Tugas Diskusi dan Online (Bab 9- Bab 11) Komunikasi Bisnis
DISKUSI
BAB
9
1. Seorang
pelanggan mengirim surat permintaan informasi kepada suatu perusahaan. Ia
sangat tertarik terhadap suatu produk yang baru saja diiklankan dalam sebuah
majalah ternama di ibu kota. Dalam menjawab atau membalas surat permintaan informasi
tersebut, mana yang lebih tepat antara dalam bentuk surat atau personal.
Mengapa demikian ?
Jawab :
a. Memulai
dengan ide pokok, dengan mengemukakan secara jelas dan tegas, jangan
bertele-tele
b. Ikuti
penjelasan yang lebih rinci tentang bagaimana dan apa permintaan yang
dikehendaki. Dalam bagian ini dapat dilakukan tanya jawab
c. Bagian
penutup, kemukakan pernyataan keramahan, apresiasi/penghargaan dan tindakan
khusus yang diinginkan. Agar muda dihubungi cantumkan nomor telephon yang dapat
dihubungi.
2. Seorang
alumni suatu perguruan tinggi ingin melamar suatu pekerjaan. Salah satu
persyaratannya adalah memiliki minimal tiga surat rekomendasi. Ia memiliki
kemampuan akademis maupun keterampilan berorganisasi yang biasa saja, dalam
artian tidak terlalu menonjol. Ia adalah salah satunya anak yang sangat
diharapkan oleh keluarganya untuk menjadi tulang punggung keluarga, setelah
ayahnya tiada. Sebagai orang yang diminta untuk memberikan rekomendasi, apa
yang dapat anda lakukan terhadap kasus tersebut ?
Jawab :
Apabila pelamar
tersebut memiliki kemampuan yang standar dan tidak memiliki kemampuan yang
lebih serta tidak sesuai dengan persyaratan yang ditentukan, saya akan
memberikan rekomendasi dengan suatu perjanjian tertentu, walaupun kemampuan
yang dimiliki standar. Konsep yang saya kemukakan ini karena terjadi pada suatu
kondisi tertentu.
ONLINE
BAB 9
1.
Dalam dunia bisnis
praktis, penulisan pesan-pesan rutin biasa dilakukan. Oleh karena itu, untuk
menambah wawasan tentang pesan-pesan rutin dalam dunia bisnis, kunjungilah
alamat website berikut ini : http://real-timeupdates.com/it/portal/cache.php?id=15886.
Berdasarkan artikel tersebut, bagaimana cara menulis pesan-pesan rutin ?
Jawab :
a. Memulai
dengan ide pokok, dengan mengemukakan secara jelas dan tegas, jangan
bertele-tele
b. Ikuti
penjelasan yang lebih rinci tentang bagaimana dan apa permintaan yang
dikehendaki. Dalam bagian ini dapat dilakukan tanya jawab
c. Bagian
penutup, kemukakan pernyataan keramahan, apresiasi/penghargaan dan tindakan
khusus yang diinginkan. Agar muda dihubungi cantumkan nomor telephon yang dapat
dihubungi.
2.
Pada penyampaian
pesan-pesan bisnis yang menyenangkan, orang cenderung menggunakan pendekatan
langsung. Oleh karena itu, coba kunjungi alamat website berikut ini : http://owl.english.purdue.edu/owl/resource/654/1/.
Berdasarkan artikel tersebut, bagaimana cara penyampaian pesan-pesan bisnis
yang positif tersebut ?
