dan tidak cukup pencuci botol
Ada keterampilan mengundang orang yang tepat untuk pertemuan. Hanya mengundang bos, dan pekerjaan tidak akan dilakukan, jadi pastikan Anda mengundang campuran yang tepat dari para pengambil keputusan, para ahli, pelaksana dan pemangku kepentingan untuk memungkinkan tindakan pertemuan pos
Ada keterampilan mengundang orang yang tepat untuk pertemuan. Hanya mengundang bos, dan pekerjaan tidak akan dilakukan, jadi pastikan Anda mengundang campuran yang tepat dari para pengambil keputusan, para ahli, pelaksana dan pemangku kepentingan untuk memungkinkan tindakan pertemuan pos
3 ..... tapi terlalu banyak koki merusak kaldu
Sisi lain untuk mengundang campuran yang tepat dari orang-orang adalah bahwa Anda mungkin berakhir dengan ruang pertemuan meluap. Selama Anda mendapatkan sekitar 80 % dari yang Anda butuhkan, Anda akan baik-baik saja.
Sisi lain untuk mengundang campuran yang tepat dari orang-orang adalah bahwa Anda mungkin berakhir dengan ruang pertemuan meluap. Selama Anda mendapatkan sekitar 80 % dari yang Anda butuhkan, Anda akan baik-baik saja.
4 . Agenda pertemuan 37 menit
Siapkan agenda pertemuan di muka dan edarkan kepada peserta Anda. ingat bahwa pertemuan bisa datang dalam semua durasi yang berbeda, sehingga mendapatkan perhatian orang dengan memiliki pertemuan durasi aneh. Rapat yang dimulai dan selesai tepat waktu ( atau bahkan lebih awal ! ), Dan mencapai semua tujuan yang digariskan dalam agenda akan dihargai oleh semua, dan akan meningkatkan kesempatan Anda untuk pertemuan lebih baik lain kali.
Siapkan agenda pertemuan di muka dan edarkan kepada peserta Anda. ingat bahwa pertemuan bisa datang dalam semua durasi yang berbeda, sehingga mendapatkan perhatian orang dengan memiliki pertemuan durasi aneh. Rapat yang dimulai dan selesai tepat waktu ( atau bahkan lebih awal ! ), Dan mencapai semua tujuan yang digariskan dalam agenda akan dihargai oleh semua, dan akan meningkatkan kesempatan Anda untuk pertemuan lebih baik lain kali.
5 . Barel Kosong membuat sebagian kebisingan
Keterampilan fasilitasi yang penting ketika Anda memiliki orang-orang yang menyukai suara mereka sendiri. Gunakan memenuhi aturan dasar untuk membantu menghindari berbicara demi berbicara.
Keterampilan fasilitasi yang penting ketika Anda memiliki orang-orang yang menyukai suara mereka sendiri. Gunakan memenuhi aturan dasar untuk membantu menghindari berbicara demi berbicara.
6 . Berhenti perjanjian kekerasan
Dan inilah alasan lain mengapa ini adalah ide bagus ..... dan lagi ... dan lagi. Apakah Anda benar-benar perlu membuang waktu keras setuju dengan satu sama lain? Ini mungkin menyenangkan, tapi mendapatkan konsensus dan terus maju.
Dan inilah alasan lain mengapa ini adalah ide bagus ..... dan lagi ... dan lagi. Apakah Anda benar-benar perlu membuang waktu keras setuju dengan satu sama lain? Ini mungkin menyenangkan, tapi mendapatkan konsensus dan terus maju.
7 . AOB
Mari kita tumpul - Setiap Bisnis juga bisa berarti Setiap Old Bull kecuali jika Anda tetap memegang ketat halter tersebut . Meminta poin AOB pada awal pertemuan dan hanya memberi mereka airtime jika ada waktu . Periksa apakah poin sudah dibahas , kemudian mendapatkan kelompok untuk memprioritaskan setiap titik AOB dan menetapkan batas waktu pada mereka
Mari kita tumpul - Setiap Bisnis juga bisa berarti Setiap Old Bull kecuali jika Anda tetap memegang ketat halter tersebut . Meminta poin AOB pada awal pertemuan dan hanya memberi mereka airtime jika ada waktu . Periksa apakah poin sudah dibahas , kemudian mendapatkan kelompok untuk memprioritaskan setiap titik AOB dan menetapkan batas waktu pada mereka
5) Untuk memahami lebih baik rapat bisnis yang
efektif, klik alamat berikut ini: http://www.dummies.com/how-to/content/conducting-effective-business-meetings.html. Berasarkan artikel tersebut, poin
penting apa yang perlu diperhatikan agar rapat bisnis berjalan secara efektif
dan mencapai tujuannya?
