Sistem Informasi Pemasaran PT Antam, Tbk
SITEM INFORMASI PEMASARAN
PADA PT ANTAM, Tbk
1. Sekilas
Tentang PT Antam Tbk
Antam (Aneka Tambang)
merupakan perusahaan pertambangan yang terdiversifikasi dan terintegrasi secara
vertikal yang berorientasi ekspor. Melalui wilayah operasi yang tersebar di seluruh
Indonesia yang kaya akan bahan mineral. Kegiatan Antam mencakup eksplorasi,
penambangan, pengolahan serta pemasaran dari sumber daya mineral yang dimiliki.
Antam memiliki konsumen jangka panjang yang loyal di Eropa dan Asia. Mengingat
luasnya lahan konsesi pertambangan dan besarnya jumlah cadangan dan sumber daya
yang dimiliki, Antam membentuk beberapa usaha patungan dengan mitra
internasional untuk dapat memanfaatkan cadangan yang ada menjadi tambang yang
menghasilkan keuntungan.
Antam (Persero) Tbk,
merupakan BUMN dengan kepemilikan saham 65%
pemerintah dan 35% publik. Antam berusaha dalam bidang pertambangan berbagai
jenis bahan galian, serta menjalankan usaha di bidang industri, perdagangan,
pengangkutan dan jasa yang berkaitan dengan pertambangan berbagai jenis bahan
galian tersebut. Saat ini pembelian atau penjualan logam mulia hanya dapat
dilakukan langsung di kantor UBPP Logam Mulia dan tidak dapat dilakukan di
Kantor Pusat PT ANTAM (Persero) Tbk, Jl. Letjen TB Simatupang No. 1, Jakarta.
Pembelian atau penjualan juga tidak dapat dilakukan secara online atau melalui
pengiriman.
2. Mengenal
Sistem Informasi Pemasaran Yang Digunakan PT Antam, Tbk
1. Proses Bisnis Lintas Fungsi di PT. Aneka Tambang, Tbk
Bentuk nyata penerapan e-business
dari PT Aneka Tambang, tbk (Antam), dapat dilihat di www.antam.com. Pada Website
tersebut dapat diperoleh berbagai informasi mengenai perusahaan tambang
ini. Selain itu, informasi terbaru perusahaan juga dapat diperoleh melalui Annual
Report atau Laporan Tahunan. Sebagai perusahaan yang bersifat terbuka,
Antam memiliki susunan struktur organisasi yang komplek, memiliki susunan
direksi yang terdiri dari direktur utama dan beberapa direktur seperti direktu
keuangan, direktur operasi, direktur pengembangan, direktur sumber daya
manusia, dan direktur umum dan corporate social responsibility (CSR). Selain
itu, untuk mendukung operasinya, perusahaan ini juga didukung oleh berbagai
divisi dan unit bisnis serta anak perusahaan yang tersebar di seluruh wilayah
Indonesia. Dewan komisaris bersama-sama dengan komite audit, komite nominasi,remunerasi
dan pengembangan SDM, komite manejemen resiko, komite Goor Corporate Social
Responsibility, Lingkungan, dan Pasca tambang pun berperan untuk mengawasi
perusahaan ini. Kompleknya bidang industri dan banyaknya divisi di Antam ini
telah terfasilitasi oleh perusahaan dengan cara penerapan teknologi informasi
yang mengembangkan sistem lintas fungsi perusahaan. Antam menggunakan sofware tertentu
yang memungkinkan antar bagian perusahaan terhubung satu sama lain sehingga
penyebaran informasi dapat terjadi dengan mudah. Seluruh bagian yang terlibat
dalam hal ini memiliki peran masing-masing dan saling membutuhkan. Proses
penemuan lahan tambang baru oleh Antam dimulai dari adanya dorongan bahwa tambang
emas akan habis masa pakainya. Oleh karena itu, Antam perlu melakukan
eksplorasi dan eksploitasi untuk menemukan lahan tambang potensial yang baru.
Kemudian tim research and development akan segera melaksanakan tugasnya.
Tim ini terdiri dari Project Development Group dan Technology Development. Unit
produksi berperan untuk melaksanakan proses produksi untuk memenuhi persyaratan
pelanggan dengan kompetensi dan jumlah SDM yang sesuai guna memaksimalkan shareholders
dan stakeholders value, meningkatkan kesejahteraan karyawan dan
berpartisipasi di dalam upaya menyejahterakan daerah sekitar operasi
perusahaan. Dalam bidang pemasaran didukung oleh Marketing dan Customer
Support. Tim Marketing dan Customer Support tentu melakukan market
test, market research, dan proses untuk mendapatkan timbal balik dari
konsumen.