Jawab :
Berfokus pada kata-kata
positif daripada negatif, hanya karena kebanyakan orang merspon lebih baik
terhadap ide-ide positif deripada yang negatif. Kata-kata yang mempengaruhi
pembaca secara positif cenderung menghasilkan respon yang di inginkan dalam
situasi menulis surat. Sebuah penekanan yang positif akam membujuk pembaca dan
menciptakan goodwill. Sebaliknya, kata-kata negatif yang dapat menghasilkan
resistensi dan reaksi yang tidak menguntungkan lainnya. Oleh karena itu, harus
berhati-hati untuk menghindari kata-kata dengan konotasi negatif. Kata-kata ini
juga menyangkal misalnya, tidak, menolak, dan menghentikan atau menyampaikan
bahagia atau tidak menyenangkan. Asosiasi misalnya sayangnya, tidak dapat,
tidak bisa, kesalahan,masalah,kerusakan,kehilangan dan kegagalan.
3.
Surat rekomendasi untuk
berbagai keperluan dari kepentingan memang sangat diperluhkan, bahkan untuk
keperluan studi lanjut. Kunjungilah alamat website berikut ini : http://www.writeexpress.com/recommendation-letter.html.
berdasarkan artikel tersebut, jelaskan bagaimana cara menulis surat rekomendasi
yang baik ?
Jawab:
a. Jelaskan
bagaimana anda tahu tentang pemohon, jika anda sudah kenal dia untuk waktu yang
lama, anda dapat menyatakan fakta bahwa.
b. Nytakan
kualifikasi anda sendiri. Mengapa pembaca tertarik dalam rekomendasi anda?
Berapa banyak orang lain sekeliber pemohon yang anda tahu.
c. Daftar
kualitas dan keterampilan yang luar biasa dari pemohon, terutama yang spesifik
untuk bidang pemohon bunga atau permintaan pekerjaan.
d. Tekankan
poin-poin penting yang ingin dicatat pada resume atau aplikasi. Pastikan untuk
bermakna rumit, tidak hanya menyatakan kembali.
e. Berikan
penilaian pada pemohon terhadap kualifikasi dan potensial.
f. Berikan
contoh-contoh spesifik untuk mendukung apa yang kamu katakan dalam surat
rekomendasi.
g. Jika
itu benar-benar relevan, tidak meliputi refernsi untuk perlombaan pemohon,
agama, asal usul kebangsaan, usia, kecacatan, jenis kelamin atau status
perkawinan.
h. Jangan terlalu singkat, surat rekomendasi
untuk pekerjaan harus dalam satu halaman, surat rekomendasi untuk sekolah harus
satu sampai dua halaman.
i.
Membuat berakhir kuat
tanpa berlebihan.
j.
Daftar informasi kontak
anda jika anda bersedia untuk meneriam tindak lanjut korespondensi
k. Mengoreksi,
surat rekomendasi mewakili anda dan pemohon.
4.
Siapa yang tidak senang
dengan berita yang menyenangkan (good news) ? siapapun pasti suka kalau
memperoleh goog news tersebut. silahkan kunjungi alamat website berikut ini : http://www.ehow.com/how5190934write-article-people-want-read.html.
berdasarkan artikel tersebut, bagaimana cara menulis good news yang
memungkinkan pembaca tertarik untuk membacanya ?
Jawab:
Dalam penulisan
pesan-pesan positif goodnews dan goodwill gunakanlah pendekatan langsung. Hal
itu dilakukan karena pembaca pada umumnya tertarik atas apa yang akan kita
sampaikan. Tujuan yang dicapai adalah mengkomunikasikan informasi arau
goodnews, menjawab semua pertanyaan, menyiapkan secara rinci apa yang diminta
dan yang lebih penting usahakan selalu sopan, ramah dan tidak emosional apaun
bentuk permintaan yang diinginkan. Pengorganisasian pesan-pesan positif sebagai
berikut:
a. Ide
pokok yang jelas
b. Penjelasan
yang lebih rinci
c. Penutup
(ramah dan penuh etika)
DISKUSI
BAB 10
Doni salah seorang
peneliti muda yang energik diminta untuk bekerjasama melakukan penelitian di
suatu daerah terpencil di Kalimantan. Oleh karena waktunya bersamaan dengan
kegiatan penelitian di daerah lain, kemungkinan besar ia harus menolak tawaran
tersebut. seandainya anda adalah Doni, apakah anda akan menerima atau menolak
tawaran untuk melakukan penelitian tersebut. jelaskan!