Jawab :
1. Pastikan bahwa setiap orang yang mengikuti
rapat mengetahui dengan pasti kapan dan dimana rapat tersebut akan diadakan,
apa yang akan dibicarakan, sehingga mereka dapat mempersiapkan informasi yang
relevan sebelum rapat di mulai, dan mereka juga harus tahu kapan rapat tersebut
akan selesai.
2. Mulailah tepat waktu. Jangan menunda, jangan
menunggu. Kebanyakan rapat tidak dimulai tepat waktu. Jika hal ini terjadi
beberapa kali, maka para peserta rapat mulai berpendapat bahwa mereka tidak
harus datang tepat waktu untuk menghadiri suatu rapat, “karena pasti akan
selalu ada yang datang terlambat”. Dan yang dimaksud dengan “tepat waktu”
disini berarti Anda sudah duduk di tempat Anda dengan dokumen-dokumen yang
sudah tertata rapi di depan Anda, dan handphone yang sudah dalam keadaan mati
bahkan sebelum rapat di mulai.
3. Pastikan setiap poin dalam agenda Anda
mencakup keseluruhan detail yang diperlukan. Selain itu, seringkali akan sangat
membantu jika Anda memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk membicarakan
setiap poin tersebut dan menuliskannya dalam agenda Anda. Kalaupun tidak,
pastikan bahwa hal-hal yang menjadi prioritas utama dibicarakan terlebih dahulu
pada saat rapat. Dengan demikian, jika waktu rapat tidak mencukupi maka hal-hal
penting tersebut tidak disampaikan dengan tergesa-gesa pada akhir rapat.
4. Catatlah. Beberapa rapat mengharuskan adanya
catatan mengenai siapa yang berkata apa, atau lebih sering dikenal sebagai
notulen. Membuat notulen adalah tugas yang membutuhkan keahlian dan tidaklah
begitu mudah, dan siapapun yang melakukannya tidak akan mungkin dapat
berpartisipasi secara penuh. Setiap peserta rapat dapat menjadi notulis, sehingga
ada baiknya jika setiap peserta secara bergantian mendapatkan kesempatan dan
pengalaman untuk menjadi seorang notulis.
5. Bertindaklah! Jangan menunggu sampai rapat
berikutnya! Catatlah hal-hal yang harus Anda kerjakan, dan lakukanlah sesegera
mungkin, dan laporkan hasilnya pada rapat berikutnya.
6) Mengapa sebuah rapat bisnis gagal, cari
jawabannya di alamat wbsite berikut ini: http://www.articlesbase.com/business-articles/helping-your-boss-keep-business-meetings-from-failing2830571.html. Berdasarkan artikel tersebut, apa
saja yang perlu diperhatikan agar sebuah rapat bisnis yang sangat penting tidak
mengalami kegagalan?
Jawab :
Memerlukan perencanaan yang baik, pemantauan selama pelaksanaan rapat
dan tindak lanjut dari rapat bisnis.
7) Rapat bisnis yang berhasil tentu menjadi
harapan banyak pihak. Oleh karena itu, untuk mendalami topic tentang
keberhasilan rapat bisnis dapat dilihat pada alamat website berikut ini: http://www.bizmove.com/skills/m8l.htm. Berdasarkan artikel tersebut, faktor
apa saja yang mempengaruhi keberhasilan sebuah rapat bisnis?
Jawab :
Keputusan mendasar mengenai pertemuan yaitu bagaimana membuat mereka
efektif. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa anggota manajemen menengah
menghabiskan 30 persen dari waktu mereka di pertemuan. Pertemuan yang tidak
produktif dapat mengakibatkan kerugian besar bagi organisasi . Di sisi lain,
pertemuan yang produktif menjadi alat untuk komunikasi manajemen yang efektif,
dan berfungsi sebagai wahana untuk pengembangan rencana tertentu atau organisasi
tugas-tugas tertentu. Dalam kasus apapun, pertemuan yang sukses tidak terjadi
begitu saja; mereka terjadi sebagai akibat dari perencanaan yang matang,
kepemimpinan yang baik, dan perhatian terhadap detail sebelum, selama, dan
setelah sesi.
