Tugas Diskusi dan Online (Bab 14) Komunikasi Bisnis


DISKUSI
BAB 14

1.      Apa kualifikasi dasar yang anda cari ketika baru saja lulus dari suatu perguruan tinggi?
Jawab :
Kualifikasi dasar adalah saya harus mampu dibidang yang dippilih, bisa berbahasa inggris dan mampu menggunakan aplikasi komputer dengan di dukung oleh Indeks Prestasi saya yang baik, maka sangat memungkinkan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, posisi strategis, dan pekerjaan yang memang diminati
2.      Untuk program studi yang anda pilih saat ini, jenis pekerjaan apa yang paling cocok bagi anda ?
Jawab :
Pekerjaan yang paling cocok dan yang paling saya minati adalah Akuntansi Perpajakan, melakukan perhitungan pajak dan membuat laporan atas pajak itu sendiri
3.      Mata kuliah apa saja yang dapat mendukung terhadap jenis pekerjaan yang anda pilih tersebut. Jelaskan !
Jawab :
a.    Matematika
b.    Akuntansi
c.    Bahasa Inggris
d.   Aplikasi Komputer
Empat mata kuliah diatas adalah menurut saya paling penting, yang harus saya kuasai dan pahami secara baik karena merupakan kesinambungan antara mata kuliah ini erat kaitannya dengan dunia kerja yang saya minati.
4.      Menurut anda, apakah indeks prestasi (IP) sangat penting bagi jenis pekerjaan anda tersebut ? Mengapa ?
Jawab :
Indeks prestasi adalah suatu hal yang sangat berpengaruh pada setiap mahasiswa dengan semua jurusannya. Hal ini dikatakan penting karena mencerminkan kemampuan belajar kita selama kuliah, dan pada umumnya di dunia kerja, khusus di swasta lebih membutuhkan IP sebagai salah satu syarat dalam perekrutan karyawan. IP juga berpotensi mempengaruhi pekerjaan dan posisi kita ketika bekerja.

