Tugas Diskusi dan Online (Bab 9- Bab 11) Komunikasi Bisnis


DISKUSI
BAB 9


1.      Seorang pelanggan mengirim surat permintaan informasi kepada suatu perusahaan. Ia sangat tertarik terhadap suatu produk yang baru saja diiklankan dalam sebuah majalah ternama di ibu kota. Dalam menjawab atau membalas surat permintaan informasi tersebut, mana yang lebih tepat antara dalam bentuk surat atau personal. Mengapa demikian ?

Jawab :
a.       Memulai dengan ide pokok, dengan mengemukakan secara jelas dan tegas, jangan bertele-tele
b.      Ikuti penjelasan yang lebih rinci tentang bagaimana dan apa permintaan yang dikehendaki. Dalam bagian ini dapat dilakukan tanya jawab
c.       Bagian penutup, kemukakan pernyataan keramahan, apresiasi/penghargaan dan tindakan khusus yang diinginkan. Agar muda dihubungi cantumkan nomor telephon yang dapat dihubungi.

2.      Seorang alumni suatu perguruan tinggi ingin melamar suatu pekerjaan. Salah satu persyaratannya adalah memiliki minimal tiga surat rekomendasi. Ia memiliki kemampuan akademis maupun keterampilan berorganisasi yang biasa saja, dalam artian tidak terlalu menonjol. Ia adalah salah satunya anak yang sangat diharapkan oleh keluarganya untuk menjadi tulang punggung keluarga, setelah ayahnya tiada. Sebagai orang yang diminta untuk memberikan rekomendasi, apa yang dapat anda lakukan terhadap kasus tersebut ?

Jawab :
Apabila pelamar tersebut memiliki kemampuan yang standar dan tidak memiliki kemampuan yang lebih serta tidak sesuai dengan persyaratan yang ditentukan, saya akan memberikan rekomendasi dengan suatu perjanjian tertentu, walaupun kemampuan yang dimiliki standar. Konsep yang saya kemukakan ini karena terjadi pada suatu kondisi tertentu.


ONLINE
BAB 9

1.        Dalam dunia bisnis praktis, penulisan pesan-pesan rutin biasa dilakukan. Oleh karena itu, untuk menambah wawasan tentang pesan-pesan rutin dalam dunia bisnis, kunjungilah alamat website berikut ini : http://real-timeupdates.com/it/portal/cache.php?id=15886. Berdasarkan artikel tersebut, bagaimana cara menulis pesan-pesan rutin ?

Jawab :
a.       Memulai dengan ide pokok, dengan mengemukakan secara jelas dan tegas, jangan bertele-tele
b.      Ikuti penjelasan yang lebih rinci tentang bagaimana dan apa permintaan yang dikehendaki. Dalam bagian ini dapat dilakukan tanya jawab
c.       Bagian penutup, kemukakan pernyataan keramahan, apresiasi/penghargaan dan tindakan khusus yang diinginkan. Agar muda dihubungi cantumkan nomor telephon yang dapat dihubungi.

2.        Pada penyampaian pesan-pesan bisnis yang menyenangkan, orang cenderung menggunakan pendekatan langsung. Oleh karena itu, coba kunjungi alamat website berikut ini : http://owl.english.purdue.edu/owl/resource/654/1/. Berdasarkan artikel tersebut, bagaimana cara penyampaian pesan-pesan bisnis yang positif tersebut ?

Jawab :
Berfokus pada kata-kata positif daripada negatif, hanya karena kebanyakan orang merspon lebih baik terhadap ide-ide positif deripada yang negatif. Kata-kata yang mempengaruhi pembaca secara positif cenderung menghasilkan respon yang di inginkan dalam situasi menulis surat. Sebuah penekanan yang positif akam membujuk pembaca dan menciptakan goodwill. Sebaliknya, kata-kata negatif yang dapat menghasilkan resistensi dan reaksi yang tidak menguntungkan lainnya. Oleh karena itu, harus berhati-hati untuk menghindari kata-kata dengan konotasi negatif. Kata-kata ini juga menyangkal misalnya, tidak, menolak, dan menghentikan atau menyampaikan bahagia atau tidak menyenangkan. Asosiasi misalnya sayangnya, tidak dapat, tidak bisa, kesalahan,masalah,kerusakan,kehilangan dan kegagalan.