DISKUSI
BAB 19
- Seorang manajer pemasaran baru
saja memperoleh setumpuk laporan tertulis dari pimpinan-pimpinan cabang
yang tersebar di beberapa daerah. Ia nampak kesal dengan beberapa laporan
yang terlalu detail yang tanpa disertai rangkuman laporan, sehingga dengan
terpaksa ia harus membaca laporan secara keseluruhan. Kekesalan ini ia
lontarkan dihadapan salah seorang pimpinan cabang yang kebetulan adalah
pindahan pimpinan cabang dari daerah lain. Menurut anda, bagaimana format
laporan yang dibutuhkan oleh staf manejemen yang memungkinkan mereka dapat
segera mengambil suatu keputusan perusahaan yang sangat penting bagi
perusahaan !
Jawab :
Format laporan yang
dibutuhkan oleh staf manejemen untuk mengambil suatu keputusan perusahaan yang
sangat penting adalah :
·
Tempatkan ide-ide yang
paling penting pada tingkatan tertinggi, lalu pertimbangkan panjang laporan,
subjek, dan pembaca.
·
Sedapat mungkinmencoba
untuk menjaga keseimbangan masing-masing bagian.
·
Jika membagi suatu
topik, paling tidak anda mempunyai dua subjudul.
·
Gunakan pertimbangan
dengan baik, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit untuk subjudul.
·
Tidak pernah menggunakan
judul laporan sebagai bagian judul.
- Pada umumnya, EO (Event
Organizer) menyusun sebuah program berupa kegiatan penyelenggaraan pameran
buku yang diikuti oleh sejumlah penerbitan lokal maupun nasional yang
tersebar di seluruh Indonesia. Sebagai sebuah EO yang sudah berpengalaman
tentu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya, mulai
dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pasca kegiatan
pameran berlangsung. Ketua panetia penyelenggara kegiatan pameran buku
tingkat nasional tentu harus bertanggung
jawab terhadap manejer EO tersebut. Salah satu bentuk
pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan pameran tersebut adalah melalui
penyusunan laporan kegiatan. Seandainya anda diberi tugas sebagai ketua
panetia penyelenggara kegiatan pameran buku tersebut, apa sajakah yang
perlu dipertimbangkan dalam menyusun laporan tersebut ?
Jawab :
Yang perlu
dipertimbangkan dalam menyusun laporan adalah :
·
Membuat Topik-topik
atau Kriteria terlebih dahulu
·
Menyusun Urutan suatu
Peristiwa atau Kejadian-kajadian
·
Mendeskripsikan Lokasi
atau Tempat
·
Menjelaskan suatu
Proses atau Prosedur
·
Menyusun Urutan Tingkat
Pentingnya secara Alfabet
·
Menyusun Urutan Tingkat
Familiaritas
·
Menyusun Sumber-suber
yang Digunakan
·
Pemecahan Masalah
ONLINE
BAB 19
- Cobalah Anda kunjungi website
Tikkanen-Bradley Consulting Group yang beralamat http://www.mortimer.com/consult/tips.htm.
Ada 12 poin penting untuk menulis rencana bisnis (business plan).
Jelaskan secara singkat masing-masing poin tersebut !
Jawab :
·
Tentukan
mengapa anda menulis rencana bisnis, dalam
menulis rencana bisnis tentunya ada tujuan dan maksutnya.
·
Tentukan
gambaran intinya, sebelum melakukan penelitian dan
mencari informasi, tentukanlah gambar intinya terlebih dahulu.
·
Cari
semua informasi yang terkait dari berbagai sumber, dengan
mengenali informasi yang terkait dari berbagai sumber, dalam menulis rencana
bisnis akan mudah.
·
Pengetikan,
dalam menulis rencana bisnis, tulisan yang ditulis harap diketik dan jangan
ditulis tangan, agar kelihatan rapi.
·
Siapkan
draf rencana bisnis, dalam menulis rencana bisnis, Siapkan draf rencana
bisnis, terlebih dahulu.
