Tugas Diskusi dan Online (Bab 15-Bab 19) Komunikasi Bisnis


DISKUSI  BAB 15

  1. Dalam wawancara kerja, adakalanya pewawancara terdiri atas seorang saja, namun dapat juga terdiri atas suatu tim (beberapa orang). Menurut anda, apa kebaikan dan kelemahan dari masing-masing pewawancara tersebut. Jelaskan !
Jawab :
Pewawancara satu seorang :
·         Kebaikan
-       Pewawancara mudah untuk menilai sikap pelamar kerja.
-       Pewawancara tidak bingung dalam memberi pertanyaan kepada pelamar kerja, karena pewawancara hanya terdapat satu orang saja.
·         Kelemahan
-       Biasanya data yang diperoleh tidak sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh perusahaan.
-       Pewawancara dalam melakukan sesi pertanyaan berkemungkinan terjadi kesalahan.
 Pewawancara dengan beberapa orang :
·         Kebaikan
-       Pewawancara tidak terlalu kesulitan dalam melakukan sesi pertanyaan.
-       Pelamar kerja tidak akan bisa berbohong kepada pewawancara, karena disitu terdapat beberapa pewawancara.
·         Kelemahan
-       Pelamar kerja akan merasa takut karena adanya beberapa pewawancara.
-       Biaya yang dikeluarkan perusahaan terlalu besar jika di bandingkan dengan satu pewawancara saja.
  1. Apabila anda ditanya tentang beberapa gaji yang anda inginkan untuk posisi atau jabatan pekerjaan tertentu di suatu perusahaan, bagaimana strategi jawaban anda ?
Jawab :
Dalam menjawab pertanyaan beberapa gaji yang anda inginkan untuk posisi atau jabatan pekerjaan tertentu di suatu perusahaan, strategi yang saya gunakan, mungkin dengan cara, menjawab berapa nominal yang saya kehendaki dengan melihat jabatan pekerjaan apa yang saya emban. Agar antara kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan dalam wawancara tersebut.
  1. Menurut anda, apakah dalam wawancara kerja terdapat pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya menjebak pelamar kerja. Jelaskan !
Jawab :
Wawancara kerja itu sendiri adalah sebagian kegiatan penting dalam proses mencari pekerjaan, selain resume dan surat lamaran pekerjaan.
Dalam wawancara kerja, kepada pelamar pekerjaan, tentunya hal yang sangat penting untuk dilakukan agar apa yang dibutuhkan perusahaan sesuai  dengan yang dicari, maka dari itu pewawancara dalam melakukan pertanyaan kepada pelamar kerja, harus bersifat menjebak, karena dengan pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya menjebak pelamar kerja akan ketahuan apakah orang ini baik apa bukan, agar  apa yang dikehendaki perusahaan tepat dan tidak rugi dalam mencari pekerja baru.


ONLINE BAB 15

  1. Wawancara kerja harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Cobalah klik alamat website berikut ini : http://www.best-interview-strategies.com/pre-interview.html. berdasarkan artikel tersebut, apa saja sebaiknya yang disiapkan oleh para pencari kerja sebelum wawancara kerja ?
Jawab :
Dalam artikel diatas yang perlu disiapkan, para pencari kerja sebelum wawancara kerja adalah :
·         Mempersiapkan diri dengan baik, tidak boleh merasa takut.
·         Datang tidak boleh terlambat, (30 menit sebelum dimulai wawancara).
·         Kita harus menjawab dengan baik tidak boleh berbohong.
·         Mengucapkan terima kasih kepada pewawancara apabila sudah selasai diwawancarai.
  1. Kunjungilah alamat website berikut ini : http://www.best-interview-strategies.com/post-interview.html. berdasarkan artikel tersebut apa yang sebaiknya dilakukan para pencari kerja setelah melakukan wawancara kerja ?
Jawab :
Yang perlu dilakukan setelah wawancara kerja berakhir, yaitu berikanlah ucapan terima kasih kepada para pewawancara meskipun anda merasa kemungkinan anda diterima bekerja diperusahaan tersebut. Hal itu perlu dilakukan untuk menunjukkan penghargaan anda atas waktu yang telah mereka sediakan untuk wawancara.
  1. Anda ingin mengantisipasi dalam wawancara kerja, cobalah klik alamat website ini : http://www.best-interview-strategies.com/questions.html. berdasarkan artikel tersebut, bagaimana strategi menjawab pertanyaan dalam wawancara kerja ?
Jawab :
Dalam menjawab pertanyaaan wawancara kerja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :
-       Jawablah pertanyaan dari pewawancara dengan jelas dan jujur.
-       Dalam menjawab pertanyaan dari pewawancara, janganlah dengan nada yang kasar/keras.
-       Tidak boleh berbohong dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pewawancara.
-       Jangan gugup dalam menjawab pertanyaan dari pewawancara.
  1. Wawancara kerja dapat dilakukan dengan berbagai cara. Cobalah klik artikel berikut ini : http://en.wikipedia.org/wiki/job_interview. berdasarkan artikel tersebut, ada beberapa jenis wawancara kerja ?
Jawab :
Dalam artikel diatas ada dua jenis wawancara yaitu :
1)      Wawancara panel (tim) yaitu suatu jenis wawancara kerja dimana para pewawancara terdiri dari 2(dua) orang atau lebih. Biasanya wawancara jenis ini dilakukan jika perusahaan memendang bahwa pelamar sudah hampir memenuhi syarat untuk diterima kerja.
2)      Wawancara telpon yaitu wawancara yang dilakukan lewat pesawat telepon. Tidak jarang sejumlah perusahaan besar saat ini menerapkan taktik wawancara melalui telpon sebelum mengundang para pencari kerja untuk wawancara tatap muka diperusahaan mereka.
  1. Sebuah majalah career online menyajikan sebuah artikel yang menarik tentang wawancara kerja. Oleh karena itu, cobalah anda kunjungi alamat website yang beralamatkan : http://www.careermag.com/newsartsinterviewing.html. Bacalah satu atau lebih artikel tersebut kemudian bahaslah didalam kelas dengan permainan peran.
Jawab :
Dari alamat website di atas, membahas tentang sebuah artikel tentang wawancara kerja. Dari salah satu artikel diatas, saya akan membahas salah satu artikel tentang wawancara tersebut, yaitu :
Dalam sebuah majalah career online, terdapat artikel wawancara kerja yang menarik. Artikel ini membahas tentang proses wawancara kerja yang dilakukan oleh pewawancara kerja dengan pelamar kerja, dalam wawancara kerja ini pewawancara dengan pelamar kerja melakukan tanya jawab yang sangat menarik agar proses wawancara, tidak menjadikan pelamar kerja takut dan lebih tepat untuk mendapatkan pekerja yang baik, yaitu proses wawancara menggunakan online.
  1. Kunjungilah alamat website berikut ini : http://www.cyberlifrstyle.com. Selanjutnya pilihlah salah satu contoh wawancara tersebut dan lakukanlah analisis.
Jawab :
Dari alamat website diatas, ada beberapa contoh wawancara, dan saya memilih salah satu contoh wawancara dengan pedagang.
Analisis wawancara dengan pedagang : Dalam wawancara ini, pewawancara bertanya kepada pedagang sembako yang katanya harga sembako mulai mahal apabila menjelang bulan Ramadhan dan sikap pembeli tentunya ada yang marah-marah dan juga ada yang diam saja dengan keadaan seperti ini, lalu puncak dari naiknya harga sembako ini sampai lebaran tiba.


