Karakteristik Investasi Yang Perluh Diwaspadai


KARAKTERISTIK INVESTASI
YANG PERLUH DIWASPADAI

Dalam melakukan investasi, ada dua hal utama yang wajib dipahami oleh kita semua, yaitu tingkat imbal hasil yang ditawarkan (return) dan tingkat risiko (risk). Khusus terkait risiko, setiap investor memiliki sikap toleransi terhadap risiko investasi yang berbeda-beda. Sebagian merasa nyaman untuk mengambil risiko (risk-takers), sebagian ragu-ragu (risk-moderate), dan ada juga yang benar-benar tidak berani untuk mengambil risiko (risk-averse).
Tidak ada satu instrument pun yang cocok untuk semua orang sebelum melakukan investasi, setiap investor perlu mengenali profil ririko masing-masing sehingga dapat memilih instrument investasi yang paling sesuai dengan kebutuhannya.
Permasalahannya,  kita seringkali hanya memperhatikan tingkat  return , tetapi lupa atau kurang memperhatikan tingkat risk yang mungkin dihadapai jika memilih investasi dimaksud. Kenyataan inilah yang menjadi salah satu penyebab makin maraknya kasus penipuan dan korban penawaran investasi yang diduga illegal kepada kita.
Berangkat dari konteks permasalahan diatas, maka berikut ini ada 7 ciri investasi yang wajib diwaspadai oleh kita, antara lain :
1.      Memberikan iming-iming tingkat imbal hasil yang sangat tinggi (high rate of return)
2.      Adanya jaminan bahwa investasi tidak memiliki risiko investasi (free risk)
3.      Pemberian bonus dan cashback yang sangat besar bagi konsumen yang bisa merekrut konsumen baru
4.      Penyalahgunaan testimony dari para pemuka masyarakat untuk memberi efek penguatan (endorsement) dan kepercayaan
5.      Janji kemudahan untuk menarik kembali aset yang diinvestasikan dan jaminan keamanan aset yang diinvestasikan (easy, flexible, and safe)
6.      Jaminan pembelian kembali tanpa pengurangan nilai (buy back guarantee)
7.      Kita juga harus ingat bahwa surat izin usaha perdagangan (SIUP) bukan merupakan izin untuk melakukan penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal & Jawaban Sistem Informasi Akuntansi

Tugas Diskusi dan Online (Bab 15-Bab 19) Komunikasi Bisnis

3 Peran Manajemen Menurut Henry Mintzberg