Cara-Cara Berinvestasi Yang Aman dan Sesuai dengan Kebutuhan Konsumen


TIPS BERINVESTASI

Sebagai bagian dari program edukasi yang dilaksanakan oleh OJK secara masif dan komprehensif, akan di uraikan bagaimana cara berinvestasi yang aman dan sesuai dengan kebutuhan konsumen(smart investing),antara lain :
1.      Ketahuilah kebutuhan keuangan dimasa yang akan datang. Kebutuhan tersebut berkaitan dengan tujuan keuangan jangka pendek, menengah, dan panjang. Dengan memahami kebutuhan keuangan tersebut, kita akan dapat mengelola keuangannya dengan baik.
2.      Wajib memahami produk keuangan yang ditawarkan. Bila produk tersebut suda dipahami dan tidak jelas pengelolaannya oleh pihak yang menawarkan, kita harus menghindarinya. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan pada masa yang yang akan datang yang suda pasti sehingga investasi harus dilakukan secara cerdas dan tepat sasaran.
3.      Pahami risiko produk keuangan yang ditawarkan. Kita harus memahami mana produk yang masuk dalam program penjaminan pemerintah dan mana yang meruppakan produk investasi yang tidak dijamin pemerintah. Dengan memahami risiko, kita dapat mengalokasikan dana secara lebih baik.
4.      Bila ada tawaran investasi dengan iming-iming hasil yang tinggi dan diluar kewajaran, kita sebaiknya menghindari investasi tersebut, karena selain berisiko tinggi, tidak dijamin pemerintah. Oleh karena itu kita harus kritis dan meneliti perizinan pihak yang menawarkan investasi tersebut, dan mengetahui siapa lembaga  pemerintah yang mengawasinya.
5.      Jika kita ragu, sebaiknya bertanya. Untuk itu, bertanya pada pihak yang mempunyai kuasa pelayanan atas konsumen atau masyarakat, pihak yang dimaksudkan adalah pemerintah, dalam hal ini adalah OJK.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal & Jawaban Sistem Informasi Akuntansi

Tugas Diskusi dan Online (Bab 15-Bab 19) Komunikasi Bisnis

3 Peran Manajemen Menurut Henry Mintzberg