DISKUSI  BAB 16

1)      Menurut Anda, apakah penggunaan alat bantu dengan teknologi canggih berpengaruh dalam penyampaian pesan-pesan bisnis dalam suatu forum penyampaian pesan-pesan bisnis? Jelaskan alasan Anda!
Jawab :
Iya, menurut saya berpengaruh. Karena semakin canggih teknologi yang dipakai maka kualitas dan fasilitasnya juga lebih baik dibandingkan dengan teknologi yang sudah lama. Sehingga penyampaian pesan-pesan bisnis pun dapat disampaikan dan diterima dengan lebih baik.
2)      Bahasa tubuh atau body language sering kali dilakukan oleh para presenter atau pembicara dalam berbagai forum presentasi bisnis. Menurut Anda, apakah penggunaan bahasa tubuh tersebut dapat menjadi daya penarik atau mengganggu penyampaian pesan-pesan bisnis? Jelaskan secara singkat!
Jawab :
Menurut saya penggunaan bahasa tubuh lebih kuat menjadi daya penarik. Karena dengan bahasa tubuh yang digunakan presenter, mungkin dapat mengurangi rasa jenuh audiens terhadap presentasi yang dijalanka sehingga audiens dapat memberi perhatian lebih terhadap presentasi bisnis tersebut.
3)      Menurut beberapa pakar komunikasi, peninjauan lokasi sebelum melakukan presentasi bisnis diperlukan walaupun sekilas. Menurut Anda, apa yang terjadi seandainya seorang manajer tidak memahami dengan baik tempat untuk presentasi bisnis?
Jawab :
Dapat mengganggu kelancaran presentasi bisnis tersebut.
4)      Latihan dalam presentasi bisnis sangatlah dianjurkan. Menurut Anda, mengapa hal itu perlu dilakukan?
Jawab :
Agar dapar meningkatkan kemampuan dalam melakukan presentasi bisnis.


ONLINE BAB 16

1)      Dalam kaitannya dengan presentasi bisnis, klik alamat website berikut. http://presentationsoft.about.com/od/powerpointinbusiness/tp/bus_pres_tips.htm. Berdasarkan artikel tersebut, bagaimana melakukan presentasi bisnis yang baik?
Jawab :
1.      Gunakan Kunci Frase Tentang Topik Anda
Presenter berpengalaman menggunakan frase kunci dan hanya mencakup informasi penting. Pilih hanya tiga atau empat poin tentang topik Anda dan membuat mereka secara konsisten di seluruh pengiriman. Menyederhanakan dan membatasi jumlah kata pada setiap layar. Cobalah untuk tidak menggunakan lebih dari tiga peluru per slide. Ruang sekitarnya akan membuat lebih mudah untuk dibaca.
2.      Penting      slidelayout
Membuat slide yang mudah diikuti. Masukan judul di atas slide. Frase harus membaca kiri ke kanan dan atas ke bawah. Menyimpan informasi penting di dekat bagian atas slide. Seringkali bagian bawah slide tidak dapat dilihat dari baris belakang kaena banyaknya jumlah audiens.
3.      Batasi Tanda Baca dan Hindari Semua Huruf Kapital
Tanda baca sia-sia dapat mengacaukan slide dan penggunaan semua caps membuat pernyataan lebih sulit untuk dibaca dan seperti BERTERIAK pada audiens Anda .
4.      Hindari Fanci Font                                        
Pilih font yang sederhana dan mudah dibaca seperti Arial , Times New Roman atau Verdana. Hindari jenis naskah font karena mereka sulit untuk dibaca di layar. Gunakan , paling tidak, dua font yang berbeda - mungkin satu untuk judul dan satu lagi untuk konten. Jauhkan semua font yang cukup besar ( minimal 24 pt dan lebih 30 pt ) sehingga orang-orang di belakang ruangan akan dapat dengan mudah membaca apa yang ada di layar.
5.      Gunakan Warna Kontras Untuk Teks dan Latar Belakang
    Teks gelap di latar belakang terang adalah yang terbaik, tapi menghindari latar belakang putih - nada turun dengan menggunakan krem atau warna cahaya lain yang akan jelas pada mata. Latar belakang gelap yang efektif untuk memamerkan warna perusahaan atau jika Anda hanya ingin mempesona kerumunan. Dalam hal ini, pastikan untuk membuat teks warna terang untuk membaca mudah .
Latar belakang berpola atau bertekstur dapat mengurangi pembacaan teks .
Jauhkan skema warna Anda konsisten di seluruh presentasi Anda.
6.      Gunakan Desain Slide Efektif
Bila menggunakan tema desain ( PowerPoint 2007 ) atau desain template ( versi sebelumnya dari PowerPoint ), pilih salah satu yang sesuai untuk penonton. Sebuah tata letak sederhana adalah yang terbaik jika Anda sedang melakukan presentasi untuk klien bisnis. Pilih salah satu yang penuh warna dan berisi berbagai bentuk jika presentasi Anda ditujukan untuk anak-anak .
·         Desain Tema dalam PowerPoint 2011
·         Desain Tema dalam PowerPoint 2007
·         Desain Template di PowerPoint
7.      Batasi Jumlah Slides
Menjaga jumlah slide untuk minimum, memastikan bahwa presentasi tidak akan menjadi terlalu panjang dan ditarik keluar. Ini juga menghindari masalah terus-menerus berubah slide selama presentasi yang dapat menjadi gangguan untuk audiens. Rata-rata, satu slide per menit adalah benar.
8.      Gunakan Foto, Grafik dan Grafik
Menggabungkan foto , diagram dan grafik dan bahkan embedding video digital dengan teks, akan menambah variasi dan menjaga audiens Anda tertarik dalam presentasi. Hindari memiliki teks saja slide .
·         Menggunakan Gambar di PowerPoint
·         Grafik Excel dalam PowerPoint
9.      Hindari Penggunaan berlebihan Transisi Slide dan Animasi
Sementara transisi dan animasi dapat meningkatkan minat audiens Anda dalam presentasi , terlalu banyak hal yang baik dapat mengalihkan perhatian mereka dari apa yang Anda katakan . Ingat , slide show ini dimaksudkan untuk menjadi alat bantu visual , bukan fokus dari presentasi . Jauhkan animasi konsisten dalam presentasi dengan menggunakan skema animasi dan menerapkan transisi yang sama di seluruh presentasi .
10.  Pastikan Presentasi Anda Bisa Jalankan Pada Setiap Komputer
Gunakan PowerPoint untuk CD Pack and Go ( PowerPoint 2000 dan sebelumnya) fitur ( PowerPoint 2007 dan 2003 ) atau ketika membakar presentasi Anda ke CD. Selain presentasi Anda, salinan Microsoft PowerPoint Viewer ditambahkan ke CD untuk menjalankan presentasi PowerPoint pada komputer yang tidak memiliki PowerPoint diinstal.
2)      Presentasi bisnis dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis, klik alamt berikut ini: http://www.communication-skills-4confidence.com/buusiness-presentation.html. Berdasarkan artikel tersebut, jelaskan dua jenis presentasi bisnis?
Jawab :
a.       Presentasi informatif : terdiri dari penjelasan ringkas, laporan, atau instruksi.
Penjelasan ringkas (briefing) biasanya bersifat umum atau informal. Penjelasan ringkas internal melibatkan pembicara dan khalayak dalam organisasi yang sama.
b.      Presentasi instruksional melibatkan pelatihan dan/atau orientasi pegawai baru, pembaharuan pelatihan semua pegawai atau penjelasan prosedur atau metode baru
3)      Kunjungi alamat website berikut ini: http://www.theeggman.com/writings/keystep1.html. Berdasarkan artikel tersebut, bagaimana melakukan presentasi bisnis secara efektif?
Jawab :
Perencanaan  adalah langkah yang paling penting dalam membuat presentasi sukses apapun. Perencanaan membantu memutuskan pada isi dan urutan di mana informasi akan disajikan. Apakah menggunakan PowerPoint, OpenOffice Impress atau perangkat lunak presentasi lainnya, gunakan langkah-langkah berikut sebagai panduan dalam merencanakan presentasi :
a.       Tentukan Tujuan Presentasi
    