Skema Proses Pengembangan Produk Baru
Pada PT Antam, Tbk
Sebagai sebuah
perusahaan terbuka, banyak pihak yang terlibat dalam pelaksanaan bisnis Antam
ini. Tim manajemen Antam telah menyusun sebuah arsitektur aplikasi perusahaan
yang menggambarkan mengenai kerangka kerja konseptual yang menghubungkan antara
proses dan interface dari aplikasi ebusiness.Kerangka kerja
konseptual ini secara sederhana menggambarkan hubungan antara pemasok (suppliers)
dan pelanggan melalui manajemen rantai pasok (Supply Chain Management),
Enterprise Resources Planing, dan Customer Relationship Management. Kerangka
ini juga menjelaskan hubungan antara pekerja dan mitra kerja melalui Partner
Relationship Management, Knowledge Management.
Skema Arsitektur Aplikasi
PT Antam, Tbk
2. Customer Relationship
Management (CRM) di PT Aneka Tambang,
Tbk.
CRM
adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dari suatu perusahaan untuk memungkinkan
perusahaan dapat secara efektif mengelola hubungan dengan para pelanggan.
Aplikasi CRM ini, di Antam dikenal dengan nama Marketing dan Customer
Support. Divisi ini bertugas untuk menjaga pelanggan dengan menggunakan
berbagai sarana interaksi baik lewat telepon, email, masukan di situs,
pemasaran dan sebagainya. Pelanggan Antam merupakan pelanggan global sehingga
dalam Websitenya digunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional
untuk memudahkan pelanggan dari berbagai negara untuk saling berinteraksi.
Namun, di Website tersebut juga tersedia layanan Bahasa Indonesia untuk
pelanggan dalam negeri. Di Website tersebut, informasi mengenai Antam
dapat diakses tanpa batas dan mudah. Terdapat beberapa komponen yang mendukung pelaksanaan
di CRM di Antam.
Skema
Komponen-komponen untuk penerapan
Customer
Relationship Management (CRM) pada PT Antam, Tbk
Komponen-komponen
yang ada pada gambar diatas dapat dijelaskan di bawah ini secara singkat :
a. Contact and Account Management.
Untuk
dapat menghubungi dan/atau mendapatkan informasi mengenai Antam maka dapat
dilakukan dengan cara berlangganan News Alert mailing list,telepon,
email, facsimile. Informasi ini dapat dengan mudah ditemukan di Website.
b.
Sales
Penjualan
produk emas Antam tidak dapat dilakukan langsung melalui Website www.antam.com.
Namun jika tertarik untuk membeli produk emas, maka pembelian dapat dilakukan
dengan cara klik www.logammulia.com
Logam Mulia merupakan salah satu Unit Bisnis dari PT Antam (Persero) Tbk, adalah
satu-satunya pemurnian emas dan perak di Indonesia.
c.
Marketing and Fulfillment
Dengan
sifat komoditas Antam yang berbasis kontrak jangka panjang, maka strategi
pemasaran Antam bertumpu pada kualitas komoditas yang diproduksi, pengiriman
yang tepat waktu dan cepat tanggap untuk menjaga kepuasan konsumen. Untuk
memastikan strategi pemasaran ini berjalan dengan baik, khusus untuk pemasaran
komoditas bijih nikel, feronikel dan bauksit, Antam memiliki Satuan Kerja Marketing
and Customer Support (MCS). Antam juga memiliki Kantor Perwakilan di Tokyo,
Jepang, guna mendukung kelancaran komunikasi dan pengiriman produk dengan
konsumen di wilayah Asia. Untuk wilayah Eropa, Antam memiliki perwakilan untuk
membantu aspek pengiriman ke konsumen. Komoditas emas dan perak Antam dijual
melalui UBPP Logam Mulia langsung ke konsumen dalam negeri mengingat penjualan
emas dan perak tersebut lebih banyak dilakukan secara retail dan lebih likuid.