Jawab:
Menolak tawaran untuk
melakukan penelitian di suatu daerah terpencil di Kalimantan, akan berdampak
negatif sebab dalam sebuah perusahaan seorang Manager akan berasumsi bahwa
tidak ada kerjasama diantara mereka. Dengan menerima tawaran ini tujuannya
adalah dapat memberikan pengetahun yang lebih dari pengalaman yang didapatkan
dari penelitian yang akan dilakukan.
ONLINE
BAB 10
1. Bad
news adalah pesan-pesan bisnis yang sangat tidak di harapan oleh siapapun, oleh
karena sangat tidak menyenangkan dan menyakitkan. Oleh karena itu, cobalah
kunjungi alamat website berikut ini : http://hubpages.com/hub/how-to-write-a-bad-news-business-letter.
berdasarkan artikel tersebut, bagaimana sebaiknya menulis sebuah pesan bisnis
yang tidak menyenangkan, namun dapat diterima oleh pihak penerima pesan
tersebut?
Jawab:
Pesan-pesan
bad news adalah surat untuk menyampaikan informasi yang kurang menyenangkan
dengan tetap menjaga atau memperhatikan bagaimana dampaknya bagi audiens.
Contohnya seperti pemutusan hubungan kerja, penurunan jabatan, penolakan
lamaran kerja.
2.
Kunjungilah alamat
website berikut ini: http://hubpages.com/hub/how-to-write-a-bad-news-business-letter.
berdasarkan artikel tersebut, bagaimana mengkomunikasikan pesan yang tidak
menyenangkan secara profesional?
Jawab:
Saya
membuat contoh tentang pemutusan hubungan kerja (PHK), dalam mengkomunikasikan
hal ini saya perlu menggunakan pendekatan tak lansung dalam membuat surat
pemutusan hubungan kerja. Dalam pembuatan surat ini harus di perhatikan
dampaknya bagi audiens, agar tidak ada kekecewaan di kemudian hari. Pada bagian
awal nyatakan secara netral, kemudian berikan penjelasan secukupnya termasuk
faktor-faktor pendukung,pada bagian akhir surat,sampaikan kata penutup yang
hangat dan bersahabat.
3.
Cobalah kunjungi salah
satu website yang anda kenal baik didalam negeri maupun diluar negeri.
Selanjutnya berikan penilaian anda terhadap website tersebut, baik dari sisi
akses kecepatan, keindahan background, keserasian antara teks dan gambar yang
tersedia, dan lainnya. Alamat website beriut ini yang bisa anda coba:
jawab:
Dari artike di atas saya memilih artikel
http://www.globalmarket.com
sebagai penilaian sebuah artikel di website, dari sisi kecepatan akses,artikel
ini sangat cepat dan tidak ada gangguan dalam melakukan pengaksesan artikel
tersebut, sedangkan dalam segi keindahan background menurut pendapat saya
sangat tepat dilihat dari desain gambar dan warna yang serasi.
DISKUSI
BAB 11
BAB 11
1.
Bagaimana seorang
penulis bisnis dapat memperoleh kredibilitas bagi pembacanya, jelaskan!
Jawab:
Kredibilitas
di tentukan oleh sejauh mana tingkat kepercayaan dan keandalan, jika
kredibilitas dihdapan audiens diragukan maka mereka akan cenderung skeptis dan
tidak akan menerima bagitu saja setiap apa yang disampaikan, oleh karena itu
anda harus dapat mengatai audiens yang memiliki sikap skeptis dengan cara
jadilah seorang yang ahli dalam bidang tertentu dan mengalami pengalaman yang
bersikap baik maupun dapat mengidentifikasi audiens.
2.
Dalam menulis
memorandum, mengapa kadangkala menggunakan teknik persuasif, jelaskan dengan
contoh!