- Apakah presentasi ini tentang produk untuk klien ?
    
- Apakah presentasi bisnis tentang angka penjualan terbaru ?
    
- Apakah itu tentang ide baru Anda memperkenalkan ?
b.      Tentukan Pemirsa Presentasi ini
    - staf Anda
    
- calon klien baru
    
- sekelompok anak-anak kecil
    
- konvensi untuk orang-orang di baris yang sama pekerjaan, misalnya; sekelompok Dokter
c.       Mengumpulkan Informasi Anda
Ingat prinsip KISS ( Keep It Simple Konyol ) ketika merancang presentasi Anda . Fokus pada tiga atau empat poin utama saja.Tahu segala sesuatu tentang topik sehingga siap untuk pertanyaan setelah presentasi.
d.      Sketsa Out Slides on Paper
Pastikan slide menekankan poin utama yang akan dibuat dalam presentasi .
Cobalah untuk hanya memiliki satu gagasan utama pada setiap slide.    Daftar tidak lebih dari empat poin per slide.
e.       Tentukan Orde Of Slides Anda
Meskipun hal ini dapat diubah kemudian , memiliki gambaran kasar tentang urutan poin topik Anda , akan membantu Anda merencanakan urutan slide Anda .
f.       Buat Presentasi
 Ketika membuat slide , konsisten dalam pilihan Anda warna latar belakang , font , transisi , dan animasi .




DISKUSI BAB 17

  1. Dalam suatu proses negosiasi terkadang terjadi perbedaan yang tajam diantara kedua belah pihak. Apabila masing-masing pihak tidak dapat mengendalikan emosinya, maka bukan mustahilakan terjadi jalan buntu atau deadlock. Menurut anda, bagaimana cara mengatasi kebuntuan suatu proses negosiasi? Jelaskan secara singkat!
Jawab :
Negosiasi adalah menemukan kesepakatan kedua belah pihak secara adil dan dapat memenuhi harapan atau keinginan kedua belah pihak. Maka dari itu dalam melakukan negosiasi terkadang terjadi perbedaan pendapat, lalu untuk mengatasi kebuntuan proses negosiasi tersebut hal-hal yang harus diperhatikan adalah :
·         Persiapan yang cermat
·         Presentasi dan evaluasi yang jelas mengenai posisi kedua belah pihak
·         Ketrampilan, pengalaman, motivasi, pikiran yang terbuka
·         Pendekatan yang logis untuk menciptakan hubungan yang baik antara kedua belah pihak.
  1. Proses negosiasi yang baik adalah proses yang dapat menghasilkan suatu kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak yang terlibat . seandainya dalam proses negosiasi tersebut ada salah satu pihak yang merasa dirugikan oleh pihak lain, apa tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh pihak yang merasa dirugikan tersebut?
Jawab :
Tindakan yang harus dilakukan kepada pihak yang merasa dirugikan adalah:
·         Melakukan negosiasi ulang kepada kedua belah pihak tersebut , untuk menghasilkan kesepakatan yang tidak merugikan kedua belah pihak.
·         Tidak mengulangi lagi bernegosiasi kepada orang tersebut.
·         Apabila perlu diselesaikan lewat pihak yang berwajib.
·         Meminta benda atau apa yang sudah diberikan, untuk setidaknya menutupi kerugian pihak ini.
  1. Proses negosiasi cenderung berlarut-larut membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang harus ditanggung juga mahal. Bukan tidak mustahil, proses negosiasi yang terjadi melelahkan dan membosankan juga. Apa yang harus dilakukan agar proses negosiasi dapat berjalan dengan baik dengan semangat dan motivasi yang tinggi, sehingga dapat menghasilkan suatu keputusan yang dapat memuaskan kedua belah pihak ?
Jawab :
Yang harus dilakukan agar proses negosiasi dapat berjalan dengan baik dan dapat  memuaskan kedua belah pihak tanpa ada yang dirugikan adalah :
·         Mencari fakta dari pihak lain (lawan negosiasi)
·         Menaksir posisi lawan negosiasi
·         Membuat perencanaan yang baik
·         Memilih serta mengatur tim negosiasi


