Kumpulan Soal & Jawaban Sistem Informasi Akuntansi
LATIHAN SOAL
1. Apa perbedaan antara sistem,
subsistem, dan supra
sistem?
Sistem adalah suatu seri atau
rangkaian bagian-bagian yang saling berhubungan dan bergantung sedemikian rupa
sehingga interaksi dan saling pengaruh dari satu bagian akan mempengaruhi
keseluruhan untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan subsistem adalah komponen
yang koheren dan agak independen dari sistem yang lebih besar.Subsistem
merupakan komponen atau bagian dari suatu system, subsistem ini bisa phisik
ataupun abstrak. Dan supra sistem adalah sistem yang
mempunyai hubungan lebih luas dari sistem. Jika suatu sistem menjadi bagian
dari sistem lain yang lebih besar, maka sistem yang lebih besar tersebut
dikenal dengan sebutan supersistem.
2. Sebutkan komponen utama sistem
operasi
a.
Managemen Proses.
b.
Managemen Memori Utama.
c.
Managemen Berkas.
d.
Managemen Sistem input / output
e.
Managemen Penyimpanan Sekunder.
f.
Sistem Proteksi.
g.
Jaringan.
h.
Command-Interpreter System.
3. Sebutkan
bidang – bidang akuntansi yang kamu ketahui ?
a.
Akuntansi
Keuangan (Financial Accounting)
b.
Pemeriksaan
Akuntansi (Auditing)
c.
Akuntansi
Manajemen (Management Accounting)
d.
Akuntansi
Biaya (Cost Accounting)
e.
Akuntansi
Perpajakan
f.
Peranggaran
(Budgeting)
g.
Akuntansi
Pemerintahan (Governmental Accounting)
h.
Sistem
Akuntansi (Accounting System)
4. Apa
pengertian dari SIA dan jelaskan peran SIA dalam Rantai nilai
a.
Sistem
Informasi Akuntansi merupakan sistem informasi fungsional yang mendasari sistem informasi
fungsional yang lainnya seperti sistem informasi keuangan, sistem informasi
pemasaran, sistem informasi produksi dan sistem informasi sumber daya manusia.
Sistem-sistem informasi lain membutuhkan data keuangan dari sistem informasi
akuntansi.
b.
Peran SIA
dalam Rantai Nilai (VALUE CHAIN)
Pada umumnya
organisasi bertujuan menyediakan nilai untuk pelanggan. Hal tersebut
membutuhkan pelaksanaan berbagai kegiatan yang berbeda-beda, dan dapat dikonseptualisasikan
dalam bentuk rantai nilai (value chain). Rantai nilai organisasi terdiri dari
lima aktivitas utama (primary activities) yang secara langsung memberikan nilai
kepada para pelanggannya, yaitu:
a.
Inbound
logistics
Terdiri dari penerimaan, penyimpanan,
dan distribusi bahan-bahan masukan yang digunakan oleh organisasi untuk
menghasilkan produk dan jasa yang dijualnya.
b.
Operasi
(operations)
adalah
aktivitas-aktivitas yang mengubah masukan menjadi jasa atau produk yang sudah
jadi.
c.
Outbond
logistics
adalah
aktivitas-aktivitas yang melibatkan distribusi produk yang sudah jadi ke para
pelanggan.
d.
Pemasaran
dan penjualan
mengarah
pada aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan membantu para pelanggan untuk
membeli jasa atau produk yang dihasilkan organisasi.
e.
Pelayanan
(service)
memberikan
dukungan pelayanan purna jual kepada para pelanggan.
Setiap
sistem informasi akuntansi akan melaksanakan lima fungsi utamanya yaitu :
a.
Mengumpulkan
dan menyimpan data dari semua aktivitas dan transaksi perusahaan
b.
Memproses
data menjadi informasi yang berguna pihak manajemen.
c.
Memanajemen
data-data yang ada kedalam kelompok-kelompok yang sudah ditetapkan oleh
perusahaan.
d.
Mengendalikan
kontrol data yang cukup sehingga aset dari suatu organisasi atau perusahaan
terjaga.
e.
Penghasil
informasi yang menyediakan informasi yang cukup bagi pihak manajemen untuk
melakukan perencanaan, mengeksekusi perencanaan dan mengkontrol aktivitas.
5.
Jelaskan alasan mengapa
seseorang perlu belajar sistem informasi akuntansi!
Financial
Accounting standards board mendefinisikan akuntansi sebagai sistem informasi.