3.        Surat rekomendasi untuk berbagai keperluan dari kepentingan memang sangat diperluhkan, bahkan untuk keperluan studi lanjut. Kunjungilah alamat website berikut ini : http://www.writeexpress.com/recommendation-letter.html. berdasarkan artikel tersebut, jelaskan bagaimana cara menulis surat rekomendasi yang baik ?

Jawab:
a.       Jelaskan bagaimana anda tahu tentang pemohon, jika anda sudah kenal dia untuk waktu yang lama, anda dapat menyatakan fakta bahwa.
b.      Nytakan kualifikasi anda sendiri. Mengapa pembaca tertarik dalam rekomendasi anda? Berapa banyak orang lain sekeliber pemohon yang anda tahu.
c.       Daftar kualitas dan keterampilan yang luar biasa dari pemohon, terutama yang spesifik untuk bidang pemohon bunga atau permintaan pekerjaan.
d.      Tekankan poin-poin penting yang ingin dicatat pada resume atau aplikasi. Pastikan untuk bermakna rumit, tidak hanya menyatakan kembali.
e.       Berikan penilaian pada pemohon terhadap kualifikasi dan potensial.
f.       Berikan contoh-contoh spesifik untuk mendukung apa yang kamu katakan dalam surat rekomendasi.
g.      Jika itu benar-benar relevan, tidak meliputi refernsi untuk perlombaan pemohon, agama, asal usul kebangsaan, usia, kecacatan, jenis kelamin atau status perkawinan.
h.       Jangan terlalu singkat, surat rekomendasi untuk pekerjaan harus dalam satu halaman, surat rekomendasi untuk sekolah harus satu sampai dua halaman.
i.        Membuat berakhir kuat tanpa berlebihan.
j.        Daftar informasi kontak anda jika anda bersedia untuk meneriam tindak lanjut korespondensi
k.      Mengoreksi, surat rekomendasi mewakili anda dan pemohon.

4.        Siapa yang tidak senang dengan berita yang menyenangkan (good news) ? siapapun pasti suka kalau memperoleh goog news tersebut. silahkan kunjungi alamat website berikut ini : http://www.ehow.com/how5190934write-article-people-want-read.html. berdasarkan artikel tersebut, bagaimana cara menulis good news yang memungkinkan pembaca tertarik untuk membacanya ?

Jawab:
Dalam penulisan pesan-pesan positif goodnews dan goodwill gunakanlah pendekatan langsung. Hal itu dilakukan karena pembaca pada umumnya tertarik atas apa yang akan kita sampaikan. Tujuan yang dicapai adalah mengkomunikasikan informasi arau goodnews, menjawab semua pertanyaan, menyiapkan secara rinci apa yang diminta dan yang lebih penting usahakan selalu sopan, ramah dan tidak emosional apaun bentuk permintaan yang diinginkan. Pengorganisasian pesan-pesan positif sebagai berikut:
a.       Ide pokok yang jelas
b.      Penjelasan yang lebih rinci
c.       Penutup (ramah dan penuh etika)


DISKUSI
BAB 10

Doni salah seorang peneliti muda yang energik diminta untuk bekerjasama melakukan penelitian di suatu daerah terpencil di Kalimantan. Oleh karena waktunya bersamaan dengan kegiatan penelitian di daerah lain, kemungkinan besar ia harus menolak tawaran tersebut. seandainya anda adalah Doni, apakah anda akan menerima atau menolak tawaran untuk melakukan penelitian tersebut. jelaskan!