ONLINE BAB 17

  1. Anda ingin tahu pengertian tentang negosiasi, cobalah klik alamat website berikut ini: http://en.wikipedia.org/wiki/Negotiation. berdasarkan artikel tersebut, apa kata kunci sebuah negosiasi?
Jawab :
Kata kunci sebuah negosiasi adalah proses dimana paling sedikitnya ada dua pihak dengan persepsi, kebutuhan, dan motivasi yang berbeda mencoba untuk bersepakatan tentang suatu hal demi kepentingan bersama.
  1. Untuk mengetahui lebih jauh tentang negosiasi, kunjungilah alamat website berikut ini: http://www.mindtools.com/CommSkill/NegotiationSkill. Berdasarkan artikel tersebut, apa faktor yang mempengaruhi keberhasilan sebuah negosiasi?
Jawab :
Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan sebuah negosiasi adalah:
·      Faktor persiapan yang cermat
·      Faktor keberanian, Presentasi dan evaluasi yang jelas mengenai posisi kedua bela pihak
·      Faktor Ketrampilan, pengalaman, motivasi, pikiran yang terbuka
·      Faktor hubungan, Pendekatan yang logis untuk menciptakan hubungan yang baik antara kedua belah pihak.
  1. kunjungilah alamat website berikut ini: http://www.negotiation.com/articles/negotiation-types/.  Berdasarkan artikel tersebut, jelaskan beberapa jenis negosiasi tersebut!
Jawab :
berdasarkan artikel tersebut, inilah jenis-jenis negosiasi, antara lain :
Ø  Bargaining (kalah/menang) : hanya satu pihak yang mencapai tujuan.
Ø  Lose (kalah/kalah) : kedua pihak menerima status quo.
Ø  Compromised (kalah/kalah) : ada kepentingan yang dikorbankan kedua pihak untuk efektivitas tujuan.
Ø  Collaborating (menang-menang)
  1. Untuk memahami jenis-jenis negosiasi dalam suatu organisasi, cobalah klik alamat website berikut ini: http://www.laynetwork.com/TYPES-OF-NEGOTIATION-IN-ORGANIZATIONS.htmls/.  berdasarkan artikel tersebut, jelaskan jenis-jenis negosiasi tersebut!
Jawab :
berdasarkan artikel tersebut, inilah jenis-jenis negosiasi, antara lain :
Ø  Bargaining (kalah/menang) : hanya satu pihak yang mencapai tujuan.
Ø  Lose (kalah/kalah) : kedua pihak menerima status quo.
Ø  Compromised (kalah/kalah) : ada kepentingan yang dikorbankan kedua pihak untuk efektivitas tujuan.
Ø  Collaborating (menang-menang)
  1. Untuk memahami tahap-tahap dalam bernegosiasi, cobalah klik alamat website berikut ini: http://www.g4sleader.Immattersonline.com/courses/HMM10%20Courseware/negotiating/preparing_tonegotiate.html.  berdasarkan artikel tersebut, sebutkan beberapa tahapan penting bernegosiasi dalam dunia bisnis?
Jawab :
·           Tahap persiapan
Tahapan ini berkaitan dengan pengumpulan informasi dan penentuan tim negosiasi.
·           Tahap kontak pertama
Merupakan tahap pertemuan secara langsung antara kedua belah pihak yang terlibat dalam proses negosiasi.
·           Tahap konfrontasi
Merupakan tahap saling berargumentasi terhadap segala sesuatu yang akan dinegosiasikan.
·           Tahap konsiliasi
Merupakan tahap untuk saling melakukan proses tawar-menawar.
·           Tahap solusi
Merupakan tahap dimana kedua belah pihak mulai saling menerima dan member..
·           Tahap pasca negosiasi
Merupakan tahap untuk melakukan konsolidasi bagi kedua belah pihak.
  1. Anda ingin mengetahui taktik dalam bernegosiasi, kunjungilah alamat website berikut ini: http://ezinearticles.com/?Negotiation---Tactics,-tricks-And-Threatsid=431340.  Berdasarkan artikel tersebut, jelaskan secara singkat bagaimana taktik bernegosiasi?
Jawab :
Dalam bernegosiasi tentunya ada taktik-taktik yang digunakan agar negosiasi berjalan dengan lancer, yaitu :
·           Taktik cara anda
Mencakup bahwa anda tahu tujuan yang ingin di capai, anda bersikeras dan memaksa pihak lawan agar percaya bahwa andalah yang benar, andalah yang berinisiatif dan mempertahankannya, anda yang  mengendalikan proses negosiasi, dan anda terus menekan.
·           Taktik bekerja sama
Taktik ini menegaskan bahwa anda mau mendengarkan pihak lawan dan mengetahui apa yang ada benak mereka.
·           Taktik tidak bertindak apa-apa
Merupakan sikap keras kepala dalam bernegosiasi, tetap pada pendirian sebelumnya dan tidak mau berubah.
·           Taktik melangkah ke tujuan lain
Taktik ini menuntut anda harus aktif menggeser sesuatu persoalan ke persoalan lain.
  1. Taktik yang tepat dalam bernegosiasi dapat membantu keberhasilan bernegosiasi. Untuk memahami lebih jauh dalam bernegosiasi, klik alamat website berikut ini: http://www.negotiationstactics.  berdasarkan artikel tersebut, jelaskan beberapa taktik bernegosiasi dalam dunia bisnis?
Jawab :
Menurut saya soal no. 7 ini, sama dengan soal no. 6 maka taktik bernegosiasi dalam dunia adalah:
·           Taktik cara anda
Mencakup bahwa anda tahu tujuan yang ingin di capai, anda bersikeras dan memaksa pihak lawan agar percaya bahwa andalah yang benar, andalah yang berinisiatif dan mempertahankannya, anda yang  mengendalikan proses negosiasi, dan anda terus menekan.
·           Taktik bekerja sama
Taktik ini menegaskan bahwa anda mau mendengarkan pihak lawan dan mengetahui apa yang ada benak mereka.
·           Taktik tidak bertindak apa-apa
Merupakan sikap keras kepala dalam bernegosiasi, tetap pada pendirian sebelumnya dan tidak mau berubah.
·           Taktik melangkah ke tujuan lain
Taktik ini menuntut anda harus aktif menggeser sesuatu persoalan ke persoalan lain.
  1. Anda ingin mengetahui tentang kunci keberhasilan sebuah negosiasi, kunjungilah alamat website berikut ini: http://www.calumcoburn.co.uk/articles/ten-lessons-one/.  Berdasarkan artikel tersebut, apa yang menjadi kunci keberhasilan dalam bernegosiasi dalam dunia bisnis?
Jawab :
Kunci-kunci  yang mempengaruhi keberhasilan sebuah negosiasi adalah:
·           Persiapan yang cermat
·           Presentasi dan evaluasi yang jelas mengenai posisi kedua belah pihak
·           Ketrampilan, pengalaman, motivasi, pikiran yang terbuka
·           Pendekatan yang logis untuk menciptakan hubungan yang baik antara kedua belah pihak.
  1. Untuk mengetahui negosiasi yang efektif, klik alamat website berikut ini: http://www.negotiationstraining.com.au/question/effective-negotiation/.   berdasarkan artikel tersebut, bagaimana bernegosiasi secara efektif?
Jawab :
Dari website diatas, bernegosiasi secara efektif yaitu bernegosiasi antara  kedua belah pihak tanpa ada yang merasa dirugikan dan proses negosiasi tidak memerlukan waktu, tenaga, biaya yang banyak.
  1. kunjungilah alamat website berikut ini: http://blogs.hbr.org./tjan/2009/07/four-rules-for-effective-negot.html. Berdasarkan artikel tersebut, ada empat aturan yang harus ditaati agar negosiasi berjalan dengan efektif, jelaskan secara ringkas keempat aturan negosiasi tersebut?
Jawab :
Agar proses negosiasi dapat berjalan secara efektif, ada empat aturan yang yang harus ditaati, yaitu :
·           Persiapan yang baik dan cermat
·           Menggunakan kriteria yang objektif dalam mengambil keputusan
·           Menghindari kesalahan yang taktis
·           Jangan mengambil keputusan sendiri, sebelum ada kesepakatan kedua belah pihak


