Belajar Komunikasi Bisnis
MATERI UAS
KOMUNIKASI BISNIS
1.
Surat lamaran kerja merupakan surat
penjualan yang berkaitan denganbagaimna pelamar kerja mampu menjual segala
potensi diri pelamar kepada organisasi yang ingin memenuhi kebutuhan tenaga
kerjanya untuk suatu posisi tertentu. Jelaskan berbagai hal yang patut pelamar
kerja tekankan dalam penulisan surat lamaran kerja !
Jawab
:
· Kualifikasi
atau pengalaman kerja untuk posisi pekerjaan yang dikehendaki
· Membangkitkan
minat terhadap kualifikasi yang dimiliki
· Menunjukan
hal-hal yang positif
· Menulis
surat dari sudut pandang pembaca
· Menekankan
hal-hal yang membedakan dari pelamar lainnya
2.
Hal
– hal yang perluh dilakukan dan dihindari dalam wawancara kerja, antara lain :
DILAKUKAN
|
DIHINDARI
|
·
Berdoa menurut agama dan keyakinan masing – masing
·
Datang lebih awal dari yang ditentukan (minimal 30 menit sebelum
wawancara kerja)
·
Bersikap yakin dan optimis
·
Bersikap tenang
·
Berpakayan yang rapih dan sopan
|
·
Datang terlambat
·
Kelihatan kesal karena menungguh lama
·
Datang ke wawancara kerja tanpa persiapan atau seadanya
·
Berpenampilan berlebihan
·
Mengajak teman atau keluarga saat wawancara kerja
|
3.
Beberapa
faktor yang perluh diperhatikan dalam mempersiapkan presentasi bisnis, yaitu :
·
Penguasaan
terhadap topik atau materi yang akan dipresentasikan
·
Penguasaan
berbagai alat bantu presentasi dengan baik
·
Menganalisis
audiens
·
Menganalisis
berbagai lingkungan lokasi atau tempat untuk presentasi
4.
Kendala
atau hambatan dalam bernegosiasi, antara lain :
·
Melihat
negosiasi sebagai konfrontasi
·
Selalu
berusaha untuk memenangkan disetiap situasi
·
Menjadi
emosional
·
Tidak
berusaha untuk mengerti orang lain
·
Fokus
pada pribadi bukan pada masalah
·
Menyalahkan
orang lain
5.
Faktor
yang mempengaruhi kegagalan sebuah rapat bisnis, yaitu :
· Tidak ada persiapan yang baik dari panitia penyelenggara
· Memulai waktu rapat tidak tepat dengan waktu yang telah
ditentukan
· Nara sumber yang tidak mempunyai keahlian
· Tidak adanya keaktifan dari peserta rapat bisnis
· Tidak adanya tindak lanjut dari rapat bisnis
6. Seorang
manajer pemasaran baru saja memperoleh setumpuk laporan tertulis dari
pimpinan-pimpinan cabang yang tersebar di beberapa daerah. Ia nampak kesal
dengan beberapa laporan yang terlalu detail yang tanpa disertai rangkuman
laporan, sehingga dengan terpaksa ia harus membaca laporan secara keseluruhan.
Kekesalan ini ia lontarkan dihadapan salah seorang pimpinan cabang yang
kebetulan adalah pindahan pimpinan cabang dari daerah lain. Menurut anda,
bagaimana format laporan yang dibutuhkan oleh staf manejemen yang memungkinkan
mereka dapat segera mengambil suatu keputusan perusahaan yang sangat penting
bagi perusahaan !
Jawab
:
Format
laporan yang dibutuhkan oleh staf manejemen untuk mengambil suatu keputusan
perusahaan yang sangat penting adalah :
·
Menempatkan
ide-ide
yang paling penting pada tingkatan tertinggi, lalu pertimbangkan panjang
laporan, subjek, dan pembaca.
·
Sedapat mungkin mencoba untuk menjaga keseimbangan
masing-masing bagian.
·
Jika membagi suatu topik, paling tidak
anda mempunyai dua sub judul.
·
Gunakan pertimbangan dengan baik, jangan
terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit untuk sub judul.
·
Tidak pernah menggunakan judul laporan
sebagai bagian judul
7. Pesyaratan bagi penulisan laporan bisnis yang baik,
antara lain :
· Informasinya akurat
· Isinya menunjukan suatu pertimbangan penulis yang baik
· Format, gaya, dan organisasinya sesuai dengan kebutuhan
pembaca
8. Manfaat penmbuatan outline untuk keperluan suatu analisis,
yaitu :
Manfaatnya adalah memungkinkan kita untuk memecahkan masalah, karena
kerangka penelitian berisi langkah-langkah pemecahan masalah. Dan untuk
memberikan informasi yang akan ditafsirkan oleh orang lain serta memudahkan
kita melakukan analisis untuk menekankan fakta-fakta yang penting dari
penelitian kita.
9. Manfaat internet bagi saya, yaitu :
· Membantu menyelesaikan tugas-tugas kuliah
· Memperkaya pengetahuan
· Memperluas jaringan pertemanan
· Media untuk mempromosi diri
· Membagi pengetahuan dan pengalaman terhadap publik
· Memudahkan untuk mencari pekerjaan
· Membuka jaringan bisnis
10. Pimpinan
perusahaan penerbitan “Maju Terus” berkeinginan untuk meningkatkan kinerja
perusahaan melalui pemanfaatan mesin cetak offset termodern saat ini. Disisi
lain, perusahaan tersebut juga berkeinginan untuk melakukan penataan terhadap
administrasi perusahaan termasuk didalamnya pendataan berbagai laporan
keuangan, jenis produk buku yang telah dan akan dipublikasikan, dan berbagai
macam surat perjanjian antara penulis dan pihak perusahaan. Apabila anda
sebagai seoarang manejer pada perusahaan tersebut, tindakan apa yang perlu anda
lakukan?
Jawab
:
Suatu
pimpinan perusahaan tentunya menginginkan usaha mereka maju dengan cara
meningkatkan kinerja perusahaan melalu pemanfaatan mesin cetak offset modern,
Disisi lain, perusahaan tersebut juga berkeinginan untuk melakukan penataan terhadap
administrasi perusahaan termasuk didalamnya pendataan berbagai laporan
keuangan, jenis produk buku yang telah dan akan dipublikasikan, dan berbagai
macam surat perjanjian antara penulis dan pihak perusahaan.
Oleh
karena itu, apabila saya menjadi pimpinan perusahaan tersebut saya melakukan
penataan administrasi perusahaan terlebih dahulu karena hal itu lebih penting
dari pada meningkatkan kinerja perusahaan melalu pemanfaatan mesin cetak offset
modern, dan apabila laporan keuangan perusahaan sudah berjalan dengan baik,
baru melakukan peningkatan kinerja perusahaan melalu pemanfaatan mesin cetak
offset modern
11. Sebutkan dan jelaskan beberapa faktor yang menjadi kekhawatiran dalam belanja
online di Indonesia?
Jawab :
·
Penipuan.
·
Barang
yang dibeli tidak sesuai
harapan.
·
Jangka
waktu pengiriman yang relatif
lama.
Komentar
Posting Komentar