Jawab:
Menolak tawaran untuk melakukan penelitian di suatu daerah terpencil di Kalimantan, akan berdampak negatif sebab dalam sebuah perusahaan seorang Manager akan berasumsi bahwa tidak ada kerjasama diantara mereka. Dengan menerima tawaran ini tujuannya adalah dapat memberikan pengetahun yang lebih dari pengalaman yang didapatkan dari penelitian yang akan dilakukan.



ONLINE
BAB 10

1.      Bad news adalah pesan-pesan bisnis yang sangat tidak di harapan oleh siapapun, oleh karena sangat tidak menyenangkan dan menyakitkan. Oleh karena itu, cobalah kunjungi alamat website berikut ini : http://hubpages.com/hub/how-to-write-a-bad-news-business-letter. berdasarkan artikel tersebut, bagaimana sebaiknya menulis sebuah pesan bisnis yang tidak menyenangkan, namun dapat diterima oleh pihak penerima pesan tersebut?

Jawab:
Pesan-pesan bad news adalah surat untuk menyampaikan informasi yang kurang menyenangkan dengan tetap menjaga atau memperhatikan bagaimana dampaknya bagi audiens. Contohnya seperti pemutusan hubungan kerja, penurunan jabatan, penolakan lamaran kerja.

2.      Kunjungilah alamat website berikut ini: http://hubpages.com/hub/how-to-write-a-bad-news-business-letter. berdasarkan artikel tersebut, bagaimana mengkomunikasikan pesan yang tidak menyenangkan secara profesional?

Jawab:
Saya membuat contoh tentang pemutusan hubungan kerja (PHK), dalam mengkomunikasikan hal ini saya perlu menggunakan pendekatan tak lansung dalam membuat surat pemutusan hubungan kerja. Dalam pembuatan surat ini harus di perhatikan dampaknya bagi audiens, agar tidak ada kekecewaan di kemudian hari. Pada bagian awal nyatakan secara netral, kemudian berikan penjelasan secukupnya termasuk faktor-faktor pendukung,pada bagian akhir surat,sampaikan kata penutup yang hangat dan bersahabat.

3.      Cobalah kunjungi salah satu website yang anda kenal baik didalam negeri maupun diluar negeri. Selanjutnya berikan penilaian anda terhadap website tersebut, baik dari sisi akses kecepatan, keindahan background, keserasian antara teks dan gambar yang tersedia, dan lainnya. Alamat website beriut ini yang bisa anda coba:
·         http://www.fortune.com
·         http://www.globalmarket.com
·         http://www.economis.com
·         http://www.indofinanz.com
·         http://www.cnn.com
·         http://www.jsx.co.id
·         http://www.antara.co.id
·         http://www.bi.go.id
jawab:
Dari artike di atas saya memilih artikel http://www.globalmarket.com sebagai penilaian sebuah artikel di website, dari sisi kecepatan akses,artikel ini sangat cepat dan tidak ada gangguan dalam melakukan pengaksesan artikel tersebut, sedangkan dalam segi keindahan background menurut pendapat saya sangat tepat dilihat dari desain gambar dan warna yang serasi.


DISKUSI
BAB 11

1.      Bagaimana seorang penulis bisnis dapat memperoleh kredibilitas bagi pembacanya, jelaskan!

Jawab:
Kredibilitas di tentukan oleh sejauh mana tingkat kepercayaan dan keandalan, jika kredibilitas dihdapan audiens diragukan maka mereka akan cenderung skeptis dan tidak akan menerima bagitu saja setiap apa yang disampaikan, oleh karena itu anda harus dapat mengatai audiens yang memiliki sikap skeptis dengan cara jadilah seorang yang ahli dalam bidang tertentu dan mengalami pengalaman yang bersikap baik maupun dapat mengidentifikasi audiens.
2.      Dalam menulis memorandum, mengapa kadangkala menggunakan teknik persuasif, jelaskan dengan contoh!