Antam juga mengekspor emas ke Singapura. Aspek pemasaran komoditas emas, perak
danjasa pengolahan logam mulia dilakukan dengan mengikuti berbagai pameran yang
diselenggarakan di Indonesia. Pemasaran komoditas emas dan perak juga dilakukan
dengan memproduksi koin dinar dan dirham, koin penghargaan korporat serta
produkproduk terkait prosesi pernikahan. Pembayaran untuk produk Antam biasanya
dilakukan dengan letter of credit atau transfer dana secara langsung
sebelum pengiriman. Bijih nikel dan bauksit dikirimkan dengan term FOB,
sementara feronikel dengan term CIF. Pemasaran di Antam selain dilakukan
melalui Website juga dengan cara memanfaatkan media cetak seperti
baliho. Pemasaran dengan menggunakan Website ini juga sangat membantu
perusahaan.
d. Customer Service, and Support
Pada
Website Antam, layanan pelanggan hanya difasilitasi dengan tiga cara:
email, telepon, dan fax. Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai
Antam dapat berlanggananan ke News Alerts. Selain itu, jika ingin ke kantor
Antam, maka pelanggan dapat berkunjung ke kantor Antam baik yang ada di Jakarta
maupun Surabaya. Karena sifat barangnya yang rentan, maka pembelian atau
penjualan juga tidak dapat dilakukan secara online atau melalui pengiriman.
e.
Reteintion and Loyalty Program
Program
retensi dan loyalitas yang diterapkan di PT Aneka Tambang, tbk ini dengan cara
menjalin dan mengelola hubungan jangka panjang dengan para pelanggannya.
3.
Enterprise Resource Planning di PT Aneka Tambang, Tbk
Sebuah
proses lintas bisnis di Antam didorong oleh modul perangkat lunak yang
terintegrasi yang mendukung proses bisnis dasar perusahaan. Enterprise
Resource Planning (ERP) di Antam dilakukan dengan mendasarkan konsep
kerangka kerja.
Gambar
Enterprise Resource
Planning
PT Aneka Tambang, Tbk
4.
Supply Chain Management (SCM) di PT Aneka Tambang, Tbk
Terdapat
sebuah Divisi Supply Chain Management (SCM) di PT Aneka Tambang, tbk.
Antam menggunakan sistem E-Procurement dalam rangka meningkatkan
hubungan baik dengan para mitra kerja penyedia barang dan jasa sejak tahun
2009. Sistem ini merupakan bentuk implementasi dari Pedoman Pengelolaan Rantai
Pasokan (Supply Chain Management) Antam, dan telah terintegrasi ke dalam
situs sub menu E-Procurement. Melalui sistem ini, para mitra kerja
penyedia barang dan jasa dapat memperoleh informasi mengenai petunjuk
penggunaan aplikasi ESCM (Electronic Supply Chain Management) Antam dan
melihat pengumuman tender selama tahun berjalan beserta perkembangan statusnya.
Antam berkomitmen memilih mitra kerja penyedia barang dan jasa di lingkungan
Antam dengan prinsip-prinsip praktek usaha yang sah, efisien, dan wajar, juga
secara transparan, objektif, dan jujur, sesuai dengan dokumen pengadaan dan
kebijakan manajemen pengelolaan rantai pasokan yang berlaku. Antam juga membuat
keputusan pembelian berdasarkan faktor-faktor seperti kualitas barang/ jasa,
harga, waktu pengiriman, dan integritas. Komitmen ini dapat diketahui oleh para
mitra kerja penyedia barang dan jasa melalui aplikasi ESCM pada situs. Para
mitra kerja penyedia barang dan jasa harus mematuhi fakta integritas mitra
kerja Antam, dengan membuat pernyataan/janji tentang komitmen untuk melaksanakan
segala tugas dan tanggung jawab sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tidak
akan melakukan praktek Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme dengan karyawan Antam
atau sesama mitra kerja dalam proses pengadaan barang dan jasa di lingkungan
Antam (Annual Report, 2010). Konsep penerapan sistem ini dapat di lihat pada
gambar di bawah ini :
Gambar Penerapan Supply Chain
Management (SCM)
PT Aneka
Tambang, Tbk
5.