ONLINE
BAB 14


1.      Dalam kaitannya dengan penulisan sebuah resume, klik alamat website berikut ini : http://www.howtowritearesume.net/en/page/en/Effective-Resume-Writing-aspx. berdasarkan artikel tersebut, bagaimana menulis resume secara efektif ?
Jawab :
Resume adalah dokumen penting yang menggambarkan diri kita secara pribadi kepada pemberi kerja, mencari perhatian darinya sehingga kita dianggap lebih potensial dari yang lain. Perbedaan ini akan sangat membeikan peluang untuk mendapatkan kesempatan wawancara kerja. Berikut ini informasi yang harus dimasukan ketika menilis resume :
·      Nama
·      Alamat
·      Nomor telepon
·      Alamat e-mail
·      Alamat Website (jika ada)
Point-point diatas harus dinasukan, dianjurkan, ketika menyampaikan sampaikan sedetail mungkin dan pastikan bahwa mudah di baca.
2.      Kunjungilah alamat website berikut ini : http://www.howtowritearesume.net/en/page/en/Functional-resumes-vs-Chronological-resumes-aspx. berdasarkan artikel tersebut, apa perbedaan antara resume fungsional dengan resume kronologis ?
Jawab :
Perbedaan resume fungsional dan resume kronologis ;
a.    Resume Fungsional
Format resume ini biasanya untuk pelamar kerja yang memiliki pengalaman dan keterampilan yang dapat ditransfer dari satu perusahaan ke perusahaan yang lain atau ingin merubah karir.
b.    Resume Kronologis
Format resume ini biasa digunakan untuk karyawan yang memiliki latar belakang yang kuat pada satu bidang, bertanggungjawab, melamar posisi di bidang yang sama. Format ini merupakan format resume terbaik bagi mahasiswa yang baru lulus, dan memiliki sedikit atau tidak ada pengalaman kerja.
3.      Anda ingin tahu pengelompokan sebuah resume, klik alamat website berikut ini : http://www.eduers.com/resume/three_Types_of_Resume.htm. berdasarkan informasi tersebut, sebutkan ketiga jenis resume tersebut dan berikan contohnya !
Jawab :
a.    Resume       kronologis
Resume kronologis daftar judul pekerjaan Anda dimulai dengan pekerjaan Anda saat ini atau yang terbaru dan kemudian kembali timewise . Format ini baik untuk menunjukkan pertumbuhan dalam profesi tunggal . Ini mungkin tidak cocok bagi mereka yang baru keluar dari sekolah atau bagi mereka karir berubah.
b.    Resumefungsional
Resume fungsional berfokus pada keterampilan profesional dikembangkan selama pekerjaan Anda bukan pada kapan, di mana dan apa yang masing-masing posisi . Ini mengatur pengalaman Anda dalam hal keterampilan dan prestasi . Format resume yang ini baik untuk penukaran karir , penukar pekerjaan sering dan orang-orang dengan pengalaman yang terbatas . Hal ini juga baik bagi mereka yang akan kembali ke tempat kerja setelah lama absen .
c.    Resume kombinasi
Kombinasi melanjutkan adalah kombinasi dari kedua kronologis dan format fungsional . Ini menunjukkan keahlian dan pengalaman Anda sebagai tema dan kemudian pengalaman kerja Anda berikut kronologis . Disarankan untuk penukaran pertengahan karir dan lulusan baru .
4.      Penulisan resume yang baik tentu memiliki strategi yang baik pula. Cobalah klik alamat website berikut ini : http://www.suite101.com/article.cfm/resume_writing/96850. berdasarkan artikel tersebut, jelaskan bagaimana penulisan sebuah resume !
Jawab :
a.       Jangan bertindak lebih
Fakta menunjukan bahwa setiap orang ingin dihormati. Selalu berikan rasa hormat, tenang ketika berbicara, tunjukan keterbukaan dan keramahan, dan tetap tersenyum ketika berbicara dengan orang asing itu.
b.      Fokus pada apa yang dikatakan
Setiap orang pasti memiliki kesempatan untuk berbicara, untuk itu dengan senang hati untuk mendengarkan. Fokus pada setiap percakapan, sehingga dapat mengajukan pertanyaan yang tepat sesuai dengan apa yang di bicarakan.
c.       Rentan pada waktu
Menampilkan kerentanan ironisnya adalah sebuah tanda kekuatan. Mengakui kekurangan kita, mengakui kesalahan kita, menunjukan kepercayaan kepada orang-orang yang bukan orang dekat, hal-hal ini merupakan sinyal yang baik untuk orang-orang disekitar kita.
d.      Berikan tanpa mengharap kembali
Memberi adalah sebuah sukacita. Orang yang disenangi adalah orang yang peduli untuk berbagi dengan orang lain. Pemberiaan itu bukan hanya dalam bentuk uang dan hadia yang nyata, tetapi waktu dan tenaga juga merupakan suatu pemberian yang berharga dalam mendukung setiap pekerjaan kita. Memberi kepada siapa saja bahkan bukan kerabat kita.
5.      Dalam website lowongan kerja pada dasarnya terdapat kesempatan baik bagi perusahaan yang membutuhkan karyawan baru maupun para pencari kerja. Bukalah website tentang karier atau lowongan kerja yang ada di beberapa alamat website berikut ini : http://jobsdb.com, http://www.karir.com, http://www.datakarir.com/, http://lowongan-karir.com/, http://www.lokerindonesia.com/, http://www.klikkarir.com/search.php, http://www.gkarir.com/, http://www.jobindo.com/, atau http://www.jobstreet.co.id/ lalu pilih salah satu dan buatlah resume dengan memilih salah satu rencana organisasional yang ada !
Jawab :


Doni Darmawan
Jln.Sudirman 112 Surabaya 87232
081 219 597 908



Objectif karir :
Menjadi Direktur Logistik di Perusahaan FMCG

Pendidikan :
Institut Teknologi Bandung (2004-2008)
Sarjana Teknik (Teknik Industri ), Indeks Prestasi Kumulatif 3,22

Aktifitas Ekstrakulikuler :
Koordinator Marketing Kegiatan Try Out SPMB Tahun 2005
Kapten Tim Bola Basket Universitas Airlangga Tahun 2007
Anggota Seksi Logistik Panitia HUT RI ke 50 Fakultas Teknik Industri Tahun 2007

Project Sekolah :     
Marketing Manajer Perusahaan Kaos Datodif (project mata kuliah marketing)
Develop strategy Pemasaran dari Kaos Datodif, fokus pada media online sehingga kaos yang terjual dalam sebulan sebanyak 300 buah yang menhasilkan profit sebesar Rp.5.000.000,00 (Lima Juta Rupiah).

Kemampuan :
Komputer ; Microsoft Excel, Microsoft Word, Microsoft Power Point
Mampu Berbahasa Inggris


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal & Jawaban Sistem Informasi Akuntansi

Tugas Diskusi dan Online (Bab 15-Bab 19) Komunikasi Bisnis

3 Peran Manajemen Menurut Henry Mintzberg