Jawab :
Karena pesan persuasif adalah kemampuan untuk menyampaikan suatu pesan dengan cara membuat audiens atau pendengar merasa mempunyai pilihan. Maka dari itu dalam menulis memorandum perluh menggunakan teknik persuasif agar yang membaca surat itu  bisa mengetahui isi dari surat tersebut.
Contohnya : diberitahukan kepada semua rakyat Indonesia bahwa tanggal 09 April 2014 akan diadakan PEMILU serentak, dan gunakan hak pilih anda masing-masing.

3.      Ketika sebuah surat kabar harian di kota anda berkeinginan untuk menaikan harga jual pada bulan depan, bagaimana anda memberitahukan hal itu kepada pembaca, jelaskan!

Jawab :
Merencanakan pesan-pesan penjualan adalah untuk memperoleh pemahaman secara menyeluruh tentang produk tersebut, tetapi bagaimana kalau sebuah surat kabar harian akan dinaikan harganya, maka saya akan memberitahukan kepada pembaca dengan cara : mungkin dengan naiknya harga surat kabar harian maka kualitas surat kabar tersebut akan lebih baik dan senang untuk membacanya dan memberitahu bahwa surat kabar harian sangat bermanfaat bagi yang membacanya, maka harganya akan dinaikan tanpa merasa keberatan bagi pembeli.

4.      Sebuah minimarket yang ada dikota anda ingin menawarkan produk-produk barunya dengan harga diskon kepada pelanggan. Menurut anda bagaimana cara minimarket tersebut sebaiknya menginformasikan kepada pelanggannya, jelaskan!

Jawab :
Cara menyampaikan pesan-pesan penjualan produk barunya dengan harga diskon kepada audiens diantaranya melalui : pengiriman surat, brosur, sample (contoh produk), kartu, telephone, surat elektronik, iklan di media massa, yang akan diberikan atau disampaikan kepada audiens diberbagai daerah agar audiens mengetahui diskon pada produk baru dan mereka segera membelinya.

5.      Sebuah minimarket yang ada di kota anda akhir-akhir ini sering dibuat pusing oleh prilaku karyawannya yang sering kali acuh tak acuh terhadap pelanggan, bahkan juga berlebihan mengawasi pelanggannya. Menurut anda apa yang sebaiknya dilakukan oleh pemilik supermarket tersebut. Jelaskan!

Jawab :
Dalam hal seperti ini, pemilik minimarket bisa kehilangan pelanggannya, karena disebabkan oleh karyawannya yang sering membiarkan pelanggan (tidak melayani dengan ramah), kadangkala juga karyawan sering berlebihan dalam mengawasi pelangannya, maka dari itu tindakan yang harus diambil oleh pemilik minimarket yaitu :
·         Memberitahu kepada karyawan agar tidak berlebihan dalam mengawasi pelanggannya
·         Perekrutan karyawan harus didahulu dengan proses wawancara
·         Memberhentikan karyawan apabila tidak melakukan tugasnya dengan baik


ONLINE
BAB 11

1.    Dalam dunia bisnis, penyampaian pesan-pesan persuasif memiliki arti penting bagi pencapaian tujuan suatu organisasi perusahan. Oleh karena itu, kunjungilah alamat website berikut ini : http://www.studygs.net/wrtstr4:htm. Berdasarkan artikel tersebut, bagimana menulis pesan-pesan persuasif yang baik ?

Jawab :
Pesan-pesan persuasif yang efektif adalah kemampuan untuk menyampaikan suatu pesan dengan cara yang membuat audiens atau pendengar merasa mempunyai pilihan. Dari artikel diatas bagaimana cara agar pesan-pesan persuasif menjadi lebih baik, yaitu dengan : menganalisis audiens, mempertimbangkan perbedaan budaya, dan memilih pendekatan organisasional.