BAHAN DISKUSI BAB 18


1)      Dalam dunia praktis, pelaksanaan rapat bisnis kadangkala tidak berjalan lancar, bahkan terkesan hanya membuang-buang waktu, tenaga dan dana. Menurut Anda, mengapa hal itu terjadi? Jelaskan dengan lebih rinci!
Jawab :
Mungkin karena topik yang dibahas keluar dari topik utama yang menjadi tujuan pokok dalam rapat tersebut. Biasanya, audiens mengeluh bahwa pertemuan terlalu lama, dijadwalkan tanpa waktu yang cukup untuk mempersiapkan dan berakhir tanpa hasil yang jelas.
2)      Ketika suatu perusahaan memutuskan bahwa rapat bisnis akan diselenggarakan di sebuah hotel berbintang di kota Anda, apa saja yang perlu dipertimbangkan terkait pelaksanaan rapat bisnis tersebut?
Jawab :
a.       Urgensi (tingkat kepentingan)
b.      Jumlah peserta
c.       Ketersediaan factor finansial (dana) pendukung

3)      Rapat bisnis yang efektif tentu menjadi harapan bagi siapa pun, khususnya bagi para pelaku bisnis. Menurut Anda, apa saja yang perlu diperhatikan agar rapat bisnis berjalan efektif?
Jawab :
a.       Kesiapan panitia penyelenggara
b.      Narasumber (presenter)
c.       Keaktifan para peserta rapat bisnis tersebut.
4)      Menurut Anda, apa pertimbangan rapat bisnis dalam memilih susunan tempat duduk (layout)?
Jawab :
Mengatur posisi tempat duduk (layout) yang nyaman dan memungkinkan interaksi yang baik antara pimpinan dan peserta rapat bisnis. Pengaturan posisi tempat duduk (layout) tersebut, dapat oleh jumlah peserta yang hadir.


