Tugas Diskusi dan Online (Bab 3) Komunikasi Bisnis


DISKUSI
BAB 3
  1. Peran komunikasi dalam menetapkan keanggotaan untuk masing-masing kelompok
Komunikasi dapat menghubungkan antara satu orang dengan yang lainnya, dan antar bagian dalam organisasi. Dalam menetapkan keanggotaan dalam suatu organisasi, Komunikasi merupakan hal yang penting. Yang  harus dilakukan adalah komunikasi dengan bertatap muka dan setiap individu harus mencari solusi dan menyampaikan pesan itu melalui pendapatnya, hal ini sudah merupakan suatu bentuk komunikasi. Melakukan musyawara dengan komunikasi antar bagian dalam organisasi. Pesan yang disampaikan juga harus dapat dimengerti oleh penerima pesan dengan baik dan benar untuk mencapai tujuan itu.
  1. Komunikasi dawnward communication lebih penting karena menurut pendapat saya semua kegiatan dalam organisasi dapat berjalan baik ketika selalu ada pengendalian yang baik juga. Komunikasi ini pada umumnya lebih berkaitan dengan tanggung jawab dan wewenang. Tujuan dari komunikasi ini adalah menyampaikan informasi,mengarahkan,mengoordinasi,memotivasi,memimpin,dan mengendalikan kegiatan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  2. Tindakan yang perluh diambil ketika mendapatkan karyawan pada jam kerja lebih banyak ngobrol daripada melakukan tugas-tugasnya?
Dalam hal ini seorang manajer perluh mengatahui peran apa yang perluh diambil dalam kasus seperti ini. Menurut saya peran yang diambil adalah peran komunikasi antar pribadi, hal ini untuk dapat menjaga keseimbangan dalam kerja, karena manajer harus mencari solusi terbaik dengan memangil karyawan tersebut dan memberikan pengarahan dan motivasi tentang bagaimana menjalankan tugas sebagai karyawan yang baik untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
  1. Langkah-langkah yang perluh diambil dalam menangani isu tentang penjualan bakso yang menggunakan daging babi.
Ketika ada isu yang beredar tentang hal ini, maka perlu secepatnya diambil langkah penyelamatan. Langkah-langkah itu antara lain :
a.       Melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti media massa untuk menghentikan pemberitaan itu karena berita itu tidak benar
b.      Mencari  tau pengaruh beredarnya isu untuk mendapat kepastian
c.       Memusatkan perhatian untuk menyelesaikan isu yang sedang beredar
d.      Mengumumkan kepada masyarakat bahwa itu hanya sebuah isu yang tidak benar untuk kembali memulikan kepercayaan masyarakat
  1. Cara yang dilakukan dalam meredam kasus biscuit yang beracun sehingga menyebabkan kematian
Dalam meredam kasus ini upaya pertama yang harus dilakukan adalah tindakan penyelamatan dengan menarik semua produk dari masyarakat, setelah itu melakukan identifikasi terhadap penyebab terjadinya kasus itu. Sebagai pemilik perusahan harus dengan jiwa besar siap menerima semua resiko yang terjadi. Untuk dapat mengendalikan kondisi ini perluh dengan terbuka menjelaskan masalah ini dimasyarakat  sedetail mungkin. Dalam situasi krisis komunikasi seperti ini ada beberapa hal yang perluh dilakukan, antara lain :
·         Menyiapkan tim yang terampil dalam penanganan kasus ini
·         Manajemen puncak harus segera bertindak
·         Ciptakan sebuah pusat informasi
·         Menceritrakan kejadian itu secara menyeluruh
·         Menunjukan keseriusan dalam penangan kasus