Didalam standar akuntansi keuangan tersebut juga disebutkan bahwa tujuan utama
akuntansi adalah untuk menyediakan informasi yang berguna bagi para pengambil
keputusan. SIA dipelajari agar memberikan sebuah pemahaman yang kuat atas tiga
konsep dasar berikut:
a.
Pemakaian informasi di
dalam pengambilan keputusan
b.
Sifat, desain,
pemakaian, dan implementasi SIA
c.
Pelaporan informasi
keuangan
6.
Sebutkan
beberapa kriteria informasi akuntansi agar dikatakan berkualitas?
a. Memiliki manfaat yang dapat
diterima oleh pengguna informasi akuntansi
b. Dapat dimengerti oleh
pemakai informasi akuntansi berdasarkan pemahaman pemakai informasi akuntansi
c. Relevan
d. Dapat diuji kebenarannya
e. Independen (tidak memihak)
f. Menggunakan data yang akurat
g. Dapat digunakan untuk
mempredikasi data keuangan pada tahun-tahun berikutnya
h. Dapat memberikan informasi
yang merupakan gambaran umum mengenai penolakan atau penerimaan suatu
perencanaan terkait aktivitas perusahaan terhadap terhadap keuangan perusahaan
i.
informasi akuntansi
diperlukan tepat waktu agar perusahaan dapat mencegah atau melakukan suatu
kebijakan dalam pengambilan keputusan
j.
apat dibandingkan atau konsisten
7.
Coba sebutkan beberapa tujuan umum
sistem akuntansi?
a.
Untuk menyediakan informasi bagi
pengelolaan kegiatan usaha baru
b.
Untuk meningkatkan informasi yang
dihasilkan oleh sistem yang sudah ada, baik mengenai mutu, ketepatan penyajian,
maupun struktur informasinya
c.
Untuk memperbaiki pengendalian
akuntansi dan pengecekkan intern, yaitu untuk memperbaiki tingkat keandalan
(reability) informasi akuntansi, dan untuk menyediakan catatan lengkap mengenai
pertanggungjawaban dan perlindungan kekayaan perusahaan
d.
Untuk mengurangi biaya klerikal
dalam penyelenggaraan catatan akuntansi.”
8.
Tolong tuliskan beberapa pihak eksternal dan internal yang memerlukan informasi akuntansi?
a.
Pihak
Eksternal
Investor
Kreditur
Pemerintah
Badan
Pengawas Pasar Modal
Ekonom,
praktisi, analis
b.
Pihak
Interen
Manajemen Perusahaan
Karyawan
9.
Sebutkan kegunaan informasi
Akuntansi
a. Secara umum
1. Mengambil keputusan
dengan tepat
2. Alat pertanggungjawaban
3. Mengetahui perkembangan
perusahaan
b.
Secara khusus
1. Memberikan
informasi keuangan yang dapat di percaya mengenai informasi aktiva, kewajiban
dan modal suatu perusaha
2. Memberikan
informasi yang dapat di percaya mengenai perusahaan dari aktiva bersih
10.
Jelaskan 7 karakteristik informasi yang bermanfaat bagi pembuatan
keputusan!
1.
Usefulness (berguna). Sistem harus
menghasilkan suatu informasi yang berguna, artinya informasi yang dihasilkan
harus sesuai denga yang dibutuhkan dan tepat waktu sehingga berguna bagi
pengambilan keputusan.
2.
Economy (ekonomi). Seluruh komponen
dari sistem harus bersifat ekonomis, artinya sistem harus mampu memberikan
manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran yang dikeluarkan
untukpengadaan sistem tersebut.
3.
Reliability (andal). Produk dari
suatu sistem harus bias diandalkan dan informasiyang dihasilkan mempunyai
tingkat ketelitian yang tinggi,sehingga keputusan yang dihasilkan benar-benar
keputusan yangtepat sesuai dengan apa yang dihasikan sistem
4.
Customers Service (pelayanan
konsumen). Sistem harus mampu memberikan pelayanan yang baik danefisien kepada
pelanggan sehingga mampu memberikan kepuasanakan meningkatkan nilai perusahaan
dan mampu memberikan kontribusi positif
terhadap kenaikan laba.
5.
Capacity (kapasitas). Kapasitas
suatu sistem harus memadai untuk menghadapi operasi pada kapasitas penuh (full
capacity) seperti halnya pada saat operasi berjalan normal.
6.
Simplicity (sederhana). Sistem harus
sederhana sehingga semua struktur dan operasinya dapat dimengerti, serta semua
prosedurnya dapat diikuti dengan mudah dan tidak akan membingungkan pemiliknya.
