Pertanyaan Dan Jawaban (Bab 3) Komunikasi Bisnis
TUGAS
ONLINE
BAB
III
1. Sebagai
perusahaan yang memproduksi peralatan untuk pesawat terbang, energy, dan
lingkungan, Lockheed Martin telah mengembangkan kode etik perusahaan. Silahkan
anda membuka website Lockheed Martin di http://lockheed.com/ethics.
Selanjutnya telaah kelima kode etik tersebut. Berikut ini kode etik yang di
kembangkan oleh Lockheed Martin :
a.
Untuk karyawan kami, kami berkomitmen
untuk kejujuran, hanya manajemen, keadilan, menyediakan lingkungan yang aman
dan sehat bebas dari rasa takut akan pembalasan, dan menghormati martabat
karena setiap orang.
b.
Untuk pelanggan kami, kami berkomitmen
untuk menghasilkan produk yang handal dan layanan, disampaikan pada waktu,
dengan harga yang wajar.
c.
Untuk masyarakat di mana kita hidup dan
bekerja kami berkomitmen untuk mengamati praktek bisnis lingkungan yang sehat
dan bertindak sebagai tetangga prihatin dan bertanggung jawab, yang
mencerminkan semua aspek warga negara yang baik.
d.
Untuk para pemegang saham kami
berkomitmen untuk mengejar pertumbuhan yang sehat dan tujuan pendapatan dan
berolahraga kehati-hatian dalam penggunaan aset dan sumber daya kami.
e.
Untuk pemasok dan mitra kami, kami
berkomitmen untuk persaingan yang adil dan rasa tanggung jawab yang diperlukan
dari pelanggan yang baik dan rekan setimnya.
f.
Kami berkomitmen untuk pengobatan etis
dari mereka yang kita memiliki kewajiban.
g.
Kami akan melakukan bisnis kami sesuai
dengan semua hukum dan peraturan yang berlaku.
h.
Mempromosikan Positif Lingkungan Kerja
i.
Bekerja Aman: Lindungi Diri, rekan Anda,
dan World We Live In
j.
Kami berkomitmen untuk menyediakan,
aman, dan sehat lingkungan kerja bebas narkoba
k.
Biaya rekor Benar
l.
Karyawan dan supervisor mereka
bertanggung jawab untuk ... catatan Perusahaan.
m.
Tahu dan Ikuti Hukum Ketika Terlibat
dalam Bisnis Internasional
n.
Ikuti Common Sense Hukum dan Penggunaan
dalam Kontribusi Politik dan Kegiatan
o.
Hati-hati Bid , Negosiasi, dan Lakukan
Kontrak
Dari
lima belas kode etik diatas dapat dilihat bahwa sangat perluh ada aturan yang
mengatur dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Hal-hal itu
mencakup karyawan, pelanggan, masyarakat setempat, pemegang saham, lingkungan, barang
dan jasa yang diproduksi,pemerintah, kontribusi dan segala sesuatu yang
berkaitan dalam melakukan kegiatan di dalam organisasi itu sendiri.
2. Komunikasi
formal dalam suatu perusahaan dapat dilihat dari struktur organisasinya.
Kunjungi alamat website berikut ini http://www.easycommunication.info/effective-communication/effective-formal-communication.
Berdasarkan artikel tersebut, bagaimana efektifitas komunikasi formal dalam
suatu perusahaan?
Jawab :
Untuk meningkatkan komunikasi yang lebih
efektif dalam suatu perusahan perluh di selidiki proses pendekatan yang
dilakukan, saluran komunikasi yang digunakan, media, hubungan dalam organisasi,
ketergantungan, lingkungan dan pesan apa yang mau disampaikan.
3. Saluran
komunikasi formal mencakup saluran komunikasi kebawah, keatas, sederajat, atau
diagonal. Kunjungilah alamat website berikut ini http://www.marcbowles.com/courses/adv-dip/module2/module10/m10two.htm.
Berdasarkan informasi tersebut, jelaskan bagaimana alur komunikasi yang ada
dalam bagan tersebut!
Jawab :
Saluran komunikasi yang digunakan
Dr.Marchus adalah saluran komunikasi dari atas ke bawah, hal ini dilihat dari
pesan yang disampaikan adalah berupa pengarahan atau instruksi kerja,
memberikan informasi mengapa suatu pekerjaan harus dilaksanakan, memberikan
informasi tentang prosedur dan praktik organisional, menyajikan informasi
mengenai aspek ideology dalam mencapai tujuan, dan memberikan umpan balik dalam
pelaksanaan kerja.
4. Kunjungi
alamat website berikut ini http://www.unites.org/html/resource/im/im1.htm.
Berdasarkan artikel tersebut, apa arti penting komunikasi informal dalam dunia
bisnis.
Jawab :
Dari artikel ini dapat dikatakan bahwa komunikasi
informal tidak berdasarkan alur komunikasi yang tidak terstruktur secara
struktur, komunikasi ini sering tidak mendapat pengakuan resmi yang mungkin
tidak berpengaruh pada kepentingan organisasi. Komunikasi ini dari sudut
pandang secara bisnis hanya dapat memberikan pesan-pesan bisnis antara
lingkungan penerima pesan dalam situasi yang tidak resmi.
Komentar
Posting Komentar