·
Lakukan
research, adalah, melakukan pengumpulan informasi
dan penelitian, untuk menulis rencana
bisnis
·
Mulai
berpikir tentang angka-angka, dalam menulis
laporan bisnis tentunya harus dihitung biaya-biaya yang telah dikeluarkan.
·
Menulis
rencana akhir, dalam menulis laporan bisnis, harus
ada rencana akhir apabila penulisan laporan bisnis sudah selesai.
·
Menetapkan
tenggang waktu, dalam menulis laporan bisnis, perlu
ditetapkan tenggang waktu agar dapat
tepat waktu pengumpulan.
·
Finishing,
adalah tahap awal dalam menulis laporan
bisnis, yang berisi tentang ringkasan keseluruhan.
- Laporan bisnis yang baik
memiliki arti yang sangat penting, khusunya bagi para pengambil kebijakan.
Oleh karena itu, kunjungilah alamat website berikut ini: http://en.wikipedia.org/wiki/Business_report_writing.
Berdasarkan informasi tersebut, bagaimana menulis laporan bisnis yang baik
?
Jawab :
Dalam menulis laporan
bisnis yang baik harus, laporan memerlukan perhatian yang lebih dalam pengorganisasian, alat bantu
visual, dan teknik-teknik lain yang memungkinkan suatu laporan dapat dan mudah dibaca.
- Cobalah Anda kunjungi website
berikut ini: http://www.tony-atherton.co.uk./articleshowritrept.htm.
berdasarkan artikel tersebut, bagaimana format penulisan laporan bisnis?
Jawab :
Berdasarkan format
laporan diatas cara penulisan format laporan bisnis adalah :
·
Tempatkan ide-ide yang
paling penting pada tingkatan tertinggi, lalu pertimbangkan panjang laporan,
subjek, dan pembaca.
·
Sedapat mungkinmencoba
untuk menjaga keseimbangan masing-masing bagian.
·
Jika membagi suatu
topik, paling tidak anda mempunyai dua subjudul.
·
Gunakan pertimbangan dengan
baik, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit untuk subjudul.
·
Tidak pernah
menggunakan judul laporan sebagai bagian judul.
- Laporan bisnis dapat
dikelompokan kedalam beberapa jenis. Selanjutnya klik alamat website
berikut ini: http://www.writinghelp-central.com/business-reports.html.
Berdasarkan artikakel, jelaskan secara singkat pengelompokan laporan
bisnis tersebut?
Jawab :
Pengelompokan laporan
bisnis dibagi menjadi beberapa golongan yaitu :
·
Menurut Fungsinya
Suatu laporan
dapat dibedakan apakah untuk memberi informasi atau untuk analisis.
·
Menurut Subjeknya
Suatu laporan
dapat dibedakan menurut dari departemen mana suatu laporan itu diperoleh.
·
Menurut Formalitasnya
Suatu laporan
dapat dibedakan atas dasar apakah bersifat formal atau nonformal.
·
Menurut Keasliannya
Suatu laporan
dapat dibedakan atas dasar otoritas atau sukarela dan public atau swasta.
·
Menurut Frekuensinya
Suatu laporan
dapat dibedakan atas dasar apakah secara berkala atau khusus.
·
Menurut Jenisnya
Suatu laporan
dipengaruhi olehformalitas dan panjangnya laporan.
- Perencanaan yang baik memang
sangat diperlukan dalam dunia bisnis, termasuk penulisan laporan bisnis.
Oleh karena itu, kunjungilah alamat website berikut ini: http://www.howtobooks.co.uk/business/report-writing.asp. Berdasarkan informasi tersebut apa saja
yang perlu dipersiapkan dalam menyusun laporan bisnis?
Jawab :
Yang perlu dipersiapkan
dalam menyusun laporan bisnis adalah:
·
Defisinikan Masalah,
Tujuan, dan Ruang Lingkup
·
Pertimbangkan Siapa
yang Akan Menerima Laporan
·
Menentukan Idea atau
Gagasan
·
Mengumpulkan Bahan yang
Diperlukan
·
Menganalisis dan
Menafsirkan Data
·
Mengorganisasi Data dan
Mempersiapkan Kerangka Akhir
Komentar
Posting Komentar