7.
Flexibility (luwes).Sistem harus
bersifat fleksibel atau luwes dalam menampung dan menghadapi semua perubahan
yang terjadi didalam maupun diluar organisasi sehingga menghasilkan informasi
perencanaan dan pengendalian.
11.
Sebut
dan
jelaskan komponen-komponen sistem informasi
akuntansi!
1.
Manusia adalah pelaku yang
menjalankan sistem
2.
Transaksi merupakan objek dari
sistem informasi akuntansi sebagai masukan, lalu diproses sehingga menghasilkan
informasi
3.
Prosedur adalah langkah-langkah yang
harus ditempuh dalam melakukan transaksi atau kegiatan perusahaan.
4.
Dokumen yaitu berupa formulir yang
digunakan sebagai sarana pencatatan pada saat transaksi
5.
Peralatan adalah suatu alat atau
sarana yang digunakan dalam melakukan pencatatan pada sistem informasi yang
bersangkutan.
12.
Apa manfaat computer dalam
Sistem Informasi akuntansi
a.
Program
komputer untuk akuntansi memudahkan pencatatan transaksi untuk operator
b.
Untuk
menjalankan program dan melakukan pemasukan data orang/operator yang
diotorisasi untuk itu diberi kode khusus agar dapat membuka file akuntansi dan
melakuakan pencatatan transaksi tertentu
c.
Setiap langkah
dalam siklus akuntansi (penjurnalan, pengakuan dan penyusunan daftar saldo)
dilakukan dengan mengikuti intruksi yang langsung dapat dilihat pada layar
monitor, intruksi tersebut ditampikan dalam bentuk menu yang menyajikan daftar
yang dapat dipilih sesuai yang dikehendaki.
13.
Sebutkan dan Jelaskan
Siklus akuntansi ?
1.
Transaksi
Merupakan Kejadian atau situasi yang mempengaruhi posisi keuangan perusahaan sehingga
harus dicatat
2.
Pencatatan
Mencatat
semua peristiwa atau kejadian ekonomi yang terjadi
3.
Penggolongan
Merupakan
tahap dimana pencatatan atas transaksii yang ada dalam satu periode digolongkan
berdasarkan jenis –jenisnya menjadi urut supaya mudah dalam penyajian datanya,
dan hal itu biasa disebut dengan pencatatan buku besar.
4.
Tahap Pengikhtisaran
Merupakan tahap perhitungan saldo dari masing-masing pekiraan yang terdapat
pada buku besar perusahaan. Pada tahapan ini terdiri dari beberapa kegiatan
yaitu:
a.
Pembuatan
neraca saldo (trial ballance)
b.
Pembuatan
Neraca Lajur dan Jurnal Penyesuaian
c.
Penyusuna
Laporan Keuangan
d.
Pembuatan
Jurnal Penutup
e.
Membuat
Neraca Saldo Penutup
f.
Pembuatan
Jurnal
14.
Jelaskan
definisi dari Database (basis data)
Database adalah sekumpulan data yang
sudah disusun sedemikan rupa dengan ketentuan atau aturan tertentu yang saling
berelasi sehingga memudahkan pengguna dalam mengelolanya juga memudahkan
memperoleh informasi. Selain itu adapula yang mendefinisikan database sebagai
kumpulan file, tabel, atau arsip yang saling terhubung yang disimpan dalam
media elektronik
15.
Jelaskan
perbedaan antara data dan
informasi!
Data adalah
sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih bersifat mentah,
sehingga memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujut suatu keadaan,
gambar, suara, huruf, angka, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa
kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun
suatu konsep.
Sedangkan, Informasi adalah hasil pengolahan dari sebuah model, formasi,
organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai
tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya.
Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu
subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai
hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.
Tabel Perbedaan dari Data dan Informasi
DATA
|
INFORMASI
|
Bersifat
mentah
|
Hasil olahan yang lebih berguna
|
Untuk
pengolahan lebih lanjut
|
Untuk acuan mengambil keputusan
|
Belum
jelas isinya dan belum sempurna
|
Sumber pemahaman yang telah sempurna
|
16.
Sebutkan langkah langkah analisis
sistem?
a. Identify,
yaitu mengidentifikasikan masalah
b. Understand,
yaitu memahami kerja dari sistem yang ada
c. Analyze,
menganalisis sistem
d. Report,
yaitu membuat laporan hasil analisis.
17.
Jelaskan
tiga jenis keputusan yang dibuat oleh
manajemen!
a.