ONLINE BAB 18


1)      Perencanaan sangat diperlukan dalam berbagai hal, termasuk kegiatan rapat bisnis. Apabila Anda ingin membuat rencana rapat bisnis, silahkan kunjungi alamat website berikut : http://www.meetingwizard.org/meetings/how-to-plan-a-meeting.cfm. Berdasarkan artikel tersebut, apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam merencanakan sebuah rapat bisnis?
Jawab :
a.    Persiapan
Persiapan berarti memastikan pertemuan Anda memiliki jelas , menyatakan tujuan , dan agenda . Peserta yang dipilih dengan hati-hati , diundang dengan cara profesional dan diberi informasi sebelumnya yang cukup . Persiapan juga berarti perhatian terhadap detail termasuk : pemesanan kamar , katering , peralatan a / v , pengingat .
b.    Fasilitas
Fasilitasi berarti bahwa seseorang atau tim bertanggung jawab untuk membimbing pertemuan , rencana pertemuan tersebut tercermin dalam agenda dan fasilitator (atau kursi) membuat hal-hal pada waktu dan di trek .
c.     Inspirasi
Inspirasi mungkin adalah aspek yang paling diabaikan dari pertemuan sehari-hari . Semua perhatian terhadap detail dan proses dapat mendorong kesempatan untuk spontanitas dan antusiasme samping . Membangun kegiatan yang melibatkan peserta , menggunakan strategi untuk menghasilkan diskusi , atau alat bantu visual untuk menarik perhatian .
d.    Hasil
Hasil berarti bahwa setiap pertemuan harus diarahkan satu atau lebih hasil . Peserta harus merasa bahwa sesuatu telah dicapai , dan mereka harus melihat semua pertemuan mereka sebagai bagian dari strategi yang lebih besar untuk melibatkan mereka dalam masa depan organisasi . Pencapaian pada satu pertemuan harus dirangkum dalam berikutnya , dan seterusnya .
2)      Pelaksanaan rapat bisnis yang efektif dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kunjungi website beriku ini : http://www.meetingwizard.org/meetings/effective-meetings.cfm. Berdasarkan artikel tersebut, bagaimana rapat bisnis yang efektif?
Jawab :
Sebelum Rapat
·      Tentukan tujuan pertemuan tersebut.
·      Mengembangkan agenda bekerjasama dengan peserta kunci.
·      Distribusikan agenda dan mengedarkan bahan latar belakang, dokumen panjang atau artikel sebelum pertemuan sehingga anggota akan disiapkan dan merasa terlibat dan up-to -date.
·      Pilih waktu pertemuan yang tepat. Tentukan batas waktu dan tetap berpegang pada itu, jika memungkinkan. Ingat, anggota memiliki komitmen lain. Mereka akan lebih cenderung untuk menghadiri pertemuan jika Anda membuat mereka produktif, diprediksi dan sesingkat mungkin.
·      Jika memungkinkan, mengatur ruangan sehingga anggota saling berhadapan, yaitu , lingkaran atau setengah lingkaran. Untuk kelompok besar, cobalah baris U-berbentuk.
·      Pilih lokasi yang cocok untuk ukuran grup Anda. Kamar kecil dengan terlalu banyak orang mendapatkan pengap dan menciptakan ketegangan. Kamar yang lebih besar lebih nyaman dan mendorong ekspresi individu.
·      Gunakan alat bantu visual untuk kepentingan ( misalnya , poster , diagram , dll ). Posting agenda besar di depan yang anggotanya dapat merujuk.
·      Vary tempat pertemuan jika mungkin untuk mengakomodasi anggota yang berbeda. Pastikan semua orang tahu di mana dan kapan pertemuan berikutnya akan diadakan.
Selama Rapat
·      Menyapa anggota dan membuat mereka merasa diterima, bahkan anggota-an saat yang tepat.
·      Jika memungkinkan, melayani minuman ringan; mereka adalah pembuka percakapan yang baik dan membuat anggota Anda merasa istimewa dan nyaman.
·      Mulai tepat waktu. Diakhiri tepat waktu.
·      Meninjau agenda dan menentukan prioritas untuk pertemuan tersebut.
·      Menempel agenda .
·      Mendorong diskusi kelompok untuk mendapatkan semua sudut pandang dan ide-ide. Anda akan memiliki keputusan yang lebih berkualitas serta anggota sangat termotivasi; mereka akan merasa bahwa menghadiri pertemuan bernilai sementara mereka.
·      Mendorong umpan balik . Ide, kegiatan dan komitmen terhadap organisasi meningkatkan ketika anggota melihat dampaknya terhadap proses pengambilan keputusan .
·      Jauhkan pembicaraan terfokus pada topik . Jangan ragu untuk meminta komentar hanya konstruktif dan non - berulang . Bijaksana mengakhiri diskusi ketika mereka mendapatkan tempat atau menjadi destruktif atau tidak produktif .
·      Jauhkan notulen rapat untuk referensi di masa mendatang dalam kasus pertanyaan atau masalah muncul.
·      Sebagai seorang pemimpin , menjadi panutan dengan mendengarkan , menunjukkan minat , penghargaan dan kepercayaan pada anggota. Mengakui kesalahan.
·      Meringkas kesepakatan yang dicapai dan mengakhiri pertemuan dengan catatan pemersatu atau positif . Misalnya, apakah anggota secara sukarela pikiran hal-hal yang mereka merasa telah baik atau berhasil atau mengulangi misi organisasi.
·      Mengatur tanggal, waktu dan tempat untuk pertemuan berikutnya.
Setelah Rapat
·      Menulis dan mendistribusikan menit dalam 3 atau 4 hari. Tindakan cepat memperkuat pentingnya pertemuan dan mengurangi kesalahan memori.
·      Diskusikan masalah selama pertemuan dengan petugas lainnya ; datang dengan cara-cara perbaikan dapat dilakukan.
·      Tindak lanjut atas keputusan delegasi. Melihat bahwa semua anggota memahami dan melaksanakan - tanggung jawab mereka.
·      Berikan pengakuan dan penghargaan kepada kemajuan yang sangat baik dan tepat waktu.
·      Pasang urusan yang belum selesai dalam agenda untuk pertemuan berikutnya.
·      Melakukan evaluasi berkala pertemuan. Perhatikan setiap daerah yang dapat dianalisis dan ditingkatkan untuk pertemuan lebih produktif
3)      Untuk membuat sebuah notulen bisnis yang baik, klik alamat website berikut ini : http://www.ehow.com/how3815_minutes-business-meeting.html. Berdasarkan artikel tersebut, bagaimana membuat sebuah notulen bisnis?
Jawab :
a.       mengambil Menit
Mendapatkan agenda pertemuan , menit dari pertemuan terakhir, dan dokumen latar belakang yang akan dibahas. Pertimbangkan untuk menggunakan tape recorder untuk memastikan akurasi.
b.      Duduk di samping ketua klarifikasi nyaman atau bantuan sebagai hasil pertemuan.
c.       Menulis " Risalah pertemuan ( nama asosiasi yang tepat )".
d.      Catat tanggal, waktu dan tempat rapat.
e.       Edarkan selembar kertas bagi peserta untuk mendaftar. (Lembar ini juga dapat membantu mengidentifikasi speaker dengan pengaturan tempat duduk kemudian dalam pertemuan tersebut). Jika pertemuan itu adalah salah satu yang terbuka, tuliskan hanya nama-nama peserta yang memiliki hak suara.
f.       Catatan yang datang terlambat atau meninggalkan awal sehingga orang-orang ini dapat diberitahu tentang apa yang mereka tidak terjawab.
g.      Tuliskan item dalam urutan di mana mereka dibahas. Jika item 8 agenda dibahas sebelum pos 2, menjaga jumlah item yang tua tapi menulis angka 8 di tempat kedua.
h.      Catat gerakan dibuat dan nama-nama orang-orang yang berasal mereka.
i.        Catat apakah gerakan yang diadopsi atau ditolak, bagaimana suara diambil (melalui angkat tangan, suara atau metode lain) dan apakah suara yang bulat. Untuk pertemuan kecil, menulis nama-nama peserta yang menyetujui, menentang dan menjauhkan diri dari masing-masing gerakan.