Jawab
:
Karena
pesan persuasif adalah kemampuan untuk menyampaikan suatu pesan dengan cara
membuat audiens atau pendengar merasa mempunyai pilihan. Maka dari itu dalam
menulis memorandum perluh menggunakan teknik persuasif agar yang membaca surat
itu bisa mengetahui isi dari surat
tersebut.
Contohnya
: diberitahukan kepada semua rakyat Indonesia bahwa tanggal 09 April 2014 akan
diadakan PEMILU serentak, dan gunakan hak pilih anda masing-masing.
3.
Ketika sebuah surat
kabar harian di kota anda berkeinginan untuk menaikan harga jual pada bulan
depan, bagaimana anda memberitahukan hal itu kepada pembaca, jelaskan!
Jawab
:
Merencanakan
pesan-pesan penjualan adalah untuk memperoleh pemahaman secara menyeluruh
tentang produk tersebut, tetapi bagaimana kalau sebuah surat kabar harian akan
dinaikan harganya, maka saya akan memberitahukan kepada pembaca dengan cara :
mungkin dengan naiknya harga surat kabar harian maka kualitas surat kabar
tersebut akan lebih baik dan senang untuk membacanya dan memberitahu bahwa
surat kabar harian sangat bermanfaat bagi yang membacanya, maka harganya akan
dinaikan tanpa merasa keberatan bagi pembeli.
4.
Sebuah minimarket yang
ada dikota anda ingin menawarkan produk-produk barunya dengan harga diskon kepada
pelanggan. Menurut anda bagaimana cara minimarket tersebut sebaiknya
menginformasikan kepada pelanggannya, jelaskan!
Jawab
:
Cara
menyampaikan pesan-pesan penjualan produk barunya dengan harga diskon kepada
audiens diantaranya melalui : pengiriman surat, brosur, sample (contoh produk),
kartu, telephone, surat elektronik, iklan di media massa, yang akan diberikan
atau disampaikan kepada audiens diberbagai daerah agar audiens mengetahui
diskon pada produk baru dan mereka segera membelinya.
5.
Sebuah minimarket yang
ada di kota anda akhir-akhir ini sering dibuat pusing oleh prilaku karyawannya
yang sering kali acuh tak acuh terhadap pelanggan, bahkan juga berlebihan
mengawasi pelanggannya. Menurut anda apa yang sebaiknya dilakukan oleh pemilik
supermarket tersebut. Jelaskan!
Jawab
:
Dalam
hal seperti ini, pemilik minimarket bisa kehilangan pelanggannya, karena
disebabkan oleh karyawannya yang sering membiarkan pelanggan (tidak melayani
dengan ramah), kadangkala juga karyawan sering berlebihan dalam mengawasi
pelangannya, maka dari itu tindakan yang harus diambil oleh pemilik minimarket
yaitu :
·
Memberitahu kepada
karyawan agar tidak berlebihan dalam mengawasi pelanggannya
·
Perekrutan karyawan
harus didahulu dengan proses wawancara
·
Memberhentikan karyawan
apabila tidak melakukan tugasnya dengan baik
ONLINE
BAB 11
1.
Dalam dunia bisnis,
penyampaian pesan-pesan persuasif memiliki arti penting bagi pencapaian tujuan
suatu organisasi perusahan. Oleh karena itu, kunjungilah alamat website berikut
ini : http://www.studygs.net/wrtstr4:htm.
Berdasarkan artikel tersebut, bagimana menulis pesan-pesan persuasif yang baik
?
Jawab
:
Pesan-pesan
persuasif yang efektif adalah kemampuan untuk menyampaikan suatu pesan dengan
cara yang membuat audiens atau pendengar merasa mempunyai pilihan. Dari artikel
diatas bagaimana cara agar pesan-pesan persuasif menjadi lebih baik, yaitu
dengan : menganalisis audiens, mempertimbangkan perbedaan budaya, dan memilih
pendekatan organisasional.
2.