Keputusan tidak terstruktur (non
programmed decision)
Adalah
keputusan yang sifatnya adalah tidak terjadi berulang-ulang dan tidak selalu
terjadi. Keputusan ini dilakukan oleh manajemen tingkat atas (top manajer).
b.
Keputusan setengah terstruktur (semi
programmed decision)
Adalah keputusan yang dapat
deprogram. Keputusan tersebut masih membutuhkan pertimbangan-pertimbangan dari
si pengambil keputusan. Keputusan seperti ini sifatnya rumit dan membutuhkan
perhitungan-perhitungan secara analisis yang rinci.
c.
Keputusan terstruktur (programmed
decision)
Adalah keputusan yang dibuat menurut
kebiasaan, aturan, atau prosedur. Keputusan-keputusan yang duhasilkan sifatnya
rutin dan berulang-ulang.
18.
Jelaskan
beberapa jenis sistem informasi yang biasa nya digunakan oleh
manajemen untuk
menghasilkan
informasi guna mendukung
proses pembuatan keputusan!
a.
System Informasi
Menurut Level Organisasi
Berdasarkan level
organisasi, system informasi dikelompokkan menjadi :
1. Sistem
informasi departemen,
System
informasi departemen adalah system informasi yang hanya di gunakan dalam sebuah
depatermen .
2. System
informasi perusahaan
System
informasi perusahaan merupa kan system informasi yang tidak terletak pada masing masing departemen,
melain kan berupa sebuah system terpadu yang dapat di pakai oleh sejumlah entitas·
3.
System informasi
antarorganisasi
System
informasi antarorganisasi merupakan jenis system informasi yang menghubung kan
dua organisasi atau lebih.
b.
System Informasi Area Fungsional
System
informasi fungsional adalah system informasi yang di tuju kan untuk member kan
informasi bagi kelompok orang yang
berda pada bagian tertentu dalam perusahaan. Beberapa system informasi
fungsional yang umum adalah sebagai berikut:
1.
System informasi
akutansi ( accounting information system )
System informasi yang
menyediakan informasi yang dipakai oleh fungsi akuntansi (departemen/bagian
Akuntansi) yang Mencakup semua transaksi yang berhubungan dengan keuangan dalam
perusahaan .
2.
System informasi ke
uanggan ( finance information system)
Sistem informasi yang menyediakan informasi pada fungsi
keuangan yang menyangkut keuangan perusahaan.
3.
System manufaktur ( manufacturing/production
information system)
Sistem infirmasi yang
bekerja sama dengan SI lain untuk mendukung manajemen perusahaan (perencanaan
maupun pengendalian) dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan produk
atau jasa yang dihasilkan.
c.
Sistem Informasi
Berdasarkan Dukungan Yang Tersedia
Berdasarkan dukungan yang
diberikan kepada pemakai, sistem
informasi yang digunakan pada semua area fungsional dalam organisasi dapat
diklasifikasikan sebagai berikut :
1. Sistem
Pemrosesan Transaksi (transaction processing system atau TPS)
Merupakan
jenis Sistem Informasi yang pertama kali diimplementasikan .Fokus utamanya
adalah pada data transaksi yang digunakan untuk menghimpun, menyimpan, dan
memproses data transaksi
2. Sistem
Informasi Manajemen (management information system atau MIS)
Sistem
Informasi Manajemen ini Menyajikan informasi yang digunakan untuk mendukung
operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi
19.
Apa
yang dimaksud dengan e-Business dan sebutkan faktor-faktor keberhasilan
e-Business!
a.
e – Business adalah kegiatan
bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan
sistem informasi komputer
b.
ada 2 faktor penting
dalam menetapkan keberhasilan untuk masuk ke dalam e-bisnis yaitu:
1. Tingkat
kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan.
2. kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business
memenuhi tiga
karakteristik kunci yang dibutuhkan
dalam transaksi bisnis apapun, yaitu : Validitas,
Integritas, dan Privasi
20.
Jelaskan manfaat dan pertimbangan
penggunaan komputer dalam pengembangan SIA?
a. Pertimbangannya
1.
Pertimbangan utama
adalah pertimbangan cost dan benefit
2.
Penggunaan
komputer merupakan sebuah investasi besar bagi sebuah perusahaan dan alokasi
waktu, tenaga dan sumber daya yang tidak sedikit
3.
Permasalahan muncul
ketika cost yang berbentuk sebagai biaya sukar diukur dalam ukuran kuantitatif
4.