2.    Kunjungilah                        alamat website berikut ini : http://www.thewritingsite.org/resources/genre/persiasive.asp. berdasarkan artikel tersebut, apa saja karakteristik pesan-pesan persuasif dan contoh penerapannya dalam dunia bisnis ?



Jawab :
a.       Analisis audiens
Penyampaian pesan dengan menghubungkan pesan itu dengan minat dan hasrat audiens. Untuk mengakomodasi perbedaan individual, maka perluh menganalisis audiens dan kemudian menyusun suatu pesan yang dapat menjadi daya tarik bagi kebutuhan mereka. Cara yang paling mudah dalam menilai kebutuhan audiens adalah dengan berpedoman pada teori kebutuhan dari Maslow yang menyatakan bahwa manusia memiliki lima kebutuhan yang sifatnya berjenjang
b.      Mempertimbangkan perbedaan budaya
Pemahaman terhadap perbedaan budaya yang ada bukan saja akan membantu dalam memuaskan kebutuhan audiens, tetapi juga akan membantu bagaimana mereka akan memberikan penghormatan. Memberikan persuasi untuk budaya yang berbeda akan berbeda cara memberikan persuasinnya.
c.       Memilih pendekatan organisasional
Agar pesan persuasif dapat tepat sasar dan sesuai dengan apa yang di kehendaki, maka perluh diperhatikan cara penyampaian pesan kepada audiens, dengan menggunakan pendekatan langsung atau tidak langsung.

3.    Penulisan pesan-pesan persuasif juga disebut sebagai penulisan pesan-pesan argumentasi. Oleh karena itu untuk memahami lebih jauh tentang penulisan persuasif, kunjungilah alamat website berikut ini : http://essayinfo.com/essays/persuasiveessay.php. berdasarkan artikel tersebut, apa kriteria yang menjadikan suatu penulisan pesan-pesan persuasif dikatakan efektif ?

Jawab :
·         Mendapat informasi tentang topik anda
·         Menguji tesis anda
·         Membantah argumen lawan
·         Mendukung posisi anda dengan bukti

4.      Perencanaan yang baik diharapkan dapat membantu pencapaian tujuan atau hasil yang baik pula, termasuk dalam kaitannya dengan penulisan pesan-pesan persuasif. Oleh karena itu, cobalah kunjungi alamat website berikut ini : http://free/books/onlineorg/masteringcommunication/communicationskills/writing-persuasif-mesage/. Kemudian jelaskan bagaimana membuat perencanaan pesan-pesan persuasif ?

Jawab :
Tujuan pesan prsuasif adalah untuk memperoleh pemahaman secara menyeluruh tentang produk yang dibeli, lalu membuat perencanaan pesan-pesan persuasif dengan cara : mengumpulkan produk untuk membentuk citra produk yang akan dijual, mencek tentang berbagai pertanyaan, memilih poin penjualan produk atau manfaat yang paling menarik bagi audiens. Saat melakukan pesan persuasif fokuskan pada penjualan produk yang menjadi daya pikat audiens.

5.      Penulisan pesan-pesan persuasif yang baik memerlukan strategi yang baik pula. Oleh karena itu, cobalah kunjungi alamat website brikut ini : http://www.washburn.edu/services/zzcwwctr/persuasive-ltrs.wm.txt. berdasarkan artikel tersebut, bagaimana strategi penulisan pesan-pesan persuasif ?

Jawab :
Berdasarkan artikel tersebut, strategi penulisan pesan-pesan persuasif, antara lain :
·         Mampu menjelaskan kebutuhan secara spesifik
·         Menunjukan kepada pembaca betapa pentingnya donasi yang disumbangkan pada pihak lain
·         Mengemukakan secara jelas berapa jumlah donasi yang dibutuhkan
·         Menjelaskan manfaat donasi yang telah diberikan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal & Jawaban Sistem Informasi Akuntansi

Tugas Diskusi dan Online (Bab 15-Bab 19) Komunikasi Bisnis

3 Peran Manajemen Menurut Henry Mintzberg