Enterprise Application Integration (EAI) di PT Aneka Tambang, Tbk
EAI
di Antam telah dilakukan oleh sebuah divisi khusus yang bernama Information
and Communication Technology dimana divisi ini secara menyeluruh membantu
menyimpan seluruh data dalam data base baik itu data yang berasal dari
dewan direksi, manajemen, pelanggan, mitra kerja, unit produksi, distribusi dan
sebagainya. Pengumpulan data base tersebut dilakukan dengan memanfaatkan
email, telepon, facsimile, datang langsung. Jika ada sebuah pesanan datang baik
melalui email, telepon, facsimile atau datang langsung (1), maka informasi ini
selanjutnya di kirimkan ke bagian pelayanan konsumen yang selanjutnya di
distribusikan ke berbagai aplikasi dan databases (2). Jika informasi pemesanan
telah divalidasi, data yang relevan selanjutnya dikirim ke bagian pemesanan
(3). Selanjutnya adalah proses pengembalian pemenuhan dan pengiriman informasi
ke sistem pemesanan (4) dan call center yang membutuhkan informasi
mengenai pesanan yang sedang berjalan (5)
Siklus
penerapan sistem ini dapat di lihat seperti tertera pada gambar di bawa ini :
Gambar
Enterprise
Application Integration (EAI)
PT Aneka Tambang, Tbk
6. Transaction Processing
Systems di PT Aneka
Tambang, Tbk
Harga
jual emas dan perak pada umumnya didasarkan atas harga yang ditetapkan oleh London
Bullion Market Association pada tanggal transaksi. Transaksi di Antam tidak
hanya transaksi penjualan tambang saja, namun juga ada transaksi penjualan
saham. Perusahaan mencatat transaksi saham diperoleh kembali dengan menggunakan
metode biaya perolehan (cost method). Setiap individu, termasuk Direktur
dan manajemen senior, tidak diperbolehkan untuk melakukan jual beli saham
Perusahaan apabila mereka memiliki informasi yang dapat mempengaruhi harga
saham Perusahaan. Persetujuan dari atasan masingmasing individu (minimal level
manajemen senior) harus diperoleh sebelum terjadinya transaksi jual beli.
Pendapatan dan posisi kas Perusahaan sebagian besar dalam mata uang dolar
Amerika Serikat sedangkan sebagian besar biaya dalam mata uang Rupiah. Antam
melakukan transaksi lindung nilai jika diperlukan untuk mengantisipasi
perubahan nilai tukar kurs mata uang asing.
7.
Enterprise Collaboration Systems (ECS) di PT Aneka Tambang, Tbk
ECS
di Antam dilakukan dengan menggunakan alat bantu elektronik berupa email, web
publishing, dan facsimile. Satuan Kerja Corporate Secretary melalui
unit Investor Relations bertanggungjawab untuk menciptakan pemahaman terhadap
perusahaan secara transparan dan konsisten. Untuk memfasilitasi komunikasi yang
intensif kepada pemegang saham, Antam menggunakan media elektronik seperti
situs dan email (corsec@antam.com) untuk menyampaikan informasi yang relevan. Pemegang
saham yang ingin mendapatkan informasi Antam secara berkala melalui email,
dapat mendaftarkan identitas dan alamat email pada mailing list pemegang
saham melalui situs Antam. Media komunikasi lain adalah news alert, program
advertising, conference call, dan investment conference. Situs
Antam merupakan media yang memfasilitasi akses terhadap informasi dan merupakan
bentuk komunikasi elektronik perusahaan dengan para pemangku kepentingan. Antam
terus mengembangkan fungsi situs sebagai sarana komunikasi yang efektif dengan memaksimalkan
setiap fungsi. Antam berusaha menyajikan kebutuhan informasi bagi pemangku
kepentingan yang mencakup informasi mengenai Antam, baik mengenai visi misi
Antam, strategi, produk dan struktur manajemen, kegiatan perusahaan, kinerja
keuangan, tata kelola, rilis media dan laporan, serta informasi bagi pemegang
saham. Media yang melibatkan calendering, tasks and project management,
workflow systems, knowledge management, serta document sharing yang
dilakukan di berbagai situs. Corporate Secretary Antam memastikan bahwa informasi
tersebut telah diungkapkan terlebih dahulu kepada regulator pasar modal dan
secara resmi telah diungkap ke publik sebelum diungkapkan di situs. Pada situs,
juga tersedia Laporan Tahunan, Laporan Aktivitas Kuartalan, Laporan Bulanan
Produksi, pengumuman yang dipublikasikan di ASX, harga saham di ASX, dan berita
lainnya seputar operasi Antam sesuai ketentuan ASX Listing Rule. Laporan
Keuangan yang dipublikasikan secara kuartalan juga didukung oleh penjelasan dan
catatan yang ditujukan untuk menyediakan informasi yang memadai kepada investor
dalam melakukan penilaian terhadap Antam. Selain melalui situs Antam
(www.antam.com), Antam juga melaporkan hal-hal penting selama tahun 2010 kepada
ASX dan BEI untuk diungkapkan di situs ASX (www.asx.com.au) dan BEI
(www.idx.co.id). Antam juga menyediakan halaman khusus pada situs Antam yang
memuat informasi mengenai kerangka kerja corporate governance dan
praktiknya. Halaman Corporate Governance ini dikelola dan dimutakhirkan
secara berkala oleh Corporate Secretary (Annual Report, 2010).
Komentar
Posting Komentar