Perusahaan harus tahu
benar manfaat digunakannya komputer aladah data data yang benar diperlukan
dalam rangka menghasilkan informasi untuk kepentingan perusahaan
b. Manfaatnya
1.
Program komputer untuk
akuntansi memudahkan pencatatan transaksi untuk operator
2.
Untuk menjalankan
program dan melakukan pemasukan data orang/operator yang diotorisasi untuk itu
diberi kode khusus agar dapat membuka file akuntansi dan melakuakan pencatatan
transaksi tertentu
3.
Setiap langkah dalam
siklus akuntansi (penjurnalan, pengakuan dan penyusunan daftar saldo) dilakukan
dengan mengikuti intruksi yang langsung dapat dilihat pada layar monitor,
intruksi tersebut ditampikan dalam bentuk menu yang menyajikan daftar yang
dapat dipilih sesuai yang dikehendaki.
21.
Bagaimana
pengaruh e-Business dalam perusahaan?
Ada beberapa pengaruh e-business dalam perusahaan :
a. Pembeli dan dalam konteks Inbound Logistic. Dunia
internet dapat meningkatkanaktifitas pembeli dengan cara mempermudah perusahaan
dalam mengidentifikasicalon pemasok dan membandingkan harganya. Data mengenai
pembelian yangdilakukan disub unit organisasi yang berbeda sekarang ini dapat
disentralisasikan,sehingga dapat memungkinkan organisasi untuk menetapkan
pembelian totaldiseluruh dunia atas berbagai produknya.
b. Operasi internal perusahaan, sumber daya manusia,
dan infrastuktur perusahaan.Teknologi komunikasi tingkat lanjut dapat secara
signifikan dapat meningkatkaneffisiensi operasi internal perusahaan.
Peningkatan akses keinformasi dapat secarasignifikan meningkatkan perencanaan
perusahaan. Pada sumber daya manusia,aktifitas ini dapat mendukung untuk
effisiensi dan efektifitas dalam semua aktifitasutama.
c. Outbound Logistic. Merupakan akses yang tepat waktu
dan akurat atas informasi rincitentang pengiriman barang yang memungkinkan
penjual mengurangi biaya tranportasimelalui cara pengiriman gabungan kepara
pelanggannya yang lokasinya berdekatansatu dengan yang lainnya. Jika informasi
yang lebih tepat waktu tentang penjualan,maka dapat membantu pabrik
mengoptimalkan jumlah persediaan yang ditanggung.
d. Penjualan dan Pemasaran. Organisasi/perusahaan dapat
menciptakan katalogelektronik diwebsite mereka untuk mengotomatisasikan proses
input pesanan penjualan. Kehandalan ini tidak hanya memungkinkan para pelanggan
menyampaikan pesanan saat mereka menginginkannya saja, tetapi juga dapat secara
signifikanmengurangi jumlah staff dengan cara meniadakan/menghilangkan telepon,
surat-menyurat dan/atau pengiriman fax.
e. Pelayanan dan dukungan Purnajual. Dalam e-business
dapat secara signifikanmeningkatkan kualitas dukungan purnajual ke semua para
pelanggannya
22.
Sebutkan
model-model e-Business dan jelaskan!
a.
B2C
(Business to Consumers): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara
individu dan organisasi.
b.
B2B (Business
to Business): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi
dengan organisasi (antar organisasi)
c.
Consumer-to-consumer
(C2C) dimana konsumen menjual produk secara langsung kepada konsumen lainnya.
Biasanya individu mengiklankan produk, jasa, pengetahuan, maupun keahliannya
disalah satu situs lelang atau classified ads.
d.
Consumer-to-business
(C2B) meliputi individu yang menjual produk atau jasa kepada organisasi, serta
individu yang mencari penjual, berinteraksi dengan penjual tersebut, dan
melakukan transaksi.
e.
Non-business
electronic commerce, terdiri atas institusi non bisnis seperti lembaga
pendidikan, organisasi nirlaba, organisasi keagamaan, organisasi sosial, dan
instansi pemerintah. Umumnya organisasi non bisnis menggunakan berbagai tipe
e-commerce atau e-business untuk keperluan menekan biaya atau meningkatkan
layanan pelanggan dan operasi.
f.
Intrabusiness
(organizational) electronic commerce meliputi semua aktivitas internal
organisasi yang biasanya dilakukan melalui internet dan meliputi pertukaran
barang, jasa atau informasi.
23.
Apa
yang dimaksud dengan proses bisnis?
