Tugas Diskusi dan Online (Bab 12) Komunikasi Bisnis


DISKUSI
BAB 12




1.      Dengan semakin majunya teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini, maka kini pengiriman surat dapat dilakukan dengan mudah dan cepat yaitu dengan menggunakan surat elektronik (electronicmail/email). Bagaimana dampak munculnya surat elektronik terhadap keberadaan surat konvensional (kertas)?
Jawab:
Teknologi sekarang sudah semakin maju, bahkan mengirim surat pun, sekarang tidak ada satu menit sudah sampai yaitu menggunakan surat elektronik atau disebut email, dan hal itu akan mengakibatkan dampak terhadap keberadaan surat konvensional (kertas), lalu apa saja dampak munculnya surat elektronik/email terhadap surat kertas: mungkin tidak disadari sebelumnya, hal ini akan menyebabkan pengangguran di bidang POS, karena dulu masih banyak orang yang menggunakan surat konvensional untuk mengirim surat  dan itu memerlukakan jasa POS lalu karena muncul surat elektronik orang tidak akn menggunakan lagi jasa POS dan akan menggunakan surat elektronik  karena lebih praktis dan efisien
2.      Sebelum menulis surat-surat bisnis, sebaiknya perlu dibuat outline terlebih dahulu. Namun, menurut tantangan pihak lain mengatakan bahwa membuat outline itu tidak perlu dan hanya membuang-buang waktu atau sia-sia saja. Bagaimana menurut anda?
Jawab:
Outline, atau biasa disebut kerangka karangan , adalah inti dari sebuah cerita atau tulisan pendek, selalu mengutamakan outline dalam prosesnya, Karena dengan outline, kita dapat mengetahui apa yang kita tulis dan membuat tulisan kita lengkap.
Tulisan yang perlu menggunakan outline adalah menyusun karya ilmiah seperti skripsi, tugas akhir, laporan penelitian, dan sebagainya.
Maka dari itu dalam menulis surat-surat bisnis, sebaiknya tidak usah menggunakan outline karena itu hanya membuang-buang waktu saja, menulis surat-surat bisnis sebaiknya langsung saja menulis keperluan apa yang akan disampaikan.
3.      Sebagai mahasiswa, apa arti pentingnya korespondensi bisnis bagi anda? Apakah perbedaan dan persamaannya dengan budaya tulis menulis karya ilmiah diperguruan tinggi anda?
Jawab:
Korespondensi merupakan salah satu bentuk komunikasi verbal yang digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis maupun non bisnis kepada pihak lain. Seperti memo, proposal, agenda, maupun dalam bentuk laporan.
Perbedaan dari korespondensi dengan budaya tulis mungkin cara kegunaanya atau penyampaiannya, kalau korespondensi digunakan untuk menyampaikan suatu pesan kepada pihak lain dan cara penyampaiannya ditulis lalu audiens membacanya sendiri, sedangkan karya ilmiah digunakan untuk pemecahan masalah atau penelitian dan cara penyampaiannya harus dibahas secara lesan didepan audiens.
Persamaan dari korespondensi dengan budaya tulis mungkin cara pembahasannya, dalam membahas korespondensi penulisannya harus   mendetail agar isi pokok permasalahanya bisa dimengerti dengan baik oleh audiens, seperti halnya pula menulis karya ilmiah penulisanya harus mendetail tentang apa yang di bahas, agar audiens dapat mengetahui isi pokok permasalahan dengan baik