j.        Fokus pada rekaman tindakan yang diambil oleh kelompok . Jangan menuliskan rincian dari setiap diskusi.
k.      Menyalin Menit.
l.        Menuliskan menit segera setelah pertemuan , bila memori Anda acara masih segar.
m.    Ikuti format yang digunakan dalam beberapa menit sebelumnya.
n.      Kata Pengantar resolusi dengan " MEMUTUSKAN , BAHWA ... "
o.      Pertimbangkan melampirkan resolusi panjang , laporan atau bahan tambahan lainnya ke menit sebagai lampiran.
p.      Menulis " Dikirim oleh " dan kemudian menandatangani nama Anda dan tanggal.
q.      Tempatkan menit kronologis dalam sebuah buku catatan .
4)      Rapat bisnis yang baik perlu menjunjung etika dalam melakukan rapat. Untuk mendalami etika dalam rapat bisnis, kunjungi alamat website berikut ini : http://www.mftrou.com/business-meeting-etiquette.html. Berdasarkan artikel tersebut, bagaimana etika rapat bisnis?
Jawab :
1 . Makan malam
Pertama menentukan seberapa resmi pertemuan Anda. Wajah memperingatkan peserta tentang persyaratan khusus, untuk dress code contoh, untuk memastikan orang memahami apa yang diharapkan dan dapat dipersiapkan
dengan sesuai.
2.  Terlalu banyak koki ... dan tidak cukup pencuci botol
Ada keterampilan mengundang orang yang tepat untuk pertemuan. Hanya mengundang bos, dan pekerjaan tidak akan dilakukan, jadi pastikan Anda mengundang campuran yang tepat dari para pengambil keputusan, para ahli, pelaksana dan pemangku kepentingan untuk memungkinkan tindakan pertemuan pos
3 ..... tapi terlalu banyak koki merusak kaldu
Sisi lain untuk mengundang campuran yang tepat dari orang-orang adalah bahwa Anda mungkin berakhir dengan ruang pertemuan meluap. Selama Anda mendapatkan sekitar 80 % dari yang Anda butuhkan, Anda
akan  baik-baik saja.
4 . Agenda pertemuan 37 menit
Siapkan agenda pertemuan di muka dan edarkan kepada peserta Anda. ingat bahwa pertemuan bisa datang dalam semua durasi yang berbeda, sehingga mendapatkan perhatian orang dengan memiliki pertemuan durasi aneh. Rapat yang dimulai dan selesai tepat waktu ( atau bahkan lebih awal ! ), Dan mencapai semua tujuan yang digariskan dalam agenda akan dihargai oleh semua, dan akan meningkatkan kesempatan Anda untuk pertemuan lebih baik lain kali.
5 . Barel Kosong membuat sebagian kebisingan
Keterampilan fasilitasi yang penting ketika Anda memiliki orang-orang yang menyukai suara mereka sendiri. Gunakan memenuhi aturan dasar untuk membantu menghindari berbicara demi berbicara.
6 . Berhenti perjanjian kekerasan
Dan inilah alasan lain mengapa ini adalah ide bagus ..... dan lagi ... dan lagi. Apakah Anda benar-benar perlu membuang waktu keras setuju dengan satu sama lain? Ini mungkin menyenangkan, tapi mendapatkan konsensus dan terus maju.
7 . AOB
Mari kita tumpul - Setiap Bisnis juga bisa berarti Setiap Old Bull kecuali jika Anda tetap memegang ketat halter tersebut . Meminta poin AOB pada awal pertemuan dan hanya memberi mereka airtime jika ada waktu . Periksa apakah poin sudah dibahas , kemudian mendapatkan kelompok untuk memprioritaskan setiap titik AOB dan menetapkan batas waktu pada mereka
5)      Untuk memahami lebih baik rapat bisnis yang efektif, klik alamat berikut ini: http://www.dummies.com/how-to/content/conducting-effective-business-meetings.html. Berasarkan artikel tersebut, poin penting apa yang perlu diperhatikan agar rapat bisnis berjalan secara efektif dan mencapai tujuannya?
Jawab :
1.      Pastikan bahwa setiap orang yang mengikuti rapat mengetahui dengan pasti kapan dan dimana rapat tersebut akan diadakan, apa yang akan dibicarakan, sehingga mereka dapat mempersiapkan informasi yang relevan sebelum rapat di mulai, dan mereka juga harus tahu kapan rapat tersebut akan selesai.
2.      Mulailah tepat waktu. Jangan menunda, jangan menunggu. Kebanyakan rapat tidak dimulai tepat waktu. Jika hal ini terjadi beberapa kali, maka para peserta rapat mulai berpendapat bahwa mereka tidak harus datang tepat waktu untuk menghadiri suatu rapat, “karena pasti akan selalu ada yang datang terlambat”. Dan yang dimaksud dengan “tepat waktu” disini berarti Anda sudah duduk di tempat Anda dengan dokumen-dokumen yang sudah tertata rapi di depan Anda, dan handphone yang sudah dalam keadaan mati bahkan sebelum rapat di mulai.
3.      Pastikan setiap poin dalam agenda Anda mencakup keseluruhan detail yang diperlukan. Selain itu, seringkali akan sangat membantu jika Anda memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk membicarakan setiap poin tersebut dan menuliskannya dalam agenda Anda. Kalaupun tidak, pastikan bahwa hal-hal yang menjadi prioritas utama dibicarakan terlebih dahulu pada saat rapat. Dengan demikian, jika waktu rapat tidak mencukupi maka hal-hal penting tersebut tidak disampaikan dengan tergesa-gesa pada akhir rapat.
4.      Catatlah. Beberapa rapat mengharuskan adanya catatan mengenai siapa yang berkata apa, atau lebih sering dikenal sebagai notulen. Membuat notulen adalah tugas yang membutuhkan keahlian dan tidaklah begitu mudah, dan siapapun yang melakukannya tidak akan mungkin dapat berpartisipasi secara penuh. Setiap peserta rapat dapat menjadi notulis, sehingga ada baiknya jika setiap peserta secara bergantian mendapatkan kesempatan dan pengalaman untuk menjadi seorang notulis.
5.      Bertindaklah! Jangan menunggu sampai rapat berikutnya! Catatlah hal-hal yang harus Anda kerjakan, dan lakukanlah sesegera mungkin, dan laporkan hasilnya pada rapat berikutnya.
6)      Mengapa sebuah rapat bisnis gagal, cari jawabannya di alamat wbsite berikut ini: http://www.articlesbase.com/business-articles/helping-your-boss-keep-business-meetings-from-failing2830571.html. Berdasarkan artikel tersebut, apa saja yang perlu diperhatikan agar sebuah rapat bisnis yang sangat penting tidak mengalami kegagalan?
Jawab :
Memerlukan perencanaan yang baik, pemantauan selama pelaksanaan rapat dan tindak lanjut dari rapat bisnis.
7)      Rapat bisnis yang berhasil tentu menjadi harapan banyak pihak. Oleh karena itu, untuk mendalami topic tentang keberhasilan rapat bisnis dapat dilihat pada alamat website berikut ini: http://www.bizmove.com/skills/m8l.htm. Berdasarkan artikel tersebut, faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan sebuah rapat bisnis?
Jawab :
Keputusan mendasar mengenai pertemuan yaitu bagaimana membuat mereka efektif. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa anggota manajemen menengah menghabiskan 30 persen dari waktu mereka di pertemuan. Pertemuan yang tidak produktif dapat mengakibatkan kerugian besar bagi organisasi . Di sisi lain, pertemuan yang produktif menjadi alat untuk komunikasi manajemen yang efektif, dan berfungsi sebagai wahana untuk pengembangan rencana tertentu atau organisasi tugas-tugas tertentu. Dalam kasus apapun, pertemuan yang sukses tidak terjadi begitu saja; mereka terjadi sebagai akibat dari perencanaan yang matang, kepemimpinan yang baik, dan perhatian terhadap detail sebelum, selama, dan setelah sesi.