Proses bisnis adalah suatu kegiatan
yang saling terkait untuk menyelesaikan masalah tertentu guna mengubah
input menjadi ouput berupa barang atau
pun jasa yang lebih bernilai. Sementara itu, Menurut
Manganelli& Klein (1994), proses bisnis didefinisikan sebagai:
“Interrelated series of activities that convert business input into business
output” atau “Suatu keterkaitan kegiatan atau aktifitas yang mengubah input
menjadi output”.
24.
Apa
yang dimaksud dengan model Data REA? Dan sebutkan jenis-jenis entitas
a.
Model Data REA adalah sebuah framework
akuntansi untuk memodelkan resources, events, dan agents yang penting dalam
suatu organisasi dan membuat garis hubungan/keterkaitan diantara ketiganya.
Tidak seperti dalam sistem akuntansi tradisional, sistem REA membolehkan baik
data akuntansi dan nonakuntansi untuk diidentifikasi, diambil, dan disimpan
dalam database yang terpusat. Dengan database ini, tampilan/sudut-pandang
pengguna bisa dibuat untuk memenuhi
kebutuhan para pengguna dalam organisasi tersebut
b.
Jenis-jenis
Entitas
1.
Sumber daya
yang di dapat dan di pergunakan oleh organisasi
Sumber daya adalah hal-hal yang
memiliki nilai ekonomi bagi organisasi
2.
kegiatan
atau aktivitas bisnis yang di lakukan oleh organisasi
Merupakan berbagai aktivitas bisnis yang
informasinya ingin di kumpulkan perusahaan untuk tujuan perencanaan dan
pengendalian.
3.
Pelaku yang terlibat dalam kegiatan tersebut
Pelaku adalah orang-orang dan
organisasi yang terlibat dalam kegiatan yang informasinya ingin di dapatkan
untuk tujuan perencanaan, pengendalian, dan evaluasi.
25.
Tolong jelaskan bentuk pokok SIA?
Bentuk pokok sistem informasi akuntansi :
a.
Mengumpulkan dan
memproses data tentang kegiatan organisasi bisnis secara efisiensi dan efektif
b.
Menghasilkan informasi
yang berguna untuk pembuatan keputusan
c.
Melakukan penguasaan
yang memadai
26.
Tolong jelaskan prosedur pengelolaan
data.
Prosedurnya :
a.
Merekam data transaksi pada sebuah
dokumen
b.
Mencatat transaksi ke dalam jurnal
yang merupakan catatan yang sifatnya kronologis tentang apa yang telah terjadi
c.
Membukukan (memposting) data dari
jurnal ke dalam rekening buku besar yang meringkas data berdasarkan jenis
rekening
27.
Apa
yang dimaksud dengan EDI dan sebutkan keuntungan dari Electronic Data
Interchange (EDI)
a.
EDI
merupakan mekanisme pertukaran data oleh perusahaan yang dilakukan secara
elektronik dimana sebuah format dokumen atau struktur data dalam
bentuk UN/EDIFACT merupakan bagian dari dunia e-commerce yang digunakan sebagai
format standar untuk pertukaran data secara elektronik antar
organisasi/perusahaan.
b.
keuntungan
dari Electronic Data Interchange (EDI)
1. Penghematan Biaya
Penghematan
ini didapatkan karena dengan EDI tidak akan ada biaya kertas, tidak ada biaya
penyimpanan dokumen kertas dan tidak akan ada biaya pengiriman dokumen kertas.
2. Kecepatan
Kecepatan
ini didapatkan karena dengan EDI leadtime pengiriman dokumen hanya kurang dari
1 menit.
3. Keakuratan
EDI
akan mampu menghasilkan tingkat akurasi tinggi karena tidak ada entry data
ulang. Selain itu sistem EDI sudah dilengkapi dengan ECC (Error Correction
Control) yang akan mengidentifikasi kesalahan dengan cepat sehingga dapat
segera diperbaiki.
4. Keamanan
Penggunaan
enkripsi dokumen membuat dokumen hampir tidak bisa dipalsukan.
5. Integrasi
Integrasi
antar sistem dapat dilakukan dengan perantara EDI. Setiap unit didalam
organisasi akan terintegrasi dengan adanya EDI didalamnya sehingga proses
menjadi lebih efisien.
28.
Tolong jelaskan apa yang dimaksut
dengan dokumen transaksi serta jelaskan fungsi dan kegunaannya.
a. Dokumen
transaksi atau bukti transaksi atau bisa juga disebut bukti akuntansi adalah
dokumen-dokumen dasar transaksi (baik yang dibuat sendiri maupun yang berasal
dari pihak luar) yang digunakan sebagai sumber pencatatan atau penyusunan
laporan keuangan oleh suatu unit usaha. Bentuk bukti transaksi keuangan dapat
dibedakan menjadi dua yaitu:
1.