TUGAS ONLINE
BAB 3

1.      Sebagai perusahaan yang memproduksi peralatan untuk pesawat terbang, energy, dan lingkungan, Lockheed Martin telah mengembangkan kode etik perusahaan. Silahkan anda membuka website Lockheed Martin di http://lockheed.com/ethics. Selanjutnya telaahkelima kode etik tersebut. Berikut ini kode etik yang di kembangkan oleh Lockheed Martin :
·         Untuk karyawan kami, kami berkomitmen untuk kejujuran, hanya manajemen, keadilan, menyediakan lingkungan yang aman dan sehat bebas dari rasa takut akan pembalasan, dan menghormati martabat karena setiap orang.
·         Untuk pelanggan kami, kami berkomitmen untuk menghasilkan produk yang handal dan layanan, disampaikan pada waktu, dengan harga yang wajar.
·         Untuk masyarakat di mana kita hidup dan bekerja kami berkomitmen untuk mengamati praktek bisnis lingkungan yang sehat dan bertindak sebagai tetangga prihatin dan bertanggung jawab, yang mencerminkan semua aspek warga negara yang baik.
·         Untuk para pemegang saham kami berkomitmen untuk mengejar pertumbuhan yang sehat dan tujuan pendapatan dan berolahraga kehati-hatian dalam penggunaan aset dan sumber daya kami.
·         Untuk pemasok dan mitra kami, kami berkomitmen untuk persaingan yang adil dan rasa tanggung jawab yang diperlukan dari pelanggan yang baik dan rekan setimnya.
·         Kami berkomitmen untuk pengobatan etis dari mereka yang kita memiliki kewajiban.
·         Kami akan melakukan bisnis kami sesuai dengan semua hukum dan peraturan yang berlaku.
·         Mempromosikan Positif Lingkungan Kerja
·         Bekerja Aman: Lindungi Diri, rekan Anda, dan World We Live In
·         Kami berkomitmen untuk menyediakan, aman, dan sehat lingkungan kerja bebas narkoba
·         Biaya rekor Benar
·         Karyawan dan supervisor mereka bertanggung jawab untuk ... catatan Perusahaan.
·         Tahu dan Ikuti Hukum Ketika Terlibat dalam Bisnis Internasional
·         Ikuti Common Sense Hukum dan Penggunaan dalam Kontribusi Politik dan Kegiatan
·         Hati-hati Bid , Negosiasi, dan Lakukan Kontrak
Dari lima belas kode etik diatas dapat dilihat bahwa sangat perluh ada aturan yang mengatur dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Hal-hal itu mencakup karyawan, pelanggan, masyarakat setempat, pemegang saham, lingkungan, barang dan jasa yang diproduksi,pemerintah, kontribusi dan segala sesuatu yang berkaitan dalam melakukan kegiatan di dalam organisasi itu sendiri.
2.      Komunikasi formal dalam suatu perusahaan dapat dilihat dari struktur organisasinya. Kunjungi alamat website berikut ini http://www.easycommunication.info/effective-communication/effective-formal-communication. Berdasarkan artikel tersebut, bagaimana efektifitas komunikasi formal dalam suatu perusahaan?

Untuk meningkatkan komunikasi yang lebih efektif dalam suatu perusahan perluh di selidiki proses pendekatan yang dilakukan, saluran komunikasi yang digunakan, media, hubungan dalam organisasi, ketergantungan, lingkungan dan pesan apa yang mau disampaikan.

3.      Saluran komunikasi formal mencakup saluran komunikasi kebawah, keatas, sederajat, atau diagonal. Kunjungilah alamat website berikut ini http://www.marcbowles.com/courses/adv-dip/module2/module10/m10two.htm. Berdasarkan informasi tersebut, jelaskan bagaimana alur komunikasi yang ada dalam bagan tersebut!

Saluran komunikasi yang digunakan Dr.Marchus adalah saluran komunikasi dari atas ke bawah, hal ini dilihat dari pesan yang disampaikan adalah berupa pengarahan atau instruksi kerja, memberikan informasi mengapa suatu pekerjaan harus dilaksanakan, memberikan informasi tentang prosedur dan praktik organisional, menyajikan informasi mengenai aspek ideology dalam mencapai tujuan, dan memberikan umpan balik dalam pelaksanaan kerja.

4.      Kunjungi alamat website berikut ini http://www.unites.org/html/resource/im/im1.htm. Berdasarkan artikel tersebut, apa arti penting komunikasi informal dalam dunia bisnis.

Dari artikel ini dapat dikatakan bahwa komunikasi informal tidak berdasarkan alur komunikasi yang tidak terstruktur secara struktur, komunikasi ini sering tidak mendapat pengakuan resmi yang mungkin tidak berpengaruh pada kepentingan organisasi. Komunikasi ini dari sudut pandang secara bisnis hanya dapat memberikan pesan-pesan bisnis antara lingkungan penerima pesan dalam situasi yang tidak resmi.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal & Jawaban Sistem Informasi Akuntansi

Tugas Diskusi dan Online (Bab 15-Bab 19) Komunikasi Bisnis

3 Peran Manajemen Menurut Henry Mintzberg