ONLINE
 BAB 12


1.      Kunjungilah kealamat website http://www.amazon.com .Amazon.com merupakan perusahaan dotcom yang memfokuskan diri pada belanja online. Berdasarkan hasil temuan tersebut, pilih salah satu produk yang paling anda minati.
Pertanyaan:
a)    Sebutkan produk apa saja yang dapat ditawarkan dalam belanja online!
b)   Jelaskan bagaimana proses untuk melakukan belanja online tersebut!
c)    Jelaskan apa kelebihan dan kekurangan/ kelemahan belanja online!
Jawab:
a)      Produk-produk yang terdapat di belanja online di website http://www.Amazon.com adalah barang-barang elektronik seperti Camera digital, CCTV, Tipe Recorder, Handphone, Television, dan masih banyak lagi.
b)      Cara belanja di website ini sangat mudah dan praktis!
Pertama-tama anda memilih kategori barang yang akan di beli setelah itu pilih barang apa yang dibeli, lalu klik beli pada bagian barang yang anda beli, selanjutnya isi data alamat anda untuk pengiriman dan setelah mengisi data lalu anda tinggal menunggu orderan datang.
c)      Kelebihan belanja online adalah menghemat waktu bagi yang sibuk dengan urusan, proses pembelanjaan sangat praktis, dan lebih menghemat tenaga karena tidak datang langsung ke toko.
Kelemahan belanja online adalah sering kali terjadi kasus penipuan, fisik dan kualitas barang tidak sesuai dengan apa yang disesuaikan, dan memerlukan waktu untuk barang itu di kirim.
2.      Kunjungilah alamat website  http://www.ebay.com perusahaan dotcom eBay.com memiliki persamaan dengan perusahaan amazon.com yang bergerak dibisnis belanja online.
Pertanyaan:
a)    Sebutkan beberapa jenis produk yang ditawarkan dalam website tersebut!
b)   Jelaskan perbedaan antara amazon.com dengan eBay.com (dalam berbagai sisinya)!
Jawab: 
a)    Produk-produk yang terdapat di belanja online di website http://www.Ebay.com adalah barang-barang elektronik dan pakaian seperti Camera digital, Tipe Recorder, Handphone, Television, sepatu celana, baju, sweter dan masih banyak lagi.
b)   Perbandingan antara amazon.com dengan eBay.com  antara lain:
·      Dalam segi melihat harga ebay sangat mudah jika dibandingkan dengan amazon yang agak sulit
·      Dalam segi pengiriman barang, Ebay biaya pengiriman gratis kalau amazon bayar
·      Dalam segi penayangan produk, amazon ditayangkan bagaimana poduk yang baik sedangkan ebay tidak ada penayangan produk.
3.      Kunjungilah    alamat website berikut ini : http://www.io.com/~hcexres/textbook/genlett.html. berdasarkan artikel tersebut sebutkan beberapa komponen penting dan format dalam penulisan surat-surat bisnis ?
Jawab:
Dalam menulis surat-surat bisnis pasti ada beberapa komponen penting dan format agar penulisan surat menjadi baik dan teratur
Komponen dan format surat antara lain:
·      Kepala surat atau kop surat
·      Tanggal surat
·      Nomor, lampiran, dan perihal
·      Nama dan alamat surat
·      Salam Pembuka
·      Isi Surat
·      Salam Penutup
·      Tanda Tangan, Nama Jelas, dan Jabatan
·      Tembusan
·      Inisial
4.      Dalam kaitannya dengan efektifitas dalam korespondensi bisnis, cobalah kunjungi alamat website berikut ini : http://ezinearticles.com/?8-Rules-For-Effektive-Business-Correspondencid=4394988. Berdasarkan artikel tersebut, jelaskan 8 aturan yang berkaitan dengan efektifitas dalam melakukan korespondensi bisnis ?
Jawab:
·      Hal yang penting untuk diingat bahwa sesuatu yang tertulis berpotensi untuk dapat digunakan oleh setiap individu atau perusahaan dalam pengadilan hukum.
·      Mengidentifikasi tujuan anda, sebelum menulis dokumen; apakah mengupdate tentang perusahaan, kebijakan, atau membuat rencana bisnis baru
·      Pertimbangkan audiens dan pengetahuan yang ada pada mereka
·      Membuat secara garis besar, point-point penting kemudian kembali mengedit
·      Menggunakan istilah yang tepat, sehingga dapat di mengerti ketika pembaca melihat dokumen kita
·      Menggunakan bahasa yang sopan santun dalam menyapa pembaca
·      Menyertakan kontak
·      Mengoreksi untuk terakhir kalinya sebelum mengirim, memastikan bahwa point dan tujuam dokumen telah dipenuhi dengan jelas

5.      Kunjungilah alamat website ini yang berkaitan dengan tipe atau jenis-jenis korespondensi bisnis http://www.savvy-business-correspondence.html. Berdasarkan artikel tersebut, jelaskan beberapa jenis korespondensi bisnis yang ada dalam dunia bisnis ?
Jawab:
·      Korespondensi Pemesanan, korespondensi pemesanan adalah surat yang digunakan untuk memesan barang dari perusahaan lain
·      Korespondensi Penagihan, surat yang digunakan untuk menagih hutang dari perusahaan lain, agar segera dibayar
·      Korespondensi Pengumuman, surat ini digunakan untuk memberitahu kepada seluruh jajaran perusahaan
·      Korespondensi Perjanjian, surat ini digunakan untuk mengikat kerjasama antara perusahaan satu dengan lainnya
·      Korespondensi Pengaduhan, surat yang berisi tentang pengaduan pelanggan kepada pihak lain
6.      Dalam kaitannya dengan jenis korespondensi bisnis yang banyak digunakan dalam dunia bisnis saat ini, kunjungilah alamat website berikut ini : http://ezinearticles.com/?Tipes-of-Business-Correspondence-in-the-Contemporary-Officeid=1113851. Berdasarkan artikel tersebut, jelaskan secara ringkas jenis korespondensi bisnis tersebut ?
Jawab:
Dari artikel diatas, jenis korespondensi bisnis yang digunakan adalah
·         Korespondensi Permintaan Informasi, karena surat yang dikirim oleh seorang, kelompok atau lembaga untuk meminta berbagai informasi penting kepada pihak lain baik perseorangan atau lembaga
·          Korespondensi pemesanan, karena dalam dunia bisnis, surat ini pasti digunakan perusahaan untuk memesan barang atau jasa kepada perusahaan lain
·         Korespondensi penagihan, surat ini digunakan untuk menagih hutang dari perusahaan lain, karena tidak sanggup membayar, dengan apa yang sudah dijanjikan kedua belah pihak.

     

Komentar

  1. Terima kasih atas Informasi yang anda bagikan, karena benar- benar sangat membantu dalam menjawab PR saya. :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal & Jawaban Sistem Informasi Akuntansi

Tugas Diskusi dan Online (Bab 15-Bab 19) Komunikasi Bisnis

3 Peran Manajemen Menurut Henry Mintzberg