DISKUSI BAB 19


  1. Seorang manajer pemasaran baru saja memperoleh setumpuk laporan tertulis dari pimpinan-pimpinan cabang yang tersebar di beberapa daerah. Ia nampak kesal dengan beberapa laporan yang terlalu detail yang tanpa disertai rangkuman laporan, sehingga dengan terpaksa ia harus membaca laporan secara keseluruhan. Kekesalan ini ia lontarkan dihadapan salah seorang pimpinan cabang yang kebetulan adalah pindahan pimpinan cabang dari daerah lain. Menurut anda, bagaimana format laporan yang dibutuhkan oleh staf manejemen yang memungkinkan mereka dapat segera mengambil suatu keputusan perusahaan yang sangat penting bagi perusahaan !
Jawab :
Format laporan yang dibutuhkan oleh staf manejemen untuk mengambil suatu keputusan perusahaan yang sangat penting adalah :
·      Tempatkan ide-ide yang paling penting pada tingkatan tertinggi, lalu pertimbangkan panjang laporan, subjek, dan pembaca.
·      Sedapat mungkinmencoba untuk menjaga keseimbangan masing-masing bagian.
·      Jika membagi suatu topik, paling tidak anda mempunyai dua subjudul.
·      Gunakan pertimbangan dengan baik, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit untuk subjudul.
·      Tidak pernah menggunakan judul laporan sebagai bagian judul.
  1. Pada umumnya, EO (Event Organizer) menyusun sebuah program berupa kegiatan penyelenggaraan pameran buku yang diikuti oleh sejumlah penerbitan lokal maupun nasional yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebagai sebuah EO yang sudah berpengalaman tentu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pasca kegiatan pameran berlangsung. Ketua panetia penyelenggara kegiatan pameran buku tingkat nasional tentu harus bertanggung  jawab terhadap manejer EO tersebut. Salah satu bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan pameran tersebut adalah melalui penyusunan laporan kegiatan. Seandainya anda diberi tugas sebagai ketua panetia penyelenggara kegiatan pameran buku tersebut, apa sajakah yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun laporan tersebut ?
Jawab :
Yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun laporan adalah :
·      Membuat Topik-topik atau Kriteria terlebih dahulu
·      Menyusun Urutan suatu Peristiwa atau Kejadian-kajadian
·      Mendeskripsikan Lokasi atau Tempat
·      Menjelaskan suatu Proses atau Prosedur
·      Menyusun Urutan Tingkat Pentingnya secara Alfabet
·      Menyusun Urutan Tingkat Familiaritas
·      Menyusun Sumber-suber yang Digunakan
·      Pemecahan Masalah



ONLINE BAB 19


  1. Cobalah Anda kunjungi website Tikkanen-Bradley Consulting Group yang beralamat http://www.mortimer.com/consult/tips.htm. Ada 12 poin penting untuk menulis rencana bisnis (business plan).  Jelaskan secara singkat masing-masing poin tersebut !
Jawab :
·      Tentukan mengapa anda menulis rencana bisnis, dalam menulis rencana bisnis tentunya ada tujuan dan maksutnya.
·      Tentukan gambaran intinya, sebelum melakukan penelitian dan mencari informasi, tentukanlah gambar intinya terlebih dahulu.
·      Cari semua informasi yang terkait dari berbagai sumber, dengan mengenali informasi yang terkait dari berbagai sumber, dalam menulis rencana bisnis akan mudah.
·      Pengetikan, dalam menulis rencana bisnis, tulisan yang ditulis harap diketik dan jangan ditulis tangan, agar kelihatan rapi.
·      Siapkan draf rencana bisnis, dalam menulis rencana bisnis, Siapkan draf rencana bisnis, terlebih dahulu.
·      Lakukan research, adalah, melakukan pengumpulan informasi dan penelitian, untuk menulis rencana bisnis
·      Mulai berpikir tentang angka-angka, dalam menulis laporan bisnis tentunya harus dihitung biaya-biaya yang telah dikeluarkan.
·      Menulis rencana akhir, dalam menulis laporan bisnis, harus ada rencana akhir apabila penulisan laporan bisnis sudah selesai.
·      Menetapkan tenggang waktu, dalam menulis laporan bisnis, perlu ditetapkan tenggang waktu agar dapat tepat waktu pengumpulan.
·      Finishing, adalah tahap awal dalam menulis laporan bisnis, yang berisi tentang ringkasan keseluruhan.
  1. Laporan bisnis yang baik memiliki arti yang sangat penting, khusunya bagi para pengambil kebijakan. Oleh karena itu, kunjungilah alamat website berikut ini: http://en.wikipedia.org/wiki/Business_report_writing. Berdasarkan informasi tersebut, bagaimana menulis laporan bisnis yang baik ?
Jawab :
Dalam menulis laporan bisnis yang baik harus, laporan memerlukan perhatian  yang lebih dalam pengorganisasian, alat bantu visual, dan teknik-teknik lain yang memungkinkan suatu laporan dapat dan mudah dibaca.
  1. Cobalah Anda kunjungi website berikut ini: http://www.tony-atherton.co.uk./articleshowritrept.htm. berdasarkan artikel tersebut, bagaimana format penulisan laporan bisnis?
Jawab :
Berdasarkan format laporan diatas cara penulisan format laporan bisnis adalah :
·      Tempatkan ide-ide yang paling penting pada tingkatan tertinggi, lalu pertimbangkan panjang laporan, subjek, dan pembaca.
·      Sedapat mungkinmencoba untuk menjaga keseimbangan masing-masing bagian.
·      Jika membagi suatu topik, paling tidak anda mempunyai dua subjudul.
·      Gunakan pertimbangan dengan baik, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit untuk subjudul.
·      Tidak pernah menggunakan judul laporan sebagai bagian judul.
  1. Laporan bisnis dapat dikelompokan kedalam beberapa jenis. Selanjutnya klik alamat website berikut ini: http://www.writinghelp-central.com/business-reports.html. Berdasarkan artikakel, jelaskan secara singkat pengelompokan laporan bisnis tersebut?
Jawab :
Pengelompokan laporan bisnis dibagi menjadi beberapa golongan yaitu :
·      Menurut Fungsinya
Suatu laporan dapat dibedakan apakah untuk memberi informasi atau untuk analisis.
·      Menurut Subjeknya
Suatu laporan dapat dibedakan menurut dari departemen mana suatu laporan itu diperoleh.
·      Menurut Formalitasnya
Suatu laporan dapat dibedakan atas dasar apakah bersifat formal atau nonformal.
·      Menurut Keasliannya
Suatu laporan dapat dibedakan atas dasar otoritas atau sukarela dan public atau swasta.
·      Menurut Frekuensinya
Suatu laporan dapat dibedakan atas dasar apakah secara berkala atau khusus.
·      Menurut Jenisnya
Suatu laporan dipengaruhi olehformalitas dan panjangnya laporan.
  1. Perencanaan yang baik memang sangat diperlukan dalam dunia bisnis, termasuk penulisan laporan bisnis. Oleh karena itu, kunjungilah alamat website berikut ini: http://www.howtobooks.co.uk/business/report-writing.asp.  Berdasarkan informasi tersebut apa saja yang perlu dipersiapkan dalam menyusun laporan bisnis?
Jawab :
Yang perlu dipersiapkan dalam menyusun laporan bisnis adalah:
·      Defisinikan Masalah, Tujuan, dan Ruang Lingkup
·      Pertimbangkan Siapa yang Akan Menerima Laporan
·      Menentukan Idea atau Gagasan
·      Mengumpulkan Bahan yang Diperlukan
·      Menganalisis dan Menafsirkan Data
·      Mengorganisasi Data dan Mempersiapkan Kerangka Akhir



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal & Jawaban Sistem Informasi Akuntansi

3 Peran Manajemen Menurut Henry Mintzberg