Kunjungilah alamat website berikut
ini : http://www.thewritingsite.org/resources/genre/persiasive.asp.
berdasarkan artikel tersebut, apa saja karakteristik pesan-pesan persuasif dan
contoh penerapannya dalam dunia bisnis ?
Jawab
:
a.
Analisis audiens
Penyampaian
pesan dengan menghubungkan pesan itu dengan minat dan hasrat audiens. Untuk
mengakomodasi perbedaan individual, maka perluh menganalisis audiens dan kemudian
menyusun suatu pesan yang dapat menjadi daya tarik bagi kebutuhan mereka. Cara
yang paling mudah dalam menilai kebutuhan audiens adalah dengan berpedoman pada
teori kebutuhan dari Maslow yang menyatakan bahwa manusia memiliki lima
kebutuhan yang sifatnya berjenjang
b.
Mempertimbangkan
perbedaan budaya
Pemahaman
terhadap perbedaan budaya yang ada bukan saja akan membantu dalam memuaskan
kebutuhan audiens, tetapi juga akan membantu bagaimana mereka akan memberikan
penghormatan. Memberikan persuasi untuk budaya yang berbeda akan berbeda cara
memberikan persuasinnya.
c.
Memilih pendekatan
organisasional
Agar
pesan persuasif dapat tepat sasar dan sesuai dengan apa yang di kehendaki, maka
perluh diperhatikan cara penyampaian pesan kepada audiens, dengan menggunakan
pendekatan langsung atau tidak langsung.
3.
Penulisan pesan-pesan
persuasif juga disebut sebagai penulisan pesan-pesan argumentasi. Oleh karena
itu untuk memahami lebih jauh tentang penulisan persuasif, kunjungilah alamat
website berikut ini : http://essayinfo.com/essays/persuasiveessay.php.
berdasarkan artikel tersebut, apa kriteria yang menjadikan suatu penulisan
pesan-pesan persuasif dikatakan efektif ?
Jawab
:
·
Mendapat informasi tentang
topik anda
·
Menguji tesis anda
·
Membantah argumen lawan
·
Mendukung posisi anda
dengan bukti
4.
Perencanaan yang baik
diharapkan dapat membantu pencapaian tujuan atau hasil yang baik pula, termasuk
dalam kaitannya dengan penulisan pesan-pesan persuasif. Oleh karena itu,
cobalah kunjungi alamat website berikut ini : http://free/books/onlineorg/masteringcommunication/communicationskills/writing-persuasif-mesage/.
Kemudian jelaskan bagaimana membuat perencanaan pesan-pesan persuasif ?
Jawab
:
Tujuan
pesan prsuasif adalah untuk memperoleh pemahaman secara menyeluruh tentang
produk yang dibeli, lalu membuat perencanaan pesan-pesan persuasif dengan cara
: mengumpulkan produk untuk membentuk citra produk yang akan dijual, mencek
tentang berbagai pertanyaan, memilih poin penjualan produk atau manfaat yang
paling menarik bagi audiens. Saat melakukan pesan persuasif fokuskan pada
penjualan produk yang menjadi daya pikat audiens.
5.
Penulisan pesan-pesan
persuasif yang baik memerlukan strategi yang baik pula. Oleh karena itu,
cobalah kunjungi alamat website brikut ini : http://www.washburn.edu/services/zzcwwctr/persuasive-ltrs.wm.txt.
berdasarkan artikel tersebut, bagaimana strategi penulisan pesan-pesan
persuasif ?
Jawab
:
Berdasarkan
artikel tersebut, strategi penulisan pesan-pesan persuasif, antara lain :
·
Mampu menjelaskan
kebutuhan secara spesifik
·
Menunjukan kepada
pembaca betapa pentingnya donasi yang disumbangkan pada pihak lain
·
Mengemukakan secara
jelas berapa jumlah donasi yang dibutuhkan
·
Menjelaskan manfaat
donasi yang telah diberikan
Komentar
Posting Komentar