Bukti transaksi intern,
yaitu bukti transaksi yang berasal dan dilakukan di dalam lingkungan perusahaan
itu sendiri.
2.
Bukti transaksi
ekstern, yaitu bukti transaksi yang melibatkan pihak luar perusahaan.
b. Fungsi dan kegunaann Dokumen Transaksi
1.
Alat komunikasi
2.
Bukti dari apa yang
kita kerjakan / lakukan.
3.
Data pendukung apabila
ada masalah.
4.
Data pendukung untuk sebuah proses
29.
Tolong jelaskan dan sebutkan hal-hal
atau tahap-tahap yang dilakukan dalam perencanaan dokumen.
Pertimbangan umum
a.
Pertimbangan bobot dan kualitas
sesuai dengan pemakaian dokumen
b.
Formating dan ukuran standar untuk
keperluan pengarsipan, penjilitan dan pengiriman
c.
Warna kertas yang berbeda untuk
tembusan dokumen agar mudah pendistribusiannya
d.
Ringkasan tata cara pengisian
dokumen
Bagian
pembuka atas dokumen
a. Nama dokumen
di tempat paling atas dan dicetak tebal
b. Cantumkan
nomor urut dokumen
c. Dokumen
untuk pihak eksternal nama dan alamat perusahaan dicantumkan pada bagian atas
dokumen
Bagian isi
a.
Informasi yang logis dikumpulkan
menjadi satu
b.
Sediakan ruang yang cukup untuk
merekam data barang yang dipesan
c.
Urutkan data sesuai urutan standar
Bagian bawah
Sediakan ruang yang cukup untuk
mencantumkan disposisi tanda tangan atau persetujuan mencantumkan nilai total
transaksi dan menjelaskan distribusi dokumen
30.
Tolong jelaskan apa yang dimaksud
aplikasi siklus pendapatan berikan contohnya.
Siklus
pendapatan memproduksi transaksi yang mencatat empat pristiwa ekonomi :
permintaan barang dan jasa oleh pelanggan, pengiriman barang atau jasanya,
permintaan pembayaran dan tanda terima pembayaran.
Contohnya:
Aplikasi
entri pesanan
Aplikasi
pengiriman
Aplikasi
penyusunan rekening
Aplikasi
tanda tangan terima kas
31.
Tolong sebutkan dan jelaskan jenis
jenis kode rekening.
a.
Squential code (code urut) yaitu
kode yang dibuat urut karena dokumen atau objek yang diberi kode akan dikontrol
dan diawasi berdasarkan urutannya contoh: kode urut cek:
b.
Block code (kode blok) di sebut kode
blok karena kode diklarifikasikan ke dalam beberapa blok dan setiap blok di
gunakan untuk memberi kode sekelompok objek tertentu
Jenis kode
rekening
a.
Kode grup dalam kode grup setiap
angka mempresentasikan objek tertentu contoh 1 = aktiva, 11 = aktiva lancar.
b.
Kode kombinasi adalah kode yang
dibuat dengan mengkombinasikan huruf dan angka contoh AL = 1= aktiva lancar
32. 32. Ada 3 cara yang dilakukan untuk pendekatan
dokumen dalam transaksi, tolong sebutkan !
1.
Sistem
flowchart merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan
aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan
2.
Data Flow Diagram adalah suatu
diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data
sistem
3.
Entity Relationship Diagram (ERD)
merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data
berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi.
33.
Bagaimana
cara pengambilan keputusan dalam SIA?
Ada
lima langkah dalam proses pengambilan keputusan:
1.
Identifikasi
dan Diagnosa masalah
2.
Pengumpulan
dan Analisis data yang relevan
3.
Pengembangan
dan Evaluasi alternative alternative
4.
Pemilihan
Alternatif terbaik
5.
Implementasi
keputusan dan Evaluasi terhadap hasil-hasil
34.
Bagaimana
cara penjualan dan pemasaran e-Business?
Cara penjualan dan pemasaran e-business dapat didorong
dengan aktivitas promosi online melalui internet. Cara ini dapat membantu untuk
meningkatkan penjualan, karena semakin sering dipromosi maka makin besar
kemungkinan untuk orang mengetahui apa yang ditawarkan dan sangat memungkinkan
terjadinya penjualan. Ada beberapa media online yang dapat digunakan untuk
penjualan dan pemasaran yaitu : iklan, forum online, facebook commerce, dan
lain-lain.
