Ilustrasi Penanggulangan Risiko


IILUSTRASI PENANGGULANGAN RISIKO
PADA ZAMAN NABI YUSUF

Raja Mesir bermimpi ada 7 ekor sapi kurus yang memakan 7 ekor sapi gemuk, berikutnya Raja Mesir bermimpi lagi ada 7 bulir gandum hijau segar dan 7 bulir gandum kering. Dari mimpi ini, Nabi Yusuf menafsirkan bahwa Mesir akan mengalami hasil panen melimpah selama 7 tahun tapi akan mengalami gagal panen pada 7 tahun berikutnya. Raja Mesir mempercayai tafsir tersebut dan memerintahkan untuk menyisihkan sisa panen selama 7 tahun untuk persediaan 7 tahun berikutnya. Rakyat Mesir selamat dari risiko kelaparan karena gagal panen selama 7 tahun tersebut.
Kisa Nabi Yusuf diatas merupakan salah satu contoh sederhana penerapan mekanisme pengelolaan rrisiko. Risiko dan asuransi itu sangat berkaitan erat karena dengan adanya asuransi, kita dapat mengelola risiko keuangan dengan lebih efektif dan efisien. Dibawa ini aka nada beberapa kiat dalam berasuransi, yaitu :
1.      Produk yang dipilih sesuai dengan kebutuhan, bukan karena tertarik pada promo dan hadia yang ditawarkan atau karena terpaksa.
2.      Pastikan agen asuransi yang dipilih adalah agen yang professional dan memiliki sertifikasi keagenan serta ma dan mampu mengurus keperluan asuransi kita kedepan.
3.      Mengenal lebih banyak tentang kapasitas perusahaan asuransi yang akan dipilih terutama dari pelayanan klaim melalui internet, atau dari informasi kerabat dan teman. Carilah perusahaan yang memiiki RBC (risk base capital) diatas 120 %.
4.      Ketika suda memiliki produk dan perusahaan, pastikan mengisi data di SPPA (surat permohonan penutupan asuransi) atau SPAJ (surat permohonan asuransi jiwa) dengan lengkap, jujur, dan jelas. Dan tidak menandatangani SPPA / SPAJ dalam kondisi kosong.
5.      Tanyakan secara terperinci manfaat yang diberikan, kondisi yang dipersyaratkan, dan pengecualian jaminannya yang sering menjadi alasan penolakan pengajuan klaim oleh pihak   perusahaan perasuransian.
6.      Pastikan periode yang diperkenankan dalam pembayaran premi, jangan sampai pada saat terjadinya kerugian terjadi utang premi sehingga mengakibatkan klaim tidak dibayar. Biasanya, pembayaran premi diperkenankan 14 hari setelah tanggal jaminan yang tercantum dalam polis.
7.      Jika polis suda diterima, baca dengan teliti polis beserta semua lampiran yang sudah diterima. Bila tidak sesuai dengan disampaikan agen, polis dapat dibatalkan atau diubah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal & Jawaban Sistem Informasi Akuntansi

Tugas Diskusi dan Online (Bab 15-Bab 19) Komunikasi Bisnis

3 Peran Manajemen Menurut Henry Mintzberg