35.
Apa
yang dimaksud dengan pengendalian internal?
Pengendalian
intern ialah suatu proses yang dipengaruhi oleh
dewan komisaris, manajemen, dan personil satuan usaha lainnya, yang dirancang untuk mendapat keyakinan memadai
tentang pencapaian tujuan dalam hal-hal
berikut: keandalan pelaporan keuangan, kesesuaian dengan undang-undang, dan peraturan yang berlaku,
efektifitas dan efisiensi
operasi.
36.
Sebutkan aktivitas aktivitas dalam siklus pengeluaran!
a. Memesan barang ,
persediaan, dan jasa
b. Menerima
dan menyimpan barang, persediaan, dan jasa
c. Membayar
untuk barang, persediaan, dan jasa
37.
Apa
itu COSO, tolong di Jelaskan dan sebutkan 5 komponen dalam COSO
a.
Committee
of Sponsoring Organization of The Treadway Commission (COSO) merupakan komite
yang dibentuk oleh organisasi – organisasi profesi di Amerika, antara lain
AICPA, Financial Executives Association, Institute of Management Accountants
(IMA), Institute of Internal Auditors (IIA) and American Accounting Association
(AAA). Pada tahun 1992, COSO mengeluarkan definisi tentang pengendalian
internal. COSO mendefinisikan pengendalian internal sebagai suatu proses yang
melibatkan dewan komisaris, manajemen, dan personil lainnya, yang dirancang
untuk memberikan keyakinan yang memadai tentang pencapaian tujuan dengan
kategori berikut, yaitu efektivitas dan efisiensi operasi, keandalan pelaporan
keuangan, kepetuhan terhadap hukum dan ketentuan yang berlaku.
b.
Lima Komponen dalam COSO
1.
Control
environment
Tindakan
atau kebijakan manajemen yang
mencerminkan sikap manajemen puncak secara keseluruhan dalam pengendalian
manajemen. Yang termasuk dalam control environment:
a. Integrity and ethical values (integritas dan nilai
etika)
b. Commitment to competence (komitmen terhadap
kompetensi)
c. Board of Directors and audit committee (dewan
komisaris dan komite audit)
d. Management’s philosophy and operating style
(filosofi manajemen dan gaya mengelola operasi)
e. Organizational structure (struktur organisasi)
f. Human resource policies and procedures (kebijakan
sumber daya manusia dan prosedurnya)
2. Risk assessment
Tindakan
manajemen untuk mengidentifikasi, menganalisis risiko-risiko yang relevan dalam
penyusunan laporan keuangan dan perusahaan secara umum. Yang termasuk dalam
risk assessment:
a.
Company-wide
objectives (tujuan perusahaan secara keseluruhan)
b.
Process-level
objectives (tujuan di setiap tingkat proses)
c.
Risk
identification and analysis (indentifikasi risiko dan analisisnya)
d.
Managing
change (mengelola perubahan)
3.
Control
activities
Tindakan-tindakan
yang diambil manajemen dalam rangka pengendalian intern. Yang termasuk control
activities:
a.
Policies
and procedures (kebijakan dan prosedur)
b.
Security
(application and network) –> (keamanan dalam hal aplikasi dan jaringan)
c.
Application
change management (manajemen perubahan aplikasi)
d.
Business
continuity or backups (kelangsungan bisnis)
e.
Outsourcing
(memakai tenaga outsourcing)
4. Information and communication
Tindakan
untuk mencatat, memproses dan melaporkan transaksi yang sesuai untuk menjaga
akuntablitas. Yang termasuk komponen ini adalah sebagai berikut.
a. Quality of information (kualitas informasi)
b. Effectiveness of communication (efektivitas
komunikasi)
5. Monitoring
Peniilaian
terhadap mutu pengendalian internal secara berkelanjutan maupun periodik untuk
memastikan pengendalian internal telah berjalan dan telah dilakukan penyesuian
yang diperlukan sesuai kondisi yang ada. Yang termasuk di dalam komponen ini,
yakni:
a. On-going monitoring (pengawasan yang terus
berlangsung)
b. Separate evaluations (evaluasi yang terpisah)
c. Reporting deficiencies (melaporkan
kekurangan-kekurangan yang terjadi
38.
Sebutkan
tiga dasar dalam konfigurasi LAN?
a.
Local Area Network
(LAN) /Jaringan Area Lokal
b.
Metropolitan
Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan
c.
Wide Area
Network (WAN) / Jaringan area Skala Besar
